Sukses

Peroleh SOC, Holding BUMN Jasa Survei Makin Bersaing di Pasar Global

Liputan6.com, Jakarta PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero)/BKI berhasil mendapatkan Statement of Compliance (SOC) terhadap pemenuhan IACS Quality System Certification Scheme (QSCS) atas audit yang dilakukan oleh The British Standards Institution (BSI) selama 2022.

Pencapaian ini penting bagi BKI sebagai langkah awal terhadap pemenuhan kriteria untuk dapat diterima sebagai anggota International Association of Classification Societies (IACS) atau perhimpunan Badan Klasifikasi kelas dunia.

“SOC QSCS yang didapatkan oleh BKI pada 31 Januari 2023 ini menjadi pengawal tahun yang baik bagi BKI karena klasifikasi sebagai core business perusahaan semakin diperkuat dengan capaian SOC QSCS. Pencapaian ini membuktikan bahwa BKI mampu bersaing di kancah global,” ungkap Direktur Utama IDSurvey Arisudono Soerono dalam keterangan resminya, Jumat (3/2/2023).

Saat ini BKI juga menjadi lead dari holding BUMN Jasa Survei atau yang dikenal dengan IDSurvey bersama kedua anak perusahaan yaitu PT Sucofindo dan PT Surveyor Indonesia.

Selama 2022, BKI terus mengupayakan pemenuhan terhadap QSCS dengan melaksanakan sejumlah kegiatan Office Audit serta Vertical Contract Audit (VCA) di beberapa kantor cabang BKI di antaranya Batam, Surabaya, Banten, Belawan, Jakarta, Semarang, dan Samarinda.

Direktur Operasi IDSurvey R. Benny Susanto, mengungkapkan apresiasi terhadap seluruh insan BKI baik itu Kepala Unit, Surveyor, Engineer serta staff support baik di kantor pusat maupun di Unit Produksi yang turut serta menyukseskan capaian besar ini.

“Capaian ini tidak dapat dicapai tanpa adanya kinerja yang apik dari rekan-rekan Surveyor yang berkompeten serta seluruh elemen yang terjun langsung dalam proses ini. SOC QSCS ini menjadi gerbang untuk pemenuhan persyaratan IACS lainnya yang akan dilalui oleh BKI. Kami optimis BKI dapat mencapai capaian tertinggi dan mampu bersaing di kancah global,” ujar Benny.

Sebagai Badan Klasifikasi satu-satunya milik Indonesia sekaligus induk holding IDSurvey, BKI memiliki ambisi untuk terus mengembangkan kompetensi dan mendapatkan pengakuan hingga kelas internasional.

“Tentunya mohon dukungan penuh dari seluruh pihak baik stakeholder dan pelanggan (ship owner) agar kedepannya BKI makin berkembang dan memperkuat bisnis klasifikasi sehingga menjadi Badan Klasifikasi yang semakin berkelas dunia,” tutup Benny.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Holding BUMN Jasa Survei Bidik Pendapatan Rp 7,2 Triliun di 2023

PT Biro Klasifikasi Indonedia (Persero) sebagai Holding BUMN Jasa Survei atau ID Survey membidik pendapatan Rp 7,2 triliun di 2023 ini. Mengingat sejumlah capaian mentereng yang dibawa perusahaan pelat merah di sektor survei ini.

Direktur Utama ID Survey Arisudono Soerono menyebut, pihaknya kini mengusung tema bertajuk Akselerasi Pertumbuhan melalui Transformasi Korporasi dan Integrasi Bisnis. Tema ini jadi bekal dalam mengejar target posisi 5 besar perusahaan di bidang Testing, Inspection, and Certifications (TIC) se-Asia Pasifik.

 “Kami berharap target pendapatan pada 2024 senilai Rp 7,2 triliun dapat berkontribusi dalam pertumbuhan roda ekonomi Indonesia," kata dia dalam keterangannya, Kamis (19/1/2023).

Guna mengakselerasi target itu, Arisudono telah mengumpulkan para pimpinan perusahaan di Holding ID Survey di awal Januari 2023. Topik utama bahasannya adalah memperdalam upaya penguatan kinerja perusahaan.

Ini jadi bagian strategi mengingat sektor ekonomi menghadapi beragam tantangan di tahun 2023 ini. Dia meyakini, jika strategi ini mampu jadi kekuatan yang cukup.

Bukan tanpa alasan, pptimisme ini terbentuk mengacu pada kinerja ID Survey pada 2022 lalu. Holding Jasa Survei mampu mencapai target Key Performance Indicator (KPI) dengan persentase 102,7 persen.

“Realisasi program yang sudah kami kerjakan dalam rangka penguatan operasional holding dan kolaborasi sudah mencapai 11 program dengan persentase 73 persen, sisanya masih empat program yang masih dalam proses penyelesaian,” ungkapnya.

“Kita sendiri sadar bahwa negara-negara lain sudah merasakan dampak pertumbuhan ekonomi yang menurun karena kenaikan laju inflasi dunia, kenaikan suku bunga sentral, pandemi Covid-19 serta kenaikan harga pangan dan energi,” pungkas Arisudono.

3 dari 3 halaman

Perkuat SDM

Guna menguatkan kolaborasi tiga entitas anggota holding BUMN jasa survei, IDSurvey atau Holding BUMN Jasa Survei menggelar Culture Talk Series (CTS) dengan tema 'We Collaborate, We Grow Together'.

"Tema ini diambil dengan tujuan mengedepankan semangat pertumbuhan bersama dilandasi oleh kolaborasi entitas holding berupa pemanfaatan sumber daya bersama," ujar Direktur Operasi PT BKI (Persero) R. Benny Susanto, Rabu (28/12/2022).

IDSurvey terdiri dari PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero)/(BKI), PT Sucofindo, dan PT Surveyor Indonesia.

"Pemanfaatan sumber daya tiga entitas secara bersama ini merupakan salah satu poin kolaborasi yang berpengaruh pada peningkatan pendapatan dan laba, efisiensi dan utilisasi, serta pencegahan redudansi," ujar Benny.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.