Sukses

Properti Tangerang Jadi Incaran, Lippo Karawaci Terus Luncurkan Hunian Berkualitas

Untuk menangkap peluang pasar properti Tangerang, Lippo Karawaci sejak 2020 meluncurkan hunian berkualitas di Lippo Village, Tangerang, bertajuk Cendana Home Series.

Liputan6.com, Jakarta - Ternyata wilayah Tangerang menjadi kawasan terfavorit para pencari rumah dengan persentase 13,7 persen. Tangerang mengalahkan posisi Jakarta Selatan yang porsi pencarian 10,3 persen dan Jakarta Barat di urutan ketiga  dengan porsi 9,9 persen. Hal ini terungkap dalam data pencarian yang dihimpun Rumah123.com pada Januari 2023.

Ada beberapa hal yang mempengaruhi pencarian rumah di Tangerang lebih tinggi dibanding daerah lain. Lokasi yang strategis dan dekat dengan Ibu Kota DKI Jakarta, aksesibilitas yang baik, serta dukungan infrastruktur yang memadai adalah beberapa faktor yang membuat Tangerang diminati olehpencari properti.

Pertumbuhan positif di properti di Jabodetabek ini terjadi seiring dengan adanya perbaikan di berbagai sektor mulai dari pandemi Covid-19 yang makin terkendali, penguatan sektor ekonomi, hingga semakin banyaknya dukungan dari pemerintah untuk sektor properti.

Flash Report Rumah123.com pada Januari 2023 juga mencatat bahwa meskipun ada kekhawatiran terkait resesi dan pelemahan ekonomi, akan tetapi banyak pihak optimis Indonesia bisa bertahan menghadapi badai resesi dan sektor properti semakin menguat di tahun 2023.

 Group CEO PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) John Riady mengatakan, untuk menangkap peluang pasar properti Tangerang tersebut sekaligus pembeli rumah perdana, Lippo Karawaci sejak 2020 meluncurkan hunian berkualitas di Lippo Village, Tangerang, bertajuk Cendana Home Series.

"Hunian ini memiliki akses yang sangat strategis dan mudah menuju pintu Tol Jakarta Merak, Hypermart Cyberpark, Supermal Karawaci, Universitas Pelita Harapan, dan RS Siloam. Selain itu, LPKR juga menyasar pasar premium di Tangerang melalui Brava Homes," jelas dia dalam keterangan tertulis Rabu (1/2/2023).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Memperluas Penetrasi

John Riady melanjutkan, kehadiran Cendana Homes Series dan Brava Homes membuktikan kemampuan LPKR dalam memperluas penetrasi pasar properti. Selain menyasar pembeli rumah perdana dan kaum muda, LPKR juga memperluas penetrasi ke pasar premium.

“Bisnis properti menunjukkan tanda pemulihan yang terlihat dengan meningkatnya pra penjualan produk klaster Cendana dan Brava di Lippo Village," jelasnya.

Seperti diketahui, untuk memenuhi target pra penjualan, manajemen Lippo Karawaci menerapkan berbagai strategi, seperti meluncurkan kembali produk-produk residensial untuk pemilik rumah pertama, produk low-rise yang menyasar pasar milenial dan gen-z, produk apartemen mid-rise untuk memperluas penetrasi pasar, serta mendorong permintaan untuk unit high-rise siap huni.

3 dari 4 halaman

Lippo Karawaci Operasikan Mal Baru pada 2023, Lokasi di Tangsel

Sebelumnya, PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) optimistis membukukan peningkatan pendapatan berulang atau recurring income di segmen bisnis lifestyle pada 2022. Optimisme ini seiring dengan pemulihan aktivitas masyarakat yang berdampak terhadap bertumbuhnya kunjungan ke pusat perbelanjaan (mal) dan hotel.  

Per September 2022, Lippo Karawaci berhasil meraih pendapatan sebesar Rp 253 miliar dan EBITDA Rp 87 miliar dari bisnis mal karena pemulihan kunjungan ke pusat perbelanjaan yang menunjukkan peningkatan aktivitas masyarakat.

Adapun pada Kuartal III 2022, lalu lintas pejalan kaki di pusat perbelanjaan meningkat menjadi rata-rata sebesar 63 persen.

Peningkatan kunjungan ke mal ini disebabkan pembukaan kapasitas 100 persen, termasuk restoran, arena bermain, hingga bioskop. Mal juga beroperasi kembali 12 jam per hari dan anak-anak kembali diperbolehkan masuk.

Di bisnis hotel, Lippo Karawaci berhasil meraih pendapatan Rp 257 miliar dan EBITDA Rp 93 miliar per September 2022 didorong oleh peningkatan tingkat hunian dan kenaikan tarif sewa kamar.

Rata-rata okupansi mencapai 69 persen pada Kuartal III 2022. Tren kenaikan pendapatan hotel ini juga didukung oleh pembukaan kembali Aryaduta Bali serta peningkatan aktivitas bisnis dan wisatawan di seluruh Indonesia.

 

4 dari 4 halaman

Bisnis Hotel

Group CEO LPKR John Riady menjelaskan bahwa ke depannya Lippo Karawaci akan memaksimalkan peningkatan aset mal ikonik di pusat bisnis Jakarta, yakni Gajah Mada Plaza dan Plaza Semanggi. 

"Di samping itu, pada tahun 2023, Lippo Karawaci juga akan mengoperasikan mal baru, yaitu Omotesando Bintaro," jelas dia dalam keterangan tertulis, Jumat (2/12/2022).

Sedangkan di bisnis hotel, John menjelaskan bahwa Lippo Karawaci berfokus pada pasar keluarga dan perjalanan bisnis, dengan tetap menjaga upaya peningkatan pendapatan di bidang acara, pertemuan, dan pernikahan. Ke depan, Lippo Karawacijuga akan membuka kembali taman rekreasi air di Cikarang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.