Sukses

Danau Toba Jadi Tuan Rumah F1 Powerboat, Kominfo: Harus Bangga, Nggak Perlu ke Luar Negeri

Indonesia akan menjadi tuan rumah ke-40 penyelenggaraan ajang F1 Powerboat di Danau Toba, Sumatera Utara, untuk pertama kalinya pada tanggal 24-26 Februari 2023.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia akan menjadi tuan rumah ke-40 penyelenggaraan ajang F1 Powerboat di Danau Toba, Sumatera Utara, untuk pertama kalinya pada tanggal 24-26 Februari 2023. F1 Powerboat Danau Toba akan menjadi pembuka musim lomba tahun 2023.

Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Septriana Tangkary mengatakan, sudah sepatutnya masyarakat Indonesia bangga, karena bisa menjadi tuan rumah penyelenggaraan kejuaraan dunia powerboat.

"Indonesia sekarang menjadi tempat orang untuk datang, mestinya kita bangga. Kita tidak perlu lagi jalan-jalan ke luar negeri ke Turki, Jepang, Korea," kata Septriana dalam acara Genposting: F1 Powerboat, Perkuat Potensi Wisata Danau Toba, Rabu (25/1/2023).

Lebih lanjut, Dia mengungkapkan, bahwa F1 Powerboat merupakan kejuaran powerboat terkemuka yang sudah dilaksanakan di 39 negara sejak 1984. Sudah banyak negara yang pernah menjadi tuan rumah, diantaranya Italia, Prancis, UAE, Saudi Arabia, dan Cina.

"Mungkin kita tertinggal untuk mengikuti program ini. Ini sudah diselenggarakan di 39 negara, dan ini baru pertama di Indonesia," ujarnya.

Selain itu, kata Septiana, menariknya penyelenggaraan F1 Powerboat ini akan digelar di Danau Toba yang merupakan danau vulkanik. Sebelumnya, ajang powerboat biasa dilakukan di danau buatan.

"Menariknya danau Toba adalah danau vulkanik terbesar di dunia, dan ini pertama kalinya F1 powerboat champion yang dilaksanakan di danau vulkanik, karena biasanya di danau buatan," ujarnya.

Menurutnya, danau Toba memiliki potensi sport tourism yang bisa meningkatkan perekonomian lokal di Provinsi Sumatera Utara.

Adapun  salah satu strategi Pemerintah untuk memperkenalkan Destinasi wisata Indonesia dan menaikkan citra positif Danau Toba di mata Dunia dengan cara menunjukkan bahwa Indonesia memiliki Danau Toba yang bisa menjadi venue olahraga bertaraf internasional.

 

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Jelang Kejuaraan Dunia F1 Power Boat, Menko Luhut Bakal Tertibkan Pemukiman Padat di Danau Toba

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan atau Menko Luhut mengunjungi lokasi penyelenggaran F1 Power Boat (F1H2O) di Silangit, Sumatera Utara (Sumut). Dalam kunjungan ini, ia akan menertibkan kawasan pemukiman padat di sekitar wisata Danau Toba, Sumatera Utara.

"Kita harus lakukan pembersihan sepanjang sini, karena kalau tidak, Danau Toba itu akan tercemar orang buang kotoran ke dalam dan seterusnya. Jadi kita juga harus bisa melihat ke depan," kata Luhut usai mengunjungi lokasi penyelenggaran F1 Power Boat (F1H2O) di Silangit, Sumatera Utara, dikutip dari keterangan tertulis, Kamis (5/1/2022).

Luhut pun meminta rencana penertiban kawasan penduduk tersebut tidak disikapi secara emosional. Menurutnya, kegiatan penggusuran tersebut demi meningkatkan daya saing pariwisata Danau Toba.

"Jadi kita juga harus bisa melihat ke depan. Jadi jangan emosional melihat itu, memang ada pengorbanan. Dulu mungkin pemerintah kita kurang tertib dan sekarang bisa lebih tertib. Jadi mari bekerja sama dalam event ini," jelas Luhut.

Dalam kunjungan ini, Menko Luhut menargetkan pembangunan venue F1 Power Boat ditargetkan selesai pada 20-22 Februari mendatang. Mengingat, jadwal pertandingan kian dekat.

"Ini waktunya tinggal sekitar 50 hari lagi, jadi ini Kementerian PUPR dengan Pak Bupati Poltak (Bupati Toba) kita ingin semua ini selesai, semuanya tuntas. Tanggal 24-26 pertandingan, jadi tanggal 20-22 lah semua selesai," ujar Menko Luhut di lokasi.

Akan hal tersebut, Menko Luhut menegaskan bahwa dalam progres ini, semua harus dikerjakan secara terintegrasi, agar apa yang dikerjakan membuahkan hasil yang maksimal serta cepat diselesaikan.

"Ini juga kan F1H2O dilaksanakam lima tahun lagi baru ke sini lagi, jadi bagaimana harus bagus. Sehingga orang batak itu bisa juga dilihat seperti orang Bali dalam G20 di Bali kemarin yang sukses digelar," ujarnya.

 

 

 

 

3 dari 3 halaman

Ada Kejuaraan Dunia F1 Power Boat di Danau Toba, Catat Tanggalnya!

PT Aviasi Pariwisata Indonesia atau InJourney akan segera menggelar ajang kejuaraan balap perahu motor atau F1H2O di Danau Toba, Sumatera Utara. Langkah ini jadi salah satu upaya untuk mengenalkan Danau Toba ke kancah global.

Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney Maya Watono menilai Danau Toba adalah salah satu danau vulkanik terbesar di dunia. Namun, di sisi lain, Indonesia masih belum mempromosikan secara maksimal destinasi wisata ini. Melalui ajang ini diharapkan mampu mengangkat perhatian dunia ke Danau Toba.

"Danau Toba sendiri merupakan danau vulkanik terbesar di dunia, bahkan pulau Samosir yang berada di tengah danau Toba luas wilayahnya lebih besar daripada Singapura. Fakta-fakta ini yang ingin kita tampilkan kepada masyarakat Indonesia dan dunia internasional mengenai danau Toba," ujar Maya kepada wartawan di Sarinah, ditulis Selasa (6/12/2022).

Untuk F1H2O atau F1 Power Boat, Indonesia akan menjadi negara ke 40 penyelenggaraan balap ini. Gelarannya akan dilaksanakan pada 23-26 Februari 2022.

"Event ini agak berbeda, namun sudah diselenggarakan di 39 negara dan Indonesia menjadi negara ke-40. Indonesia juga mendapatkan privilige sebagai pembuka musim lomba atau opening season pada tahun depan di tanggal 24-26 Februari 2023," beber Maya.

Untuk diketahui, gelaran ini nantinya akan dihadiri oleh pebalap dari 10 negara dengan 19 pengemudia profesional. Ini merupakan gelaran pertama F1 Power Boat di Indonesia.

Dalam pelaksanaannya, InJourney merupakan mitra penyelenggara dengan UIM dan H2O Racing. Di dalam negeri, juga melibatkan Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Kementerian BUMN, hingga Kementerian PUPR.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.