Sukses

Ancaman Resesi Masih Nyata, Harga Minyak Dunia Turun ke USD 87,04 per Barel

Harga minyak mentah turun pada hari Selasa di tengah kekhawatiran tentang perlambatan ekonomi global

Liputan6.com, Jakarta Harga minyak mentah turun pada hari Selasa di tengah kekhawatiran tentang perlambatan ekonomi global dan perkiraan peningkatan persediaan minyak AS.

Dilansir dari CNBC, Rabu (25/1/2023), harga minyak Brent berjangka untuk pengiriman Maret turun USD 1,15 menjadi USD 87,04 per barel, turun 1,3 peresn, pada pukul 11:11 ET. Minyak mentah AS turun 96 sen, atau 1,2 persen, menjadi USD 80,66 per barel.

Aktivitas bisnis AS berkontraksi pada bulan Januari selama tujuh bulan berturut-turut, meskipun penurunan dimoderasi di seluruh sektor manufaktur dan jasa untuk pertama kalinya sejak September dan kepercayaan bisnis menguat saat tahun baru dimulai.

"Ekonomi AS masih bisa tumbang dan beberapa pedagang energi masih skeptis tentang seberapa cepat permintaan minyak mentah China akan bangkit kembali pada kuartal ini," kata analis OANDA Edward Moya dalam sebuah catatan.

Aktivitas bisnis zona euro membuat kejutan kembali ke pertumbuhan moderat pada bulan Januari. Hal ini berdasarkan laporan dari Indeks Manajer Pembelian Komposit (PMI) flash S&P Global. Namun aktivitas ekonomi sektor swasta Inggris turun pada tingkat tercepat dalam dua tahun.

Ekonomi di enam anggota Gulf Cooperation Council (GCC) akan tumbuh tahun ini setengah dari tingkat tahun 2022 karena pendapatan minyak terpukul dari perlambatan global yang diharapkan. Hal ini menurut pandangan median dari jajak pendapat Reuters terhadap para ekonom.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Stok Minyak AS

Sementara itu, stok minyak mentah AS diperkirakan telah meningkat sekitar 1 juta minggu lalu sementara stok distilasi diperkirakan akan turun, jajak pendapat Reuters awal menunjukkan pada hari Senin.

Laporan akan diterima dari American Petroleum Institute, pada pukul 16:30. ET pada hari Selasa, dan dari Administrasi Informasi Energi, pada pukul 10:30 pada hari Rabu.

Sementara itu, panel OPEC+ kemungkinan akan mendukung kebijakan produksi minyak kelompok produsen saat ini ketika bertemu minggu depan, lima sumber OPEC+ mengatakan pada hari Selasa, karena harapan permintaan China yang lebih tinggi mendorong reli harga minyak diimbangi oleh kekhawatiran atas inflasi dan ekonomi global. pelan - pelan

Bank JP Morgan menaikkan perkiraan permintaan minyak mentah China tetapi mempertahankan proyeksinya untuk harga rata-rata 2023 sebesar USD 90 per barel untuk minyak mentah Brent.

"Tidak ada peristiwa geopolitik besar, akan sulit bagi harga minyak menembus USD 100 pada 2023 karena harus ada lebih banyak pasokan daripada permintaan tahun ini," katanya dalam catatan analis.

 

3 dari 3 halaman

Harga Minyak Tahun Ini

Harga minyak mentah di pasar fisik telah memulai tahun ini dengan reli karena peningkatan pembelian dari China setelah pelonggaran kontrol pandemi dan kekhawatiran pedagang bahwa sanksi terhadap Rusia dapat memperketat pasokan.

Perusahaan jasa ladang minyak AS Halliburton Co mengatakan peralatan fracking sumur minyak serpihnya tetap dipesan penuh dengan harga minyak yang mendorong peningkatan pengeboran.

Investor juga kembali ke minyak berjangka dan opsi pada tingkat tercepat selama lebih dari dua tahun karena kekhawatiran atas penurunan siklus bisnis global mereda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.