Sukses

45 Pesawat Carter Parkir di Bandara Adi Soemarmo jelang Pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono

Liputan6.com, Jakarta - Pengamanan di Bandara Adi Soemarmo Solo, Jawa Tengah, diperketat. Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi kedatangan tamu VIP dan VVIP yang akan menghadiri pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo, Yani Ajat Hermawan menjelaskan, Bandara Adi Soemarmo siap mendukung kelancaran acara pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono.

Bandara Adi Soemarmo melakukan beberapa penyesuaian, mulai dari lahan parkir pesawat hingga penambahan personel keamanan untuk mengantisipasi pergerakan tamu VIP dan VVIP yang akan menghadiri acara pernikahan putra bungsu Presiden Joko Widodo.

"Kami akan melakukan penyesuaian agar parking stand Bandara Adi Soemarmo dapat menampung hingga 34 Pesawat, namun kami pastikan penyesuaian itu tidak akan mengganggu jadwal penerbangan reguler," kata Yani dikutip dari Antara, Jumat (9/12/2022). 

Berdasarkan data Bandara Adi Soemarmo hingga Jumat ini, dari tanggal 7 hingga 13 Desember, tercatat ada 45 permintaan area parkir untuk pesawat carter, dua permintaan untuk pesawat kepresidenan dan lima permintaan dari maskapai penerbangan untuk mengganti tipe pesawat yang lebih besar. 

Sementara untuk menjamin keamanan tamu VIP dan VVIP, pengelola bandara akan menerapkan prosedur standar keamanan berupa pemeriksaan bagasi, pemeriksaan penumpang, pemeriksaan kendaraan menggunakan mirror under vehicle bagi tamu VIP dan VVIP yang melewati akses terminal kargo.

Sementara untuk menjamin keamanan tamu VIP dan VVIP, pengelola bandara akan menerapkan prosedur standar keamanan berupa pemeriksaan bagasi, pemeriksaan penumpang, pemeriksaan kendaraan menggunakan mirror under vehicle bagi tamu VIP dan VVIP yang melewati akses terminal kargo.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Koordinasi

Sedangkan, bagi tamu VIP dan VVIP yang melewati terminal domestik akan dilakukan pemeriksaan bagasi melalui X-Ray Passenger Security Checkpoint (PSCP), pemeriksaan penumpang menggunakan Walk Through Metal Detector (WTMD) dan hand held metal detector (HHMD).

Selain menambah personel keamanan, pihak bandara juga intens berkoordinasi dengan pemangku kepentingan terkait, seperti TNI Angkatan Udara Lanud Adi Soemarmo, Polres Boyolali, Koramil Ngemplak, BIN, dan BAIS. Personel-personel itu rencananya akan turut melakukan penjagaan di Bandara Adi Soemarmo selama acara berlangsung.

Selain itu, kata Yani Ajat, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan anak perusahaan, yaitu Angkasa Pura Support untuk mendatangkan X-Ray dan WTMD.

"Sebanyak satu buah X-Ray dan satu walk through metal detector didatangkan Angkasa Pura Support dari Yogyakarta International Airport dan siap dioperasikan pada H-4 acara ngunduh mantu pernikahan Kaesang dan Erina,” katanya.

3 dari 4 halaman

Jokowi Tetap Jalankan Tugas Presiden di Sela Rangkaian Pernikahan Kaesang

Presiden Joko Widodo atau Jokowi tetap menjalankan pekerjaan dan tugas kenegaraan di sela-sela rangkaian pernikahan putra bungsunya, Kaesang Pangarep. Jokowi mengatakan tugas administrasi kenegaraan tak boleh tertunda.

"Sebelum Jumatan di sela rangkaian prosesi pernikahan Kaesang, pekerjaan dan tugas administrasi kenegaraan tak boleh tertunda," kata Jokowi melalui akun Instagramnya @jokowi, Jumat (9/12/2022).

Dalam foto yang diunggah, Jokowi tampak sedang memakai baju adat Jawa bewarna magenta yang dipakainya saat mengikuti prosesi siraman dan sungkeman Kaesang, Jumat hari ini. Jokowi tampak sedang menandatangani sebuah dokumen.

"Setumpuk dokumen di depan saya ini tetap harus diselesaikan," ucap Jokowi.

Sebelumnya, Putra bungsu Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Kaesang Pangarep, telah menjalani salah satu proses rangkaian pernikahannya dengan Erina Gudono yakni sungkeman dan siraman yang digelar di kediaman Sumber, Kota Surakarta, pada Jumat (9/12/2022).

Saat prosesi sungkeman, Jokowi menitipkan pesan kepada anak bungsunya tersebut. Dia berharap Kaesang Pangarep dan Erina Gudono bisa menjadi keluarga yang bahagia.

"Kita sebagai orang tua mengharapkan juga mendoakan agar keluarga Mas Kaesang dan Mbak Erina ke depan bisa menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, warahmah," ungkap Jokowi kepada awak media di depan kediaman, Jumat (9/12/2022).

4 dari 4 halaman

Prosesi Berjalan Lancar

Dia bersyukur prosesi tersebut berjalan dengan lancar. Jokowi berharap agar prosesi berikutnya bisa berjalan baik.

"Alhamdulillah tadi prosesi untuk sungkeman dan prosesi untuk siraman sudah berjalan dengan baik, lancar, dan kami sekeluarga memohon doa restu kepada masyarakat agar prosesi selanjutnya baik midodareni kemudian besok ijab kabul, kemudian dilanjutkan dengan nanti tasyakuran di Pura Mangkunegaran semuanya bisa berjalan dengan baik," jelasnya.

Jokowi juga meminta maaf apabila dalam pelaksanaan rangkaian pernikahan putranya mengganggu kenyamanan masyarakat. Khususnya, masyarakat Yogyakarta dan Kota Surakarta.

"Apabila ada yang terganggu, kenyamanannya terganggu, kami sekeluarga memohon maaf sebesar-besarnya utamanya kepada masyarakat Yogyakarta dan masyarakat Kota Solo," tutur Jokowi.

Sementara itu, Ibu Negara Iriana menitipkan pesan seraya mendoakan agar anaknya tersebut selalu bahagia.

"Yang pasti selalu bahagia ya le ya," ucap Iriana.

Sebagai informasi, Kaesang dan Erina Gudono akan melangsungkan akad nikah di Pendopo Royal Ambarrukmo Yogyakarta, Sabtu 10 Desember 2022. Selanjutnya, acara tasyakuran atau resepsi akan dilangsungkan di Pura Mangkunegaraan, Minggu 11 Desember 2022.

  

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS