Sukses

PLN Resmikan 2 SPKLU di Sulawesi Selatan

SPKLU yang terletak di kantor Gubernur Sulsel ini berjenis fast charging dan memiliki spesifikasi daya 1 x 50 kW.

Liputan6.com, Jakarta - PT PLN (Persero) mengoperasikan 2 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Sulawesi Selatan. Dua SPKLU itu berlokasi di Gubernur Sulawesi Selatan dan PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Parepare.

Gubernur Sulawesi Selatan Andi SUdirman Sulaiman menjelaskan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan telah membuat program untuk penggunaan kendaraan ramah lingkungan di lingkungan Pemprov.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada PLN atas penempatan SPKLU ini di kantor Gubernur. Kami mendukung penuh penggunaan kendaraan listrik guna menekan emisi karbon," ujar Sudirman, Senin (21/11/2022).

General Manager PT PLN Unit Induk Distribusi Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Sulawesi Barat (UID Sulselrabar) Mochamamand Andy Adchaminoerdin mengatakan, SPKLU yang terletak di kantor Gubernur Sulsel ini berjenis fast charging dan memiliki spesifikasi daya 1 x 50 kW. Sementara SPKLU yang beraa di PLN UP3 Parepare juga fast charging yang memiliki spesifikasi daya 2 x 25 kW.

"Dengan teknologi Fast Charging , pengisian dari 0 persen (kosong) ke full 100 persen hanya dengan waktu 180 menit dan sudah bisa menempuh jarak 300 KM. Tidak hanya itu kami memasang juga Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) daya 2 x 5.500 VA di Kantor Gubernur Sulsel yang bisa dipergunakan untuk pengisian motor atau kendaraan listrik lainnya," terang Andy.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menumbuhkan Kebiasaan Baru

Dia pun berharap dalam penyediaan infrastruktur SPKLU di dua lokasi ini bisa menumbuhkan kebiasaan masyarakat untuk menggunakan kendaraan bermotor listrik. Selain itu, hadirnya instalasi SPKLU ini juga diharapkan menjadi mata rantai ekosistem energi terbarukan yang tengah dikembangkan di Tanah Air untuk mencapai target net zero emission pada tahun 2060.

"Kami optimis penempatan dan pembangunan SPKLU di Kantor Gubernur Sulawesi Selatan dan Kota Parepare bisa menjadi pemantik kebiasaan baru menggunakan kendaraan ramah lingkungan," kata Andy.

Sebagai informasi, tercatat per November 2022, terdapat 5 SPKLU yang berada di wilayah kerja PLN UID Sulselrabar. Adapun SPKLU tersebar di PLN ULP Mattoanging, PLN UP3 Makassar Selatan, Kantor Gubernur Sulawesi Selatan di Kota Makassar, PLN UP3 Parepare di Kota Parepare, dan PLN ULP Wuawua, di Kota Kendari.

"Target dalam wilayah kerja PLN UID Sulselrabar, akan ada 11 SPKLU yang terintegrasi di jalan trans Sulawesi sampai akhir tahun 2023," tambah dia.

Reporter: Siti Ayu Rachma

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.