Sukses

Perdana, Garuda Indonesia Terbangkan Jamaah Umrah dari Bandara Kertajati

Liputan6.com, Jakarta Maskapai Garuda Indonesia resmi melayani penerbangan umrah langsung dari bandara Kertajari, Majalengka, Jawa Barat. Total ada 224 jemaah yang diberangkatkan dengan armada Airbus A330-300.

Penerbangan umrah perdana dilakukan pada Minggu (20/11/2022) kemarin dengan rute langsung menuju bandara Jeddah.

Direktur Utama Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra mengatakan dilayaninya penerbangan umrah dari bandara internasional Kertajati ini merupakan bentuk komitmen Garuda Indonesia. Utamanya sebagai flag carrier untuk berpartisipasi aktif dalam menjembatani kebutuhan masyarakat.

Dalam hal ini khususnya masyarakat Jawa Barat untuk melaksanakan perjalanan ibadah ke Tanah Suci melalui penyediaan layanan penerbangan yang aman dan nyaman menuju tanah Suci. Layanan ini menyusul inisiasi Pemerintah dalam memaksimalkan kapasitas operasional Bandara Internasional Kertajati sebagai lokasi keberangkatan umroh.

“Kami memahami perjalanan ibadah merupakan momen penting yang selalu ditunggu bagi para calon jemaah terlebih momentum pulihnya penerbangan umrah telah lama dinantikan oleh masyarakat setelah sekian lama Pemerintah Arab Saudi membatasi jumlah kunjungan jemaah akibat pandemi," kata dia dalam keterangannya, ditulis Senin (21/11/2022).

"Dilayaninya penerbangan langsung dari bandara Kertajati untuk menuju Tanah Suci ini kiranya kedepannya dapat mengakomodir kebutuhan masyarakat Jawa Barat dan sekitarnya umrah untuk berangkat melaksanakan ibadah di Tanah Suci," tambah Irfan.

Penerbangan tahap awal ini dilayani dengan penerbangan charter melalui layanan penerbangan GA 902. Armada diberangkatkan dari Bandara Kertajati pada pukul 13.45 WIB dan direncanakan akan tiba di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah pada pukul 20.00 LT.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

19 Penerbangan Umroh

Di sisi penerbangan umroh, setidaknya Garuda Indonesia melayani 19 penerbangan per minggu. Ini jadi salah satu momentum dalam menyambut pemulihan penerbangan, khususnya umroh.

Dari 19 penerbangan tadi, terdiri dari 17 penerbangan dari Jakarta dan Kertajati, 1 penerbangan dari Surabaya, dan 1 penerbangan dari Makassar.

“Sebagai salah satu negara dengan jumlah umat muslim terbesar di dunia, tentunya layanan penerbangan ke Tanah Suci menjadi salah satu fokus pengembangan jaringan penerbangan internasional yang akan terus kami optimalkan," paparnya.

Menurutnya, langkah ini diselaraskan dengan upaya mengakselerasikan pemulihan kinerja yang terus dilakukan maskapai. Khususnya dalam memetakan jaringan penerbangan yang menjadi preferensi masyarakat termasuk melalui perluasan jaringan penerbangan umrah di berbagai kota besar di Indonesia.

“Untuk itu, kedepannya kami akan terus memaksimalkan peluang pengembangan jaringan penerbangan langsung tentunya dengan terus menyelaraskan dengan potensi pasar yang ada untuk layanan umrah dari berbagai wilayah keberangkatan lainnya asal jamaah umrah sehingga aksesibilitas layanan penerbangan umrah akan semakin seamless melalui penerbangan tanpa transit menuju tanah suci," tutup Irfan.

 

3 dari 4 halaman

Bandara Kertajati Layani Umroh

Bandara Kertajati Majalengka Jawa Barat kembali melayani penerbangan umrah langsung menuju Jeddah, Arab Saudi. Prosesi pelepasan penerbangan umrah perdana di tahun ini dilakukan pada pada hari ini, Minggu (20/11/2022).

Plt. Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Nur Isnin Istiartono menjelaskan, Kemenhub selalu berupaya untuk mendorong digunakannya Bandara Kertajati sebagai tempat penerbangan umrah.

"Kini upaya ini membuahkan hasil dengan terselenggaranya penerbangan umrah pasca pandemi yang terselenggara berkat kolaborasi dan dukungan antara pemerintah pusat, pemerintah daerah dan operator penerbangan," ujar dia dalam keterangan tertulis, Minggu (20/11/2022).

Penerbangan ini membawa 225 jamaah umrah, diantaranya berasal dari wilayah Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan (Ciayumajakuning) yang diberangkatkan dengan pesawat Garuda Indonesia jenis Airbus 330-300, langsung dari Kertajati menuju Jeddah, Arab Saudi.

 

4 dari 4 halaman

Pangkas Perjalanan

Staf Ahli Bidang Keselamatan dan Konektifitas Perhubungan Kementerian Perhubungan, Maria Kristi Endah dalam kesempatan tersebut memberikan sambutan sekaligus melepas para jamaah umrah yang berangkat dari Bandar Udara Kertajati.

"Kita patut bangga, Bandara Kertajati kini telah bisa melayani penerbangan umrah, sehingga masyarakat dari Ciayumajakuning dan sekitarnya tidak perlu melakukan perjalanan darat yang jauh ke Bandar Udara Soekarno Hatta untuk berangkat umrah. Fasilitas sarana dan prasarana di Bandara Kertajati tidak kalah lengkap dan luas. Jadi mari kita manfaatkan keberadaan bandara ini dengan sebaik-baiknya," jelas Maria Kristi.

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS