Sukses

Intip Mewahnya Genesis G80 Electrified, Tunggangan Kepala Negara di KTT G20

Selama di Bali, para kepala negara yang hadir di KTT G20 disediakan kendaraan mewah berupa sedan Genesis G80 Electrified.

 

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah kepala negara menghadiri KTT G20 di Bali. Mulai dari Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden hingga Presiden Turki Recep Tayyip Erdoğan akan berada di Bali selama KTT berlangsung selama 2 hari, 15-16 November 2022.

Selama di Bali, para kepala negara ini disediakan kendaraan mewah berupa sedan Genesis G80 Electrified. Meskipun ada sejumlah kepala negara yang menggunakan kendaraan yang telah disediakan oleh pemerintah masing-masing, seperti Presiden AS Joe Biden yang menggunakan Limosin bernama The Beast.

Dikutip dari laman hyundaimobil.co.id, Genesis sendiri merupakan sub-brand dari Hyundai yang lebih premium. Lalu, G80 adalah salah satu unit paling populer dan termewah dari lini Genesis. Mobil ini memiliki panjang 5 meter, lebar 1,92 meter, dan tinggi 1,47 meter yang menjamin kelegaan dan kenyamanan kabin.

"Yang unik, Genesis G80 Electrified ini 100 persen menggunakan tenaga listrik," tulis Hyundai.

Genesis G80 Electrified menggunakan 2 motor listrik di depan dan belakang menggunakan baterai lithium-ion 87,2 kWh. Sehingga, mobil ini memiliki penggerak semua roda. Tenaganya mencapai 364 Hp dan torsi besar 700 Nm.

Pengisian daya dapat dilakukan melalui rapid charging 800 V yang dapat mengisi daya baterai dari 10 persen ke 80 persen hanya dalam waktu 22 menit saja.

Pada kondisi pengecasan standar 11 kW, mengisi daya dari 10 persen ke 100 persen memerlukan waktu 9 jam. Pada kondisi terisi penuh, mobil ini bisa menempuh jarak 427 Km. 

"Genesis G80 Electrified merupakan satu-satunya lini kendaraan Genesis yang full elektrik, tidak menggunakan bahan bakar sama sekali. Lalu, mobil ini memiliki tampilan serta dimensi yang gagah, cocok untuk petinggi negara tamu KTT G20," ungkap Hyundai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kemewahan Genesis G80

Kemewahan Genesis G80 pun terlihat dari tampilan depannya dengan grill besar berbentuk tameng yang memberikan tampilan aristokrat, mobil ini terlihat elegan, simpel, mewah dan futuristik.

Mobil ini sendiri cukup besar dengan dimensi panjang 5 meter, lebar 1,92 meter dan tinggi 1,47 meter. Tentunya, hal ini guna memaksimalkan ruang dan kenyamanan penumpangnya.

Pada interiornya, tarikan garis halus dan elegan memenuhi interior ini guna memberikan rasa terbaik, joknya pun dilengkapi dengan kulit asli Nappa dengan pewarna natural agar ramah lingkungan.

Mobil ini diklaim tidak hanya ramah lingkungan dari penggeraknya, tetapi juga dari kabinnya. Bahkan panel kayu pada interior, terbuat dari kayu asli. Kayu ini terbuat dari bahan daur ulang proses pembuatan mebel sehingga ramah lingkungan dan sangat berkelanjutan.

"Dengan kemewahan, keunikan, dan keramah lingkungannya, tidak heran Genesis G80 dipilih menjadi mobil VIP pada ajang KTT G20. Apalagi, pembahasan mengenai keramahan lingkungan sedang gencar dilakukan," tutup Hyundai.

3 dari 4 halaman

The Beast Mobil Teraman Dunia, Tunggangan Joe Biden di KTT G20

Sebelumnya, Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden telah tiba di Bali pada Minggu (13/11/2022) malam sekitar pukul 21.45 WITA di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali. Kehadiran Joe Biden dalam rangka menghadiri KTT G20 yang berlangsung selama 2 hari, pada 15-16 November 2022.

Untuk transportasinya selama berada di Indonesia, Joe Biden menggunakan mobil dinas kepresidenan AS sendiri yang bernama The Beast, yang merupakan supercar berlapis baja seberat 8 ton seharga £1,2 juta (Rp 17 miliar).

Mobil ini juga disinggung-singgung sebagai kendaraan paling aman di dunia. Dilengkapi dengan sistem keamanan canggih, mobil ini dapat menahan serangan bom yang menghancurkan dan bahkan tembakan senjata api.

Pintu The Beast berlapis baja setebal 8 inci - sama seperti Boeing 737 - dan disegel untuk menahan serangan biologis dan kimia. Jendelanya terbuat dari lima lapis kaca polikarbonat. Kamera pengintai malam hari terdapat di dalam grill, sementara ban diperkuat dengan kevlar dan dapat berjalan di atas velg bajanya.

Kendaraan besar ini, yang juga dikenal sebagai Cadillac One, bahkan lebih panjang dari dua SUV besar dan dicat hitam untuk menyamarkan rangkaian fitur keamanan berteknologi tinggi yang rumit.

Mobil kepresidenan AS ini adalah model yang dipesan lebih dahulu yang dikirim pada tahun 2018 dan dibangun di atas sasis General Motors TopKick yang biasanya digunakan untuk kendaraan komersial seperti truk kecil. Armornya dikatakan terdiri dari aluminium, keramik, dan baja.

4 dari 4 halaman

Tahan Peluru dan Bom

Armornya dikatakan terdiri dari aluminium, keramik, dan baja.

Kaca depan depan dapat menahan peluru yang menembus lapis baja atau .44 magnum dan bodyworknya kelas militer dan setebal 5 inci.

Undercarriage yang diperkuat dapat menahan bom di tepi jalan dan tangki bahan bakarnya tahan ledakan.

Ada tujuh kursi: dua di depan untuk agen Secret Service dan empat di belakang.

Hanya jendela sisi pengemudi yang bisa dibuka dan di bagasi terdapat kotak darah Presiden untuk transfusi darurat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.