Sukses

Balai Kota Bandung Kebakaran, Bekas Gudang Kopi yang Simpan Kisah Mistis

Balai Kota Bandung kebakaran pada Senin pagi (7/11/2022). Kebakaran tepatnya terjadi di Gedung Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan (Bappelitbang).

Liputan6.com, Jakarta Balai Kota Bandung kebakaran pada Senin pagi (7/11/2022). Kebakaran tepatnya terjadi di Gedung Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan (Bappelitbang) yang berada di dalam kompleks Balai Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat.

Berdasarkan informasi dari Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung, kebakaran di dalam kompleks Balai Kota Bandung terjadi pada pukul 10.30 WIB.

"Laporan masuk ke kita itu jam 10.30. Itu lokasinya di Jalan Aceh Kota Bandung. Dan semua unit sudah dikerahkan ke sana. Total ada 10 (mobil pemadam kebakaran) yang dikerahkan," kata Operator Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung Andri.

Jika melihat Balai Kota Bandung, yang pertama terlintas adalah pusat tata pemerintahan dengan segala protokol ketat hingga taman-taman yang begitu cantik.

Namun siapa sangka, dibalik megah dan cantiknya Balai Kota Bandung, tempat ini juga menyimpan cerita sisi lain yang berhubungan dengan unsur mistis.

Dikutip dari kanal Regional Liputan6.com, Berdasarkan rumor yang beredar, hantu anak kecil dan kuntilanak sering menampakkan diri di area Balai Kota.

Menurut Sejarawan senior Prof. Dr. A. Sobana Hardjasaputra, lahan yang kini menjadi Balai Kota Bandung dulunya adalah bekas gudang kopi. Sebelum menjadi balai kota, lahan di Wastukencana tersebut dimiliki oleh Andries de Wilde, seorang tuan tanah priangan keturunan Belanda.

Gudang kopi ini diruntuhkan pada 1927. Bersamaan dengan itu, berdirilah kantor Wali Kota Bandung beserta beberapa taman di plazanya. Pada 1980-an barulah dibangun gedung kembar tambahan di bagian kiri dan kanan ruang kerja wali kota.

Meski saat ini area Balai Kota Bandung sudah dipercantik sedemikian rupa, ternyata kisah-kisah mistis masih sering dialami oleh para pegawai terutama security yang harus berjaga pada malam hari. Salah satu security yang enggan disebutkan namanya menceritakan kisah horornya kala sedang bertugas malam hari.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Derap Langkah Kaki Misterius hingga Anak Kecil Berlarian

Kisahnya berawal ketika mendapat giliran berjaga malam hari di Pos 4. Pada malam itu, menurutnya suasana agak berbeda dibanding malam-malam lainnya. Benar saja, pada malam itu ia harus berhadapan dengan sosok Kuntilanak ketika ia berpatroli untuk memantau keadaan sekitar.

"Jadi pas saya lagi patroli, lagi ngecek. Pas di belakang puskesmas kelihatan jelas ada kuntilanak berdiri. Saya langsung lumpat karena takut, pas ditengok lagi ternyata udah nggak ada," ujarnya kepada Ayobandung.com pada Minggu, 14 November 2021.

Selain itu, ia juga pernah mendengar derap langkah kaki di area Gedung Serba Guna. Menurutnya, Gedung ini di malam hari sering terjadi hal-hal misterius.

"Waktu itu juga ada security yang baru banget masuk, hari pertama dia kerja kebagian jaga malam. Pas dia jaga melihat ada sosok anak kecil naik turun tangga di situ (Gedung Serba Guna)," lanjutnya.

Ia juga bercerita, hampir semua security pernah mengalami kejadian-kejadian mistis. Seperti melihat sosok anak kecil berlarian di taman hingga sosok kuntilanak yang menampakan diri di area taman yang ditutupi oleh rimbunnya pohon besar.

"Bahkan pernah waktu itu ada salah satu OB tidur di bagian Gedung Serba Guna, tadinya tidur di bagian depan pas bangun tau tau pindah ke bagian ujung. Terus kalau yang tidur itu biasanya suka kena eureup-eureup (Ketindihan/Sleep paralysis)," bebernya.

3 dari 3 halaman

Lokasi Paling Seram

Namun, baginya ada satu lokasi yang paling menyeramkan di Balai Kota Bandung, yaitu gudang barang yang terletak di area bawah gedung sebelah kanan. Menanggapi hal itu, Ayobandung.com diantar olehnya untuk mengunjungi ruangan yang dimaksud.

Benar saja, ketika menuruni tangga saja hawa dingin dan lembab langsung menyeruak ke dalam hidung akibat ruangan berada di bawah tanah. Belum lagi kondisi ruangan yang tak pernah tersentuh sinar matahari membuat suasana cukup menakutkan.

Ruangan-ruangan yang ditutup oleh pintu rolling door tersebut semua dalam kondisi tertutup. Tumpukan barang terlihat sejak memasuki tangga menuju ruangan tersebut.

"Ini ruangan yang menurut saya paling seram, bener bener jarang dikunjungi terus banyak barang gak kepakai di sini. Ada juga kadang suara perempuan nangis kedengeran dari bawah sini," ujarnya saat menunjukkan lokasi Gudang tersebut.

Di balik megahnya bangunan Balai Kota Bandung, ternyata menyimpan kisah mistis yang cukup menyeramkan. Selain itu, hal ini membuktikan rumor yang beredar jika hantu anak kecil dan kuntilanak yang sering terlihat berkeliaran itu benar adanya. Sampai jumpa di kisah selanjutnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.