Sukses

Kisah Changpeng Zhao, Pria Dusun Mantan Koki McDonald’s Sang Miliarder Kripto

Zhao atau yang lebih sering dikenal CZ menjadi orang yang paling menonjol dalam cryptocurrency, serta orang terkaya di industri ini.

Liputan6.com, Jakarta Changpeng Zhao adalah pendiri dan CEO Binance, pertukaran mata uang kripto terbesar di dunia. Dengan kekayaan bersih sekitar USD 30 miliar per 25 Oktober, dia menjadi salah satu orang terkaya ke-33 di dunia, menurut Bloomberg Billionaires Index.

Zhao atau yang lebih sering dikenal CZ menjadi orang yang paling menonjol dalam cryptocurrency, serta orang terkaya alias miliarder di industri ini.

Namun sayangnya, industri Zhao terkena dampak akibat musim dingin crypto. Perkiraan kekayaan bersihnya secara real-time jauh dari puncak kekayaan pribadinya. Kekayaan bersihnya memuncak pada USD 95,9 miliar awal tahun ini, menurut Bloomberg Billionaires Index.

Lantas, siapa dia sebenarnya?

Dilansir dari South China Morning Post, Forbes dan Fortune, Rabu (2/11/2022), mari mengenal sosok Zhao lebih dalam yang ternyata merupakan eks karyawan McDonald’s.

Ketertarikan Zhao pada kripto

Ketertarikan Zhao pada cryptocurrency dimulai pada 2013 ketika dia pertama kali belajar tentang bitcoin. Kariernya di industri mata uang digital yang sedang naik daun dimulai di Blockchain.info, di mana ia menjabat sebagai kepala pengembangan.

Zhao kemudian mendirikan Binance pada tahun 2017 dan mendukungnya untuk menjadi pertukaran mata uang kripto terbesar berdasarkan volume perdagangan.

Menurut Protokol, bursa menangani sekitar USD 76 miliar dalam volume perdagangan harian. Pada tahun 2021 saja, Binance menghasilkan pendapatan lebih dari USD 20 miliar dan lebih besar dari gabungan empat pesaing terbesarnya yang dilaporkan Bloomberg.

Orang yang sederhana

Zhao lahir di sebuah desa pedesaan di provinsi Jiangsu di Cina pada tahun 1977 dari keluarga guru. Dia pindah ke Vancouver bersama keluarganya setelah protes Lapangan Tiananmen pada tahun 1989.

Ayah Zhao, Shengkai, adalah seorang profesor yang diasingkan ke pedesaan selama Revolusi Kebudayaan di China, menurut laporan Maclean.

Laporan itu juga mengatakan bahwa Shengkai berimigrasi ke Kanada untuk mengejar gelar doktor di University of British Columbia.

Zhao mengatakan dalam posting blog pada September bahwa keluarganya harus mengantre di luar kedutaan Kanada selama tiga hari untuk mendapatkan visa. Dia menambahkan bahwa dia “beruntung bisa pergi pada waktu itu”.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mantan Pekerja McDonald's

Ketika Zhao pindah ke Kanada, dia bekerja sampingan, termasuk bekerja sebagai juru masak di McDonald's, menurut laporan Maclean.

Zhao juga pernah bekerja di pompa bensin Chevron dan sebagai wasit untuk permainan bola voli di masa remajanya untuk mendapatkan uang.

Zhao dalam postingan blog mengatakan bila momen pindah ke Kanada “mengubah hidup saya selamanya”. Dengan menghabiskan "tahun-tahun terbaiknya sebagai remaja" tumbuh di Vancouver.

Zhao dikenal orang yang hemat, tidak memiliki mobil, kapal pesiar, atau jam tangan mewah, dan "satu-satunya kesenangan" adalah tiga ponsel yang dia miliki saat itu.

Zhao belajar ilmu komputer

Ketertarikan Zhao pada teknologi didorong  komputer DOS seharga USD 286 dolar yang dibeli ayahnya ketika dia masih remaja.

Sebelum menghadiri McGill, Zhao mendaftar di kelas pemrograman di sekolah menengah dan mulai coding ketika dia baru berusia 16 tahun.

Setelah lulus dari universitas, Zhao memiliki karier yang cemerlang. Dia pernah bekerja di Tokyo Exchange. Zhao, yang saat itu baru berusia 27 tahun, dipromosikan 3 kali dalam waktu kurang dari dua tahun untuk mengelola tim di New Jersey, London, dan Tokyo.

Pada tahun 2005, Zhao berhenti dari kehidupan perusahaan dan pindah ke Shanghai untuk menjadi mitra di perusahaan sistem perdagangan Fusion Systems. Menurut halaman LinkedIn Zhao, dia meninggalkan perusahaan pada Desember 2013.

Mengontrol saham di Binance Holdings

Bloomberg memperkirakan Zhao bernilai sekitar USD 30,6 miliar dari saham mayoritasnya di platform cryptocurrency, itu bukan gambaran lengkap tentang kekayaannya.

Ini belum termasuk cryptocurrency yang dipegang langsung oleh Zhao dalam kekayaan bersihnya karena jumlahnya tidak tersedia untuk umum.

Zhao memiliki kepemilikan cryptocurrency pribadi dalam bitcoin dan Binance Coin, menurut laporan bulan September Bloomberg. Pada 2021, Binance memiliki lebih dari 90 juta pengguna, mengutip perkiraan dari Zhao.

Zhao dikatakan memiliki kekayaan yang cukup besar dari bitcoin, setelah membeli mata uang digital senilai USD 1 juta saat itu hanya USD 600 per unit.

 

3 dari 3 halaman

Bisnisnya dicuri

Pada Oktober 2022, cryptocurrency senilai USD 570 juta yang diperdagangkan di Binance dicuri dalam peretasan blockchain, menurut The New York Times.

Zhao mengatakan kepada CNBC dalam sebuah wawancara Oktober, menklaim tidak ada pengguna yang kehilangan uang dalam serangan itu. Serta "kode perangkat lunak tidak pernah bebas bug". Peretasan Binance adalah salah satu peretasan kripto terbesar sepanjang masa.

Binance mengatakan  kemungkinan adanya peretasan di masa mendatang, validatornya akan memutuskan apakah dana yang diretas akan dibekukan.

Keputusan akan dibuat melalui serangkaian “suara tata kelola on-chain”. Binance menambahkan mereka juga akan mempertimbangkan untuk menerapkan “sistem hadiah hadiah bug” sehingga pengguna diberi insentif untuk melaporkan bug.

Tinggal di Dubai

Zhao pindah ke Dubai pada akhir 2021, di mana ia menyewa kantor untuk menjalankan apa yang digambarkan sebagai “fase baru” Binance. Zhao juga memiliki flat dan minivan.

“Saya selalu menyukai tempat-tempat dengan beragam budaya,” kata Zhao. Dia menggambarkan kota itu sebagai “sangat pro-crypto,” saat wawancara dengan Bloomberg di 2021.

Sebelumnya, Zhao tinggal di Singapura dari 2019 hingga 2021. Di negara ini menghabiskan ratusan juta dolar untuk berinvestasi di sektor yang tengah mendapatkan penolakan keras di AS, Inggris, dan China.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.