Sukses

Hal Perlu Diperhatikan Saat Interview Kerja, Ingat Baik-baik

Wawancara kerja dilakukan agar tim perekrut dapat menentukan kandidat memenuhi kualifikasi sesuai dengan posisi yang tersedia atau tidak.

Liputan6.com, Jakarta Ada beberapa hal yang harus dipersiapkan ketika seseorang akan menghadapi wawancara atau interview kerja. Persiapan ini pun sebaiknya harus dilakukan agar bisa memberikan performa yang maksimal di depan tim perekrut hingga akhirnya bisa bergabung jadi karyawan di perusahaan yang diinginkan.

Wawancara kerja dilakukan agar tim perekrut dapat menentukan kandidat memenuhi kualifikasi sesuai dengan posisi yang tersedia atau tidak. Selain itu, juga untuk mengidentifikasi cocok atau tidaknya kandidat dengan budaya perusahaan.

Di samping itu, melalui interview kerja, tim perekrut juga bisa menilai kandidat merupakan seseorang yang mampu bekerja dalam tim atau tidak dan menilai soal etos kerja yang dimiliki. Jadi, pada saat itu, Anda sebagai kandidat karyawan perlu mempromosikan diri dengan baik agar tim perekrut percaya dan memilih bahwa Anda merupakan kandidat yang tepat.

Lantas, bagaimana caranya Anda bisa lolos interview kerja?

Dilansir dari laman teachteam.org, Jumat (11/11/2022), Anda bisa coba metode STAR. Berikut ini penjelasan hal harus diperhatikan saat interview kerja.

S : jelaskan secara singkat situasi yang paling relevan dengan pertanyaan perekrut

T : jelaskan secara singkat tantangan yang Anda hadapi

A : jelaskan langkah-langkah spesifik yang Anda ambil untuk memecahkan masalah

R : berikan hasil selalu positif

Sebelum Wawancara

Teliti dan analisis posisi dan perusahaan sebelum wawancara dimulai. Hal itu dilakukan untuk menentukan apakah ada yang cocok atau tidak.

Jangan lupa pula luangkan waktu untuk mempersiapkan pertanyaan Anda sendiri untuk ditanggapi oleh pewawancara selama wawancara sehingga Anda dapat menentukan dengan lebih baik apakah posisi dan perusahaan cocok untuk Anda atau tidak.

Kurang lebih, berikut ini kira-kira yang harus Anda perhatikan sebelum mulai interview kerja:

1. Apakah perusahaan tersebut bekerja setiap hari?

2. Apakah deskripsi pekerjaan menarik bagi Anda? Apakah nilai-nilai mereka selaras dengan nilai Anda?

3. Tahu berapa lama mereka telah dalam bisnis?

4. Apa produk utama mereka?

5. Ketahui mengapa Anda ingin bekerja di sana dan apa yang akan Anda sumbangkan untuk perusahaan.

6. Untuk apa mereka dikenal?

7. Siapa pelanggan/klien mereka (profil)?

8. Apa itu "budaya"?

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Jadilah Diri Sendiri

Tentunya Anda harus jadi diri sendiri selama mengikuti wawancara kerja. Akan tetapi, tetap harus menjaga sikap dan perkataan khususnya kepada perekrut.

Jangan duduk di ruang tunggu dengan kaki terentang, telepon di tangan, dengan sikap dingin. Lebih baik, tinggalkan ponsel di mobil. Jangan lupa berdiri dan sambut pewawancara dengan jabat tangan yang kuat. Berikan senyuman dan lakukan kontak mata. Ingatlah bahwa beberapa detik pertama itu adalah kesempatan besar untuk menciptakan kesan yang luar biasa.

Patut dicatat, hindari bahasa tubuh negatif klasik. Misalnya, jangan menyilangkan tangan karena dapat diartikan sebagai defensif dan cobalah untuk duduk ke depan dan melakukan kontak mata langsung untuk menunjukkan antusiasme Anda terhadap posisi tersebut.

Para manajer perekrutan pasti akan menilai sikap positif dalam diri kandidat. Oleh karena itu, tunjukan pada perekrut jika Anda bekerja untuk mereka, Anda akan menjadi pemain tim yang akan mengikuti arahan dan mengambil inisiatif.

Ketika Wawancara

Sebagian besar wawancara memiliki jadwal yang membuatnya lebih mudah untuk diikuti dan dipersiapkan.

Dalam proses wawancara, perekrut akan membahas tentang organisasi perusahaan, bertanya tentang keterampilan dan pengalaman, dan apa yang Anda tawarkan. Contoh masalah atau situasi dapat ditawarkan kepada Anda untuk menawarkan solusi.

Pikirkan dan analisislah seperti masalah kelas. Kerja tim penting untuk ditawarkan. Garis waktu biasanya akan ditawarkan. Jika tidak, mintalah satu.

Sementara itu, ketika mengajukan pertanyaan selama wawancara ingatlah untuk menjaga jawaban Anda untuk tetap singkat.

Meskipun benar bahwa Anda harus menjawab banyak pertanyaan dengan cara yang tepat, ada juga contoh di mana Anda harus memberikan jawaban yang terperinci dan agak lebih panjang. Jika Anda ditanya tentang tugas tertentu dalam pekerjaan Anda sebelumnya yang Anda lakukan dengan sangat baik, pastikan untuk menguraikan jawaban Anda.

Perlu diperhatikan bahwa memberikan jawaban yang terlalu singkat untuk pertanyaan yang membutuhkan contoh berarti Anda tidak menjual diri Anda dengan cukup baik. Namun, pastikan untuk tidak mengoceh. Secara umum, batasi respons Anda yang lebih mendetail hingga 2-3 menit. Anda dapat mempraktikkan ini dengan melatih presentasi verbal tentang kualifikasi utama dalam resume Anda.

Bersiaplah untuk menyampaikan keterampilan, minat, dan tujuan Anda yang relevan. Berlatihlah menjelaskan kekuatan dan pencapaian Anda sebelumnya dan siapkan elevator pitch.

Untuk soal penghasilan, jika mereka menanyakan berapa gaji yang Anda harapkan, ada baiknya untuk mengetahui kisaran gaji awal dari jurusan Anda sehingga Anda dapat memberikan informasi yang realistis.

Umumnya, gaji tidak dibahas selama wawancara. Tujuan utama bagi Anda dan pemberi kerja adalah untuk menentukan kecocokan bersama dan bagaimana Anda dapat menambahkan nilai. Pembicaraan kompensasi datang terakhir – setelah mereka dijual pada Anda.

 

3 dari 7 halaman

Cara Menjawab Pertanyaan

1. Ceritakan tentang diri Anda

Ini adalah kesempatan Anda untuk mendiskusikan siapa Anda sebagai seorang profesional. Pastikan untuk menyebutkan pendidikan, pengalaman, keterampilan, bahkan mungkin mengapa Anda memilih jalur karier ini. Jaga agar respons Anda tetap fokus pada siapa Anda sebagai seorang profesional.

2. Apa tiga kekuatan terbesar Anda?

Bersikaplah bijaksana dan jujur dalam menanggapi. Jelaskan keterampilan yang Anda miliki yang paling relevan dengan posisi tersebut. Bersiaplah untuk mendukung tanggapan Anda dengan sebuah contoh. Anda dapat memberikan contoh bagaimana kekuatan Anda telah bekerja untuk Anda di masa lalu dan mendiskusikan cara keterampilan dapat menguntungkan Anda dalam posisi yang Anda wawancarai.

3. Apa tiga kelemahan Anda?

Jujurlah, tetapi berhati-hati untuk menyatakan bahwa kelemahan Anda adalah apa yang mereka cari sebagai karyawan. Pikirkan tentang tugas pekerjaan yang dijelaskan dalam posting pekerjaan dan cobalah untuk tidak menunjukkan kelemahan yang akan menjadi hambatan utama jika Anda bekerja. Selain itu, akan lebih bijaksana untuk mendiskusikan cara Anda mengatasi kelemahan tersebut. Jangan menanggapi dengan "Saya benar-benar tidak bisa memikirkan apa pun".

4. Mengapa kami harus mempekerjakan Anda?

Pastikan untuk menunjukkan kualitas/keterampilan/atribut yang Anda miliki yang dapat membedakan Anda dari kandidat lain. Apakah Anda memiliki sertifikasi yang mungkin tidak dimiliki orang lain? Tunjukkan kepercayaan diri tanpa terdengar sombong. Gambarkan nilai Anda sebagai karyawan dengan membicarakan apa yang akan dikatakan supervisor di masa lalu dan sekarang tentang Anda. Pastikan Anda menonjolkan keunikan Anda untuk menunjukkan bahwa Anda akan menjadi kandidat terbaik untuk posisi tersebut.

5. Jelaskan seorang pemimpin yang Anda kagumi

Anda tidak harus mengenal orang tersebut untuk meniru kepemimpinannya, tetapi mungkin lebih realistis jika Anda melakukannya. Pastikan Anda mencantumkan seseorang yang Anda yakini memiliki kepemimpinan yang efektif dan tahu mengapa Anda merasa mereka berhasil memimpin. Hindari memilih pemimpin yang kontroversial. Diskusikan alasan Anda mengagumi orang tersebut, apa tentang kepemimpinan mereka yang membuat Anda memilih mereka. Apa saja pelajaran yang Anda pelajari dari orang ini dan bagaimana Anda bisa memasukkannya ke dalam hidup Anda.

 

4 dari 7 halaman

6. Ceritakan tentang saat Anda harus memperpanjang tenggat waktu

6. Ceritakan tentang saat Anda harus memperpanjang tenggat waktu

Anda pasti tidak ingin memberikan pandangan negatif tentang akuntabilitas Anda. Jawaban Anda tidak boleh menunjukkan bahwa Anda memiliki keterampilan manajemen waktu yang buruk atau etos kerja yang buruk. Diskusikan kesediaan Anda untuk menyesuaikan tenggat waktu jika menurut Anda itu akan menambah kualitas proyek secara keseluruhan. Apa yang bisa terjadi jika Anda tidak menyesuaikan tenggat waktu. Langkah apa yang Anda ambil untuk memperpanjang tenggat waktu?

7. Bagaimana Anda menilai diri sendiri dalam lima tahun?

Ini adalah satu pertanyaan yang tidak akan Anda jawab secara spesifik. Jika Anda ingin melihat diri Anda dalam manajemen, tidak apa-apa untuk mengatakannya, tetapi Anda mungkin tidak ingin mencantumkan judul tertentu yang ingin Anda pegang. Jadilah realistik. Pertimbangkan perusahaan yang Anda wawancarai, peluang mereka untuk maju dan bagaimana hal itu sesuai dengan rencana lima tahun Anda.

8. Mengapa Anda meninggalkan pekerjaan Anda saat ini?

Berikan dua atau tiga alasan Anda mencari posisi baru. Terlepas dari perasaan Anda terhadap supervisor dan rekan kerja, jangan berbicara negatif tentang mereka. Ini adalah kesempatan yang baik untuk membahas fakta bahwa Anda akan memperoleh (baru-baru ini diperoleh) gelar dan Anda mencari kesempatan untuk menggunakan pengetahuan yang Anda peroleh melalui pendidikan Anda.

9. Mengapa Anda merasa cocok untuk posisi ini?

Pertimbangkan keterampilan dan karakteristik yang Anda miliki yang dapat membantu Anda berhasil dalam posisi yang Anda wawancarai. Pikirkan tentang jenis orang yang akan sangat cocok dengan tugas pekerjaan. Diskusikan bagaimana Anda tetap terkini di lapangan.

10. Apa yang Anda cari dari seorang supervisor yang baik?

Pastikan untuk mendiskusikan kualitas, sifat, karakteristik yang Anda cari dari seorang supervisor. Diskusikan ciri-cirinya, jangan hanya daftar saja.

 

5 dari 7 halaman

11. Jika Anda dipekerjakan, bagaimana supervisor Anda dapat membantu Anda melakukan yang terbaik dalam pekerjaan?

Diskusikan apa yang ingin Anda lihat dari supervisor Anda di minggu-minggu pertama posisi baru. Pelatihan, jenis supervisi apa yang Anda harapkan saat Anda mulai, hal-hal yang dapat mereka lakukan untuk membantu Anda menyesuaikan diri dengan posisi tersebut, dll.

12. Ceritakan tentang hubungan Anda dengan supervisor Anda saat ini dan sebelumnya

Pertanyaan ini akan memberi pewawancara gambaran tentang kepribadian Anda dan bagaimana hubungannya dengan calon supervisor. Bagaimana Anda mendiskusikan supervisor Anda sebelumnya akan memberikan wawasan tentang cara Anda bekerja dan potensi masalah apa pun yang mungkin muncul. Anda harus jujur, tetapi cobalah untuk memberikan hal yang positif. Jika Anda tidak rukun, diskusikan apa yang Anda pelajari tentang diri Anda, dll.

13. Bicarakan tentang lingkungan kerja yang menurut Anda tidak akan efektif bagi

Apa yang Anda butuhkan untuk memiliki lingkungan kerja yang positif, atau hal-hal yang bisa lebih baik di lingkungan sebelumnya? Diskusikan bagaimana itu tidak akan efektif tanpa hal-hal itu. Anda dapat mempertimbangkan pentingnya komunikasi, umpan balik, kemampuan untuk menanamkan sentuhan pribadi pada proyek, dll.

14. Dalam pengalaman Anda sebelumnya, apakah Anda akan mengatakan bahwa Anda dikenal berinisiatif? Jika demikian, berikan sebuah contoh.

Jika Anda dikenal suka mengambil inisiatif, pastikan untuk memberikan contoh yang baik tentang apa yang Anda lakukan dan mengapa ia mengambil inisiatif. Jika Anda belum dikenal berinisiatif di tempat kerja, berikan contoh alasannya.

15. Apakah Anda lebih suka rutinitas sehari-hari yang stabil atau lingkungan yang terus berubah dinamis?

Pastikan untuk mempertimbangkan posisi yang Anda wawancarai. Jika Anda lebih suka konsistensi, akankah pekerjaan ini menyediakan itu? Jika Anda lebih suka dinamis yang terus berubah, apakah posisi ini akan menyediakannya?

 

6 dari 7 halaman

16. Seberapa baik Anda menangani kritik?

Anda dapat mempertimbangkan untuk menanggapi bahwa kritik yang membangun memungkinkan Anda untuk tumbuh sebagai seorang profesional.

17. Ceritakan sesuatu tentang diri Anda yang tidak akan saya temukan di resume Anda.

Ini adalah kesempatan Anda untuk mendiskusikan pengalaman yang mungkin telah Anda hilangkan dari resume Anda untuk menyimpannya di satu halaman. Pastikan informasi yang Anda berikan relevan dan tidak ditemukan di resume Anda. Anda ingin memberi mereka sesuatu yang baru. Jika Anda telah memenangkan penghargaan yang tidak dicatat, jika Anda sedang mengerjakan sertifikat, tetapi tidak memasukkannya ke dalam resume karena belum selesai sekaranglah saatnya untuk mengangkat hal-hal itu.

18. Ceritakan tentang saat Anda menunjukkan tekad yang nyata.

Bicarakan ketika Anda bertahan untuk mencapai suatu tujuan. Pilih sesuatu yang akan mencerminkan minat dalam mengembangkan keterampilan baru, menunjukkan kemampuan Anda untuk mengumpulkan sumber daya dan mengelola situasi stres. Diskusikan hasil yang Anda peroleh.

19. Bagaimana cara Anda mengelola stres dalam pekerjaan sehari-hari?

Pewawancara berusaha mendapatkan informasi untuk melihat apakah Anda memiliki kecenderungan untuk menyerah di bawah tekanan. Pastikan Anda menunjukkan bahwa Anda dapat mengelola situasi tekanan tinggi. Pikirkan cara Anda mengelola stres sepanjang hari. Tetap profesional, dan pastikan untuk tidak memberikan contoh sesuatu yang akan menampilkan Anda tidak produktif selama jam kerja karena stres.

20. Apa yang Anda bawa ke pekerjaan ini yang unik dan membuat kami ingin mempekerjakan Anda?

Jawaban Anda harus menunjukkan kepercayaan pada kemampuan Anda tanpa terdengar sombong. Pertimbangkan apa yang akan dikatakan supervisor atau rekan kerja di masa lalu dan sekarang tentang Anda.

Keterampilan khusus apa yang Anda miliki yang berhubungan dengan pekerjaan ini? Tugas spesifik apa yang harus diselesaikan oleh rekan kerja/penyelia Anda saat ini dan mengapa? Pastikan untuk menjawab pertanyaan, jangan hanya mencantumkan keterampilan yang sama yang ditampilkan di resume Anda.

 

7 dari 7 halaman

21. Seperti apa pekerjaan ideal Anda?

Jawaban Anda harus menunjukkan kepercayaan pada kemampuan Anda tanpa terdengar sombong. Pertimbangkan apa yang akan dikatakan supervisor atau rekan kerja di masa lalu dan sekarang tentang Anda.

Keterampilan khusus apa yang Anda miliki yang berhubungan dengan pekerjaan ini? Tugas spesifik apa yang harus diselesaikan oleh rekan kerja/penyelia Anda saat ini dan mengapa? Pastikan untuk menjawab pertanyaan, jangan hanya mencantumkan keterampilan yang sama yang ditampilkan di resume Anda.

22. Apakah Anda lebih suka bekerja sendiri atau dalam kelompok?

Jujur, tetapi juga tampil fleksibel. Pertimbangkan nilai dan misi perusahaan apakah kerja tim adalah sesuatu yang mereka perjuangkan? Jika Anda paling baik dalam menyelesaikan tugas sendiri, Anda dapat dengan jujur mengatakan itu, tetapi juga menyatakan bahwa Anda dapat bekerja dalam pengaturan kelompok.

Jika Anda lebih baik bekerja dalam kelompok, tidak apa-apa, tetapi pastikan untuk menyebutkan bahwa Anda juga dapat menyelesaikannya. tugas secara individu. Pastikan Anda mempertimbangkan hari kerja biasa dalam posisi ini dan jika Anda biasanya bekerja sendiri atau dalam kelompok.

23. Mengapa Anda ingin bekerja di sini?

Pastikan untuk mempertimbangkan apa yang Anda ketahui tentang perusahaan ini, misi mereka, nilai-nilai, reputasi, dll. Diskusikan alasan mengapa suatu posisi di perusahaan ini menarik bagi Anda. Pastikan untuk berwawasan luas.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.