Sukses

Ketahui Cara Beli Pelatihan Kartu Prakerja di Tokopedia

Simak cara membeli pelatihan Kartu Prakerja melalui platform Tokopedia.

Liputan6.com, Jakarta - Hasil seleksi Kartu Prakerja Gelombang 47 telah diumumkan. Setelah dinyatakan lolos, para peserta akan dihimbau untuk segera membeli pelatihan. 

Hal itu dikarenakan batas waktu pembelian pelatihan Program Kartu Prakerja 2022 untuk semua gelombang dijadwalkan pada 30 November 2022.

Peserta Kartu Prakerja dapat membeli pelatihan di berbagai Platform Digital yang resmi bekerja sama, yaitu Tokopedia, Bukalapak, Pintar, Karier.mu, Kemnaker, hingga Pijar.

Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan peserta  Kartu Prakerja jika berminat membeli pelatihan melalui platform e-commerce Tokopedia.

Berikut cara membeli pelatihan Kartu Prakerja melalui Tokopedia, dilansir dari laman prakerja.go.id, Selasa (1/11/2022) : 

1. Buka aplikasi Tokopedia dan pastikan nomor handphones Anda udah terverifikasi. 

2. Ketik "Kartu Prakerja" di kolom pencarian. 

3. Pilih kategori pelatihan dan pilih lembaga pelatihan yang dinginkan atau diminati. 

4. Selanjutnya, kik "lihat detail" pada kelas yang diminati untuk mencari tahu informasi terkait, termasuk cara menukarkan kode voucher.

5. Klik beli, jangan lupa masukkan nkode promo bila tersedia.

6. Setelah itu, pilih "Lihat Semua" pada metode pembayaran.

7. Kemudian pilih "Kartu Prakerja" pada bagian Program Pemerintah. 

8. Masukkan 16 digit nomor Kartu Prakerja dan lakukan verifikasi melalui SMS. 

9. Setelah transaksi berhasil, cek kode voucher padaH istori Transaksi Top Up dan Tagihan atau pada email yang terdaftar di Tokopedia. 

10. Lakukan penukaran kode voucher dengan mengikuti langkah di halaman kelas/lembaga yang sudah dibeli vouchernya. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penerima Kartu Prakerja Gelombang 47 Diumumkan, Buruan Cek!

Hasil seleksi Kartu Prakerja Gelombang 47 telah diumumkan melalui akun Instagram @prakerja.go.id, Senin (31/10/2022).

"Yuk langsung cek SMS, e-mail, dan dashboard akun Kartu Prakerja kamu sekarang!," tulis keterangan dalam postingan tersebut.

Selain itu, peserta yang lolos dihimbau untuk segera membeli pelatihan pertama, karena batas waktu pembelian pelatihan di tahun ini untuk semua gelombang adalah 30 November 2022.

"Oleh karena itu, gunakan kesempatan yang kamu dapatkan ini untuk langsung membeli pelatihan hari ini juga supaya kompetensi meningkat, pelatihan maksimal dan saldo pelatihanmu juga segera habis dengan optimal!," tulis keterangan @prakerja.go.id.

Berikut cara cek hasil pengumuman Kartu Prakerja  Gelombang 47 melalui akun dashboard di prakerja.go, id.  Mengutip informasi dari website prakerja.go.id, peserta bisa mengecek status kelulusan di akun dashboard masing-masing. 

Berikut ini langkah-langkah cek kelulusan  Kartu Prakerja melalui  dashboard akun.

1. Cek status penerimaan melalui dashboard Prakerja  pada lama prakerja.go.id

2. Apabila terdapat keterangan “pendaftaran sedang dalam evaluasi”, itu berarti proses seleksi sedang berlangsung

3. Saat pengumuman, peserta yang lolos akan mendapatkan notifikasi untuk menonton tiga video tentang pengenalan Kartu Prakerja

4. Peserta yang lolos menonton ketiga video tersebut dan tidak diperkenankan untuk menutup video jika belum selesai atau mempercepat laju video

5. Setelah menonton video selesai, peserta baru bisa melihat Nomor Kartu Prakerja

Sementara itu, bila tidak lolos Kartu Prakerja Gelombang 47, peserta akan mendapatkan notifikasi di dashboard dengan keterangan “Kamu Belum Berhasil”

3 dari 4 halaman

Polri Ajak Semua Aparat Kawal Program Kartu Prakerja

Program Kartu Prakerja merupakan program dengan pendekatan radikal dalam melakukan reformasi sistem anggaran. Hal ini terjadi karena penyaluran dana pemerintah dilakukan secara langsung ke rekening peserta program.

Untuk menghindari penyimpangan, Badan Reserse dan Kriminal Kepolisian RI (Bareskrim Polri) menyatakan mitigasi program ini harus dilakukan bersama-sama. Bukan hanya secara teknikal, tapi banyak pihak harus diedukasi dan bisa turut membantu mensosialisasikan program Kartu Prakerja.

"Kami mengingatkan agar penanganan permasalahan dalam Program Kartu Prakerja dapat berjalan dengan baik, tanpa kebocoran. Pesan kepada aparat hukum di wilayah, mari bersama-sama kita kawal dan awasi pelaksanaan Program Kartu Prakerja," seru Komisaris Besar Polisi Hernowo Yulianto dari Sub Direktorat Tindak Pidana Korupsi Bareskrim Polri, Rabu (26/10/2022).

Senada dengan itu, Lia Pratiwi mewakili Jaksa Agung Muda Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) menegaskan, para jaksa pengacara negara dapat memberikan bantuan hukum, litigasi dan non litigasi secara optimal, jika diperlukan oleh Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja.

"Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja merupakan bagian dari negara/pemerintah, karena di sana terdapat kepentingan tata usaha negara dan hukum perdata. Semua demi tujuan menyelamatkan dan memulihkan kekayaan negara, serta menegakkan kewibawaan pemerintah," ungkapnya. Oleh karena itu, ia menekankan perlunya kolaborasi antara pemangku kebijakan, pelaksana program, dan aparat penegak hukum.

"Datun akan bekerja atas adanya permohonan MPPKP. Kejaksaan Agung, Kejaksaan Tinggi, hingga tingkat Kejaksaan Negeri siap membantu Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja dalam melakukan gugatan maupun pendampingan hukum," urai Lia.

4 dari 4 halaman

Sejak Pendaftaran

Direktur Teknologi Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Samsu Sempena memaparkan, upaya pencegahan fraud Program Kartu Prakerja dilakukan sejak proses pendaftaran hingga penyaluran insentif.

Itu dilakukan dengan verifikasi bertahap dan berlapis, serta bekerjasama dengan digital platform dan mitra penyalur insentif.

"Kebijakan publik yang baik harus dibarengi operasionalisasi yang baik. Manajemen Prakerja menganut prinsip data-driven. Setiap keputusan diambil berdasar data di lapangan," terang Samsu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.