Sukses

Lion Air Bikin Ulah Lagi, Kini Penyanyi Aviwkila Jadi Korbannya

Maskapai penerbangan Lion Air diketahui kembali menjadi perbincangan di media sosial. Kini keluhan datang dari penyanyi Aviwkila

Liputan6.com, Jakarta Maskapai penerbangan Lion Air diketahui kembali menjadi perbincangan di media sosial. Kini keluhan datang dari penyanyi Aviwkila yang melakukan penerbangan domestik.

Melalui akun Instagram pribadinya, Aviwkila menyampaikan keluhannya saat menggunakan Lion Air untuk rute Surabaya-Palu dengan transit di Makassar. Bukan ditinggal pesawat seperti Ari Lasso beberapa waktu lalu, Aviwkila malah diminta turun dari pesawat setelah 10 menit berada di dalamnya.

Aviwkila pun mengisahkan kronologinya. Aviwkila bersama keluarganya termasuk dua anaknya memilih penerbangan paling pagi dari Surabaya.

Pesawat Lion Air dijadwalkan terbang pukul 05.00 WIB pagi. Sementara, disebut kalau penumpang sudah dipersilakan masuk ke pesawat sejak 4.30 WIB pagi. Termasuk keluarga Aviwkila yang kemudian duduk di bangkunya masing-masing di dalam pesawat.

Sayangnya, ada pemberitahuan kalau pesawat tersebut urung berangkat sesuai jadwal. Bahkan, penerbangan diatur ulang ke pukul 06.00 WIB, satu jam lebih lambat dari jadwal semula.

"Jam terbang harusnya jam 5 terus tadi setengah 5 kita sudah dipersilakan masuk dalam pesawat, naik semua lengkap sama nada sama nura sudah duduk semua," tuturnya seperti dikutip Sabtu (29/10/2022).

"10 menitan tiba-tiba ada annoucement kalau penerbangannya di delay ke jam 6, tapi dalam posisi kita di dalam pesawat dan dipersilakan turun lagi," tambahnya.

Dia tak menerangkan lebih jauh soal detail penerbangan yang diambilnya. Dia memilih menerima hal tersebut, meski disampaikan dengan nada yang seakan kecewa.

Menurut pantauan, keluarga Aviwkila akhirnya bisa sampai di Palu beberapa jam lalu. Kabar itu disampaikan melalui unggahan Instastory di akun yang sama.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Lion Air Dikecam Warganet

Ternyata, keluhan Aviwkila ini ditanggapi banyak warganet. Hingga berita ini ditulis, ada sebanyak 124 komentar beragam dari warganet, bahkan banyak dari komentar itu bernada negatif.

Misalnya, salah satu akun centang biru menyebut kalau dia sudah memasukkan Lion Air ke daftar hitam atau blacklist dari maskapai yang digunakannya.

"Aku udh blacklist lionair sejak 10 tahun lalu, terakhir naik lion 2012, cape sist," tulisnya.

Warganet lainnya juga memberikan tanggapan. Salah satunya mengisahkan kalau menghindari mengambil penerbangan dengan Lion Air.

"Sebisa mungkin mengindari lion group, baik itu lion, wings, batik maupun superjet. Pernah book untuk 32 orang sudah beli seat, waktu hari H seatnya ngacak, ditaruh dibelakang semua alasannya sempat terjadi perubahan jadwal karena operasional, dikembalikan lagi ke jadwal semula, tapi pembelian seat gagal, uangnya tidak kembali bayangin ya seat depan 6x4 row x 80.000 , sisanya 8orang x 20.000 amblas, tdk ada penjelasan apapun dari maskapai. hanya alasan operasional katanya 😂😂😂😂. maskapai konyol," papar salah satu warganet.

"Aku pernah delay sampe 3 jam rute surabaya-jkt(cgk) yang seharusnya pesawat berangkat jam 2 siang..smpe jam 5 setengah 6 baru berangkat... Org rumah smpe tlpnin berkali-kali takut dikira kenapa2 di jalan," sambung warganet lainnya.

 

3 dari 4 halaman

Ari Lasso Jadi Korban Juga

Sebelumnya, Musisi kondang Ari Lasso membagikan pengalaman yang kurang menyenangkan. Yakni, ditinggal pesawat Batik Air penerbangan dari Singapura ke Indonesia.

Pengalaman itu dia bagikan melalui akun Instagram pribadinya. Setidaknya, ada 7 unggahan yang membahas soal keluhannya terhadap Batik Air. Kebanyakan unggahan itu berupa video singkat.

Awalnya, dia menceritakan ketika dia ditinggal oleh pesawat di bandara Singapura. Ari Lasso memperlihatkan sebuah tiket pesawat sambil dia menceritakan kronologinya.

Ari Lasso dan timnya, dengan total 3 orang dijadwalkan berangkat pukul 17.35 waktu setempat. Di hari yang sama, pagi hari, dia mendapat pesan singkat kalau penerbangan dialihkan ke pukul 19.35 waktu setempat.

"Halo teman-teman di Batik Air, di Lion Group,, saya ditinggal pesawat anda di Singapura. Saya beli bisnis, ini 17.35 ya, (nomor penerbangan) ID 7150. Tapi kemudian mendapat WA di pagi hari, bahwa pesawat saya dirubah menjadi 19.35," kata dia, dikutip Kamis (20/10/2022).

"Ketika saya di depan gate saya masuk gate dirumah gate-nya, Dibilang, "this is not your flight", saya pindah ke gate satunya, "ur flight is already fly"," bebernya mengisahkan.

Ari Lasso menyayangkan hal tersebut. Ia mengaku memiliki hubungan baik, karena pernah tampil di acara maskapai tersebut. Dia pun meminta adanya pertanggungjawaban dari Batik Air.

"Mohon perhatiannya, bantuannya, saya hanya rakyat kecil biasa saja, sekarang rugi besar harus beli tiga tiket, saya beli hotel lagi dan terpenting saya besok harus ke Surabaya untuk manggung. Teman-teman mohon di tag (Batik Air) untuk memperbaiki kinerjanya. Ini kritikan fair buat saya karena ini terjadi ke saya. Dan saya orang yang tak pernah terlambat naik pesawat seumur hidup," paparnya.

 

4 dari 4 halaman

Dibantu Institusi

Pada unggahan berbeda, Ari Lasso memberikan penjelasan lanjutan. Dia menerangkan telah mendapat bantuan dari sebuah institusi pemerintahan.

Bisa dibilang, institusi yang membawahi soal transportasi penerbangan adalah Kementerian Perhubungan. Sembari memperlihatkan simbol kutip, Ari Lasso menyebut telah dibantu institusi tersebut soal tiket pesawat.

"Halo teman-teman Batik Air, terima kasih atas reaksinya, melewati, saya melewati beberapa teman ya di 'institusi' negara ini, terima kasih sudah diganti tiketnya ini, jam 9, 7152 ID, hotelnya belum (diganti), sekarang sudah jam 7 dan saya sudah sekitar gate, trauma akan kejadian kemarin," ungkapnya.

Kendati begitu, dia menginginkan ada pembicaraan lebih lanjut dengan maskapai yang mayoritas memegang rute penerbangan di Indonesia tersebut. Tujuannya, sebagai perbaikan kinerja dari maskapai.

"Agar ini tak terulang dan kemudian juga sleuruh masyarakat yang jadi pelanggan anda terpuaskan menjadi perusahaan yang maju, kredibel, penerbangan yang bisa diandalkan masyarakat indonesia. Sampai ketemu di Jakarta," bebernya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.