Sukses

Miliarder Elon Musk Cuma Punya Waktu Sampai Pekan Ini, Putuskan Jadi Tidak Beli Twitter Rp 684 Triliun atau Lanjut Sidang

Seperti yang diketahui, Musk pada bulan April setuju untuk membeli Twitter (TWTR) seharga USD 54,20 per saham yang bereda. Lalu beberapa minggu kemudian, berusaha untuk mengakhiri kesepakatan.

Liputan6.com, Jakarta Waktu terus berjalan bagi miliarder Elon Musk untuk segera menyelesaikan kesepakatannya membeli Twitter. Orang terkaya dunia  pemilik Tesla itu hanya punya waktu sampai pukul 5 sore pada Jumat pekan ini untuk menutup akuisisi senilai USD 44 miliar atau sekitar Rp 687 triliun atau menghadapi persidangan yang sebelumnya tertunda.

Seperti yang diketahui, Musk pada bulan April setuju untuk membeli Twitter (TWTR) seharga USD 54,20 per saham yang bereda. Lalu beberapa minggu kemudian, berusaha untuk mengakhiri kesepakatan.

Dia awalnya mengutip kekhawatiran atas prevalensi bot di platform dan kemudian menambahkan klaim dari pelapor perusahaan. Twitter (TWTR) menggugatnya untuk menindaklanjuti akuisisi tersebut.

Akhirnya kedua belah pihak berada di tengah-tengah proses litigasi yang kontroversial. Alhasil perlu mempersiapkan persidangan yang sudah dimulai pada 17 Oktober ketika Musk mengatakan kepada Twitter bahwa dia ingin melanjutkan dengan menutup kesepakatan dengan harga yang awalnya disepakati.

Hakim yang mengawasi kasus tersebut, Kanselir Pengadilan Kanselir Delaware Kathaleen St. Jude McCormick, memberi kedua belah pihak waktu hingga 28 Oktober untuk menutup kesepakatan atau menghadapi persidangan November.

Dalam minggu-minggu sejak litigasi dihentikan, Twitter tampaknya terus mengambil langkah untuk menutup kesepakatan. Bloomberg pada pekan lalu saja melaporkan bahwa perusahaan telah membekukan akun saham karyawan untuk mengantisipasi penutupan kesepakatan dan mengungkapkan bahwa pengacara untuk Musk dan Twitter sedang mempersiapkan dokumen untuk menutup kesepakatan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Upaya Kedua Belah Pihak

Akan tetapi, justru timbul pertanyaan tentang pembiayaan yang awalnya direncanakan Musk untuk membantu mendanai kesepakatan akan berjalan seperti yang diharapkan setelah dia menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk meremehkan perusahaan dan pasar secara keseluruhan, termasuk untuk saham media sosial, telah menurun. Musk telah beralih ke campuran utang dan pembiayaan ekuitas untuk kesepakatan itu, selain menempatkan uangnya sendiri, sebagian besar kemungkinan dari penjualan saham Tesla miliknya.

Beberapa ahli telah menyarankan bahwa Musk mungkin perlu menjual saham Tesla (TSLA) tambahan senilai miliaran dolar untuk mendanai kesepakatan, sebuah langkah yang menjadi lebih mudah bagi CEO setelah perusahaan melaporkan pendapatan kuartalan minggu lalu – belum lagi lebih mahal setelah penurunan harga saham pembuat mobil baru-baru ini.

Dengan beberapa hari sebelum tenggat waktu, ada juga beberapa kegelisahan di menit-menit terakhir di antara investor dan karyawan Twitter.

Setelah Bloomberg melaporkan, saham Twitter sempat turun sebentar pada Jumat pagi. Mengatakan bahwa pejabat administrasi Biden sedang dalam diskusi awal tentang kemungkinan menundukkan beberapa usaha Musk untuk tinjauan keamanan nasional, termasuk rencana pengambilalihan Twitter.

Namun, pemerintah menolak laporan tersebut, yang mengutip orang-orang yang mengetahui masalah tersebut.

"Kami tidak mengetahui adanya percakapan semacam itu," kata Juru Bicara Dewan Keamanan Nasional Adrienne Watson dalam sebuah pernyataan. Pakar merger dan akuisisi mengatakan bahwa meskipun tinjauan semacam itu dapat memperumit masalah, kemungkinan itu tidak akan memungkinkan Musk keluar dari kesepakatan akuisisi.

 

3 dari 3 halaman

Mengatasi Kekhawatiran Twitter

Secara terpisah, Twitter terpaksa mengatasi kekhawatiran di antara karyawannya tentang nasib pekerjaan mereka setelah The Washington Post melaporkan pada hari Kamis bahwa Musk mengatakan kepada calon investor dalam kesepakatan bahwa ia berencana untuk menyingkirkan hampir 75 persen staf perusahaan.

Menyusul laporan tersebut, Penasihat Umum Twitter Sean Edgett mengirim memo kepada staf yang mengatakan bahwa perusahaan "tidak memiliki konfirmasi tentang rencana pembeli setelah penutupan dan merekomendasikan untuk tidak mengikuti rumor atau dokumen yang bocor, melainkan menunggu fakta dari kami dan pembeli secara langsung," menurut laporan dari Bloomberg.

Musk sebelumnya membahas pengurangan tenaga kerja Twitter secara dramatis dalam pesan teks pribadi dengan teman-teman tentang kesepakatan itu, yang terungkap dalam pengajuan pengadilan, dan tidak mengabaikan potensi PHK dalam panggilan telepon dengan karyawan Twitter pada bulan Juni.

Terlepas dari rencananya yang dilaporkan untuk memusnahkan staf, dan pernyataannya sendiri bahwa dia membayar lebih untuk perusahaan, Musk telah mencoba untuk terdengar optimis tentang potensi Twitter.

“Potensi jangka panjang untuk Twitter, dalam pandangan saya, adalah urutan besarnya lebih besar dari nilainya saat ini,” katanya pada panggilan konferensi Tesla pekan lalu. Dia telah melayangkan beberapa kemungkinan pembaruan produk dan menyarankan Twitter akan menjadi bagian dari aplikasi "semuanya" yang disebut x, mungkin dengan gaya aplikasi populer Cina WeChat.

Tetapi perubahan paling cepat bagi pengguna, jika kesepakatan berhasil, dapat membatasi moderasi konten Twitter dan memulihkan akun yang sebelumnya dilarang dari platform, terutama milik mantan Presiden Donald Trump.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

https://edition.cnn.com/2022/10/24/tech/elon-musk-twitter-acquisition-countdown/index.html

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.