Sukses

Mau Resume Kerja Dilirik HRD? Perhatikan Dulu 3 Hal Ini

Jadi, ada setidaknya tiga istilah yang sebaiknya disertakan pada resume.

Liputan6.com, Jakarta Ketika berbicara tentang resume, ada banyak kecerobohan yang sering dilakukan seseorang saat mengirim lamaran ke sebuah perusahaan. Padahal membuat resume sebaiknya harus tepat jika ingin lolos ke tahap selanjutnya.

Jangan sertakan penilaian diri seperti menuliskan “berorientasi pada detail” atau “pekerja keras”, misalnya. Selain itu, jangan pula sertakan pengalaman yang sudah berlalu cukup lama dan menggunakan kata-kata, seperti “ bertanggung jawab ”, yang bukan cara yang sangat ampuh untuk menggambarkan apa yang Anda lakukan dalam suatu pekerjaan.

“Saya pikir menulis resume yang baik seperti pengoptimalan mesin pencari untuk situs web,” kata penasihat karier Harvard Gorick Ng seperti dilansir CNBC, Kamis (20/10/2022).

Ketika situs web menulis konten, mereka memikirkan istilah atau frasa yang relevan yang akan membantu mesin pencari seperti Google mencatat keberadaannya. “Anda mencoba memberikan sebanyak mungkin kata kunci yang relevan sehingga muncul ke permukaan, baik itu oleh mesin atau oleh mata individu,” lanjutnya.

Jadi, ada setidaknya tiga istilah yang sebaiknya disertakan pada resume. Menurut pakar karier, ini dia tiga istilah tersebut.

Kata-kata dalam deskripsi pekerjaan

Untuk mengoptimalkan, Ng mengatakan, “Kata-kata yang muncul dalam deskripsi pekerjaan, di situs web calon pemberi kerja Anda, dan yang digunakan di lapangan.”

Katakanlah Anda melamar pekerjaan di bidang pemasaran. Ketika membaca deskripsi pekerjaan, Anda mungkin memperhatikan tugas pekerjaan seperti membuat daftar media, menulis siaran pers, dan menyusun blog. Setelah terjun ke peran yang serupa, Anda mungkin menemukan tuntutan serupa.

Jika ini relevan dengan pengalaman kerja, pastikan untuk memasukkannya ke dalam butir-butir deskripsi pekerjaan Anda. Perekrut akan memberi tahu Anda secara spesifik pengalaman industri seperti apa yang mereka cari. Jika Anda memiliki pengalaman itu, penting untuk menyorotinya dalam bahasa mereka sehingga mereka tahu bahwa Anda adalah kandidat yang tepat untuk peran tersebut.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kata kerja yang berdampak

Resume harus menjadi cerminan yang kuat dari pencapaian Anda. Untuk membuat pengalaman kerja Anda menarik, pastikan memulai setiap butir dengan kata kerja bentuk lampau yang spesifik dan dapat ditindaklanjuti, kata Ng.

“Memimpin tim yang terdiri dari lima orang, terkoordinasi di tiga departemen, merancang tiga halaman arahan, membuat, merancang, menulis dan menulis bersama, diterbitkan,” kata Ng sebagai beberapa contoh.

Dia menambahkan bahwa, “Bahkan jika saya tidak melanjutkan dengan yang lain dari kalimat itu, Anda memiliki gambaran tentang apa yang saya lakukan.”

“Dicapai, ditingkatkan, dilatih, dibimbing, dikelola,” adalah beberapa hal lain yang perlu dipertimbangkan, tambah pakar karier di Monster Vicki Salemi.

Angka-angka seperti ‘peningkatan 25 persen’

“Pada akhirnya, setiap perusahaan peduli pada lima hal yang sama,” kata Ng, “lebih banyak, lebih baik, lebih cepat, lebih murah, lebih aman.”

Saat memakai kata kerja memberikan gambaran yang jelas tentang tugas sehari-hari, menggunakan angka tertentu juga dapat menggambarkan apa yang Anda capai dan bagaimana Anda membantu membuat segalanya lebih baik, lebih cepat, dan seterusnya, untuk perusahaan spesifik Anda.

Dalam menuliskannya, tanyakan pada diri Anda, misalnya total penjualan yang setiap bulan atau jumlah klik yang diperoleh pada situs.

Jangan lupa pula tentang persentase dan pertumbuhan. “Ada perbedaan antara mengatakan, ‘mengelola anggaran sebesar USD 10.000’,” kata Ng, “dan dapat mengatakan, ‘menghasilkan USD 10.000, peningkatan 25 persen dari tahun sebelumnya’.”

Pertimbangkan cara komparatif untuk menyajikan data dan pilih salah satu yang terbaik menunjukkan nilai Anda.

Kesimpulannya, resume adalah daftar pencapaian, kata Ng.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.