Sukses

Case Study: Keberhasilan Kampanye Digital Dua Brand E-Commerce Terbaik Indonesia bersama Emtek Digital Menghasilkan 790% dan 866% CTR Uplif

Liputan6.com, Jakarta Berdasarkan Liputan6.com, pemerintah mencatat nilai transaksi ekonomi pada e-commerce pada kuartal I-2022 telah mencapai Rp 108,54 triliun. Capaian tersebut mengalami pertumbuhan 23 persen dibandingkan periode yang sama di tahun lalu.

Data tersebut menunjukkan pandemi telah mendorong percepatan penggunaan teknologi digital di masyarakat. Dengan adanya transformasi digital 4.0 menjadikan suatu ajang tersendiri bagi para e-commerce untuk menunjukkan kualitas terbaik mereka.

Saat momen-momen tertentu, para e-commerce berlomba untuk menghadirkan ragam inovasi, fitur menarik, hingga promo terbaik guna memenangkan persaingan serta mendapatkan hati para konsumen. Dari banyaknya brand e-commerce di Indonesia, terdapat dua brand e-commerce yang sangat terlihat bersaing di tengah masyarakat.

Keduanya memiliki karakteristik dan keunggulan masing-masing di mata para konsumen. Untuk tetap dapat mempertahankan eksistensinya sebagai platform e-commerce terbaik Indonesia, kedua perusahaan ini melakukan sebuah inisiatif untuk meningkatkan kesadaran konsumen akan keunggulan dari masing-masing produk mereka secara digital. 

Dalam usahanya untuk melakukan inisiatif tersebut, kedua brand e-commerce ini bekerja sama dengan Emtek Digital, sebuah perusahaan media digital dengan jaringan publisher lokal yang memiliki pertumbuhan ekosistem media paling pesat di Indonesia.

Emtek Digital yang memiliki keahlian dalam membantu brand menjangkau target audience melalui berbagai platform berbeda diantaranya KLY (situs), Vidio (Over The Top/OTT), dan Bukalapak (e-commerce) juga memiliki kemampuan dalam menyampaikan pesan brand kepada segmentasi audiens yang sesuai dengan target market brand.

Hal ini merupakan paduan kemampuan yang relevan di dunia yang cepat berubah saat ini. Kedua brand e-commerce ini menjalankan sebuah campaign berbasis banner yang berlangsung di KLY menggunakan banner ads inventory dalam waktu 14 hari dengan EMPower, kemampuan audience targeting yang dimiliki oleh Emtek Digital. 

Masing-masing dari kampanye ini menghasilkan 790% dan 866% CTR uplift dibandingkan dengan rata-rata performance CTR di industri yang sama. Dengan menargetkan audiens kedalam jenis kelompok beauty enthusiast dan entertainment love, kedua kampanye ini berhasil mendapatkan hasil yang sama yaitu sejumlah 500 ribu lebih impressi dan memperoleh lebih dari 440 ribu lebih audience react yang mendorong para audiens melakukan pembelian produk digital di masing-masing website mereka.    

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS