Sukses

Total Harta Miliarder India Meroket Melebihi Rp 12 Kuadriliun, Ini Daftar Terbarunya

Liputan6.com, Jakarta Meski sempat lesu, meningkatnya permintaan pasca pandemi akhirnya kembali mendorong perekonomian India bangkit. Bahkan negara ini menggeser posisi Inggris menjadi yang terbesar kelima di dunia.

Berkat itulah kekayaan kolektif para orang tajir atau miliarder di sana meningkat jadi USD 800 miliar atau sekitar Rp 12,2 kuadriliun.

Sementara itu, pasar saham memang turun sedikit dari tahun lalu karena rupee yang melemah, turun 10 persen selama periode yang sama.

Meskipun demikian, kekayaan gabungan dari 100 orang terkaya di India telah tumbuh USD 25 miliar hingga menyentuh USD 800 miliar.

Dilansir dari Forbes, Jumat (14/10/2022), keuntungan itu sebagian besar disebabkan oleh taipan infrastruktur Gautam Adani yang mampu memecahkan rekor hingga mengubah urutan kekuasaan untuk pertama kalinya sejak 2008.

Setelah hampir tiga kali lipat kekayaannya pada tahun 2021, Adani menggandakan kekayaannya tahun ini menjadi USD 150 miliar.

Menjadi pemenang terbesar tahun ini dalam persentase dan dolar, Adani mengumumkan dia akan menginvestasikan USD 100 miliar selama dekade berikutnya, 70 persen darinya untuk energi hijau.

Selain Adani, ada Mukesh Ambani, yang mengendalikan Reliance Industries, raksasa minyak dan gas untuk telekomunikasi.

Dia berada di posisi kedua dengan total harta USD 88 miliar, turun 5 persen dari tahun lalu. Keduanya kini menyumbang 30 persen dari total kekayaan 100 orang terkaya di India.

Disusul posisi ketiga ada lagi raja ritel Radhakishan Damani, yang memiliki jaringan supermarket DMart.

Dia berhasil masuk tiga besar untuk pertama kalinya meskipun kekayaan bersihnya turun 6 persen menjadi USD 27,6 miliar.

Kemudian, keuntungan besar lainnya dari vaksin Covid-19 mendorong baron vaksin India Cyrus Poonawalla membawanya ke posisi keempat dengan kekayaan USD 21,5 miliar.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 3 halaman

Miliarder Baru dan yang Meninggal Dunia

Dari totalnya, setidaknya ada sembilan wajah baru yang masuk daftar tahun ini termasuk tiga dari IPO Falguni Nayar, mantan bankir yang menjadi wanita mandiri terkaya di India setelah mendaftarkan peritel kecantikan dan fesyennya Nykaa.

Kemudian pembuat pakaian etnik Ravi Modi; dan pembuat sepatu Rafique Malik, yang mendaftarkan Metro Brands Desember lalu.

Namun, ada pula tiga anggota daftar terkemuka yang tutup usia di tahun ini. Mereka adalah Rahul Bajaj, patriark keluarga Bajaj yang sakit; Rakesh Jhunjhunwala, sering disebut sebagai Warren Buffet India, yang meninggal tak lama setelah meluncurkan maskapai barunya Akasa Air pada bulan Agustus dan yang istrinya Rekha Jhunjhunwala menggantikannya.

Kemudian tokoh konstruksi Pallonji Mistry, yang putranya berusia 54 tahun Cyrus Mistry meninggal tiga bulan kemudian dalam kecelakaan mobil pada bulan September meninggalkan putra patriark yang lebih tua, Shapoor Mistry, yang memimpin kekayaan keluarga senilai USD 14,2 miliar.

Adapula yang sempat menghilang dan kini telah kembali dalam daftar miliarder India. Ada empat orang, salah satunya Anand Mahindra, yang menciptakan gebrakan dengan meluncurkan SUV listrik.

3 dari 3 halaman

Daftar Miliarder India

Lantas, siapa saja yang kini masuk 10 besar daftar miliarder India 2022? Berikut ini urutannya seperti data terbaru dari Forbes.

10. Bajaj Family

Kekayaan: USD 14,6 miliar

Sumber: Diversifikasi

9. Kumar Birla

Kekayaan: USD 15 miliar

Sumber: Diversifikasi

8. Hinduja Brothers

Kekayaan: USD 15,2 miliar

Sumber: Diversifikasi

7. Dilip Shangvi & Family

Kekayaan: USD 15,5 miliar

Sumber: Kesehatan

6. Savitri Jindal & Family

Kekayaan: USD 16,4 miliar

Sumber: Logam dan Pertambangan

5. Shiv Nadar

Kekayaan: USD 21,4 miliar

Sumber: Teknologi

4. Cyrus Poonawalla

Kekayaan: USD 21,5 miliar

Sumber: Kesehatan

3. Radhakishan Damani & Family

Kekayaan: USD 27,6 miliar

Sumber: Mode dan Ritel

2. Mukesh Ambani

Kekayaan: USD 88 miliar

Sumber: Diversifikasi

1. Gautam Adani & Family

Kekayaan: USD 150 miliar

Sumber: Diversifikasi

 

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS