Sukses

Catat Nih 5 Kebiasaan yang Bisa Bikin Kerja Produktif

Inilah lima tips darinya untuk menjadi seorang yang produktif.

Liputan6.com, Jakarta Hanya karena bekerja penuh waktu bukan berarti tidak bisa mencari kegiatan produktif lain yang bisa dilakukan. Tentu banyak peluang lain yang bisa dilakukan sehingga bisa meningkatkan produktivitas tersebut.

Seperti salah satu Reporter Media & Teknologi Senior CNBC Julia Boorstin yang sudah bekerja selama 16,5 tahun. Dia merasa selalu dikejar waktu karena harus berlomba antara membuat laporan berita, wawancara, panggilan telepon dengan sumber dan sesi brainstorming dengan rekan-rekannya.

Namun di balik itu, Boorstin juga punya kegiatan produktif lain yaitu menulis buku. Dia menulis buku baru berjudul When Women Lead sambil bekerja sebagai reporter CNBC sekaligus membesarkan kedua anaknya.

Lantas, bagaimana dia bisa produktif seperti itu?. Jadi, dilansir dari CNBC, Minggu (15/10/2022), inilah lima tips darinya untuk menjadi seorang yang produktif.

Gunakan gairah dan berhenti menunda-nunda

Setelah enam tahun berkecimpung sebagai penulis majalah, Boorsten secara langsung tahu bahwa waktu yang diperlukan untuk menulis sesuatu akan bertambah untuk memenuhi waktu yang diizinkan dan mudah untuk menghabiskan sore untuk minum teh dan menata ulang meja saya.

Akan tetapi, kariernya di dunia TV yang bergerak cepat membuatnya sadar bahwa harus bisa fokus dan menulis dengan sangat cepat.

Boorsten sangat tertarik dengan topik kepemimpinan wanita dan sangat bertekad untuk menulis buku tersebut, sehingga setiap kali menemukan dirinya mencari makanan ringan di dapur atau menelusuri Instagram, dia akan mencoba untuk menangkap diri sendiri, mengingatkan diri sendiri betapa pentingnya hal ini bagi dirinya.

Menyusun daftar tugas yang akan dikerjakan

Jika tidak tahu persis apa yang harus dilakukan terlebih dahulu, Boorsten biasanya menggunakan waktu satu jam untuk mengejar email dan artikel meskipun itu bukan prioritas utama. Dia mengatakan bahwa jika pada akhir setiap hari membuat daftar hal-hal yang ingin dicapai selanjutnya untuk menulis, maka itu bisa menjadi jauh lebih efektif.

Jika memiliki waktu setidaknya dua jam setelah menidurkan anak-anak, Boorsten bsia segera mengerjakan prioritas utama itu tanpa teralihkan dengan tugas-tugas lain yang tidak terlalu mendesak. Dia juga sadar bahwa membuat daftar akhir hari itu membantunya untuk mulai memikirkan proyek-proyek dan membuatnya tidak takut ketika dirinya mengerjakan tugas tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mengatur waktu

Setiap orang memiliki waktu ketika merasa otak bekerja dan kreativitas mengalir. Bagi Boorston -sendiri itu dari sekitar jam 6-10 pagi. Sementara itu, dia senang melakukan wawancara dan meninjau transkrip di sore dan malam hari.

Jadi, setiap pagi dan hari libur akhir pekan dia akan meminta suaminya untuk menjaga anak-anak sampai siang hari dan memanfaatkan waktu sekitar 6 jam itu untuk menulis tanpa gangguan.

Untuk proyek besar, tetapkan banyak tenggat waktu yang lebih kecil

Gagasan memiliki waktu lebih dari satu tahun untuk menulis buku tampak luar biasa. Jadi, dia merincinya dengan menetapkan tenggat waktu kapan akan menyampaikan beberapa bab sekaligus kepada editor.

Saat tidak ada ide, ceritakan

Ketika menulis When Women Lead, sesekali dia merasa buntu untuk mengartikulasikan ide yang kompleks atau mencari cara untuk mengilustrasikan temuan penelitian dengan contoh dalam cerita seorang pemimpin.

Karena sering menemukan proses menjelaskan sesuatu yang rumit kepada audiens yang tidak dikenal — dan mengajukan pertanyaan tentang hal itu — itu membantu saya mengetahui cara mengatasinya dengan lebih baik. Boorston juga menemukan bahwa solusi untuk pertanyaan tersulit sering kali datang ketika sedang berjalan-jalan atau berlari, atau di kamar mandi. Benar-benar menjernihkan pikiran dari stres dan tekanan karena kebutuhan untuk menemukan solusi yang bisa menciptakan ide-ide.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.