Sukses

Sail Tidore 2022 Incar Didatangi 50 Ribu Pengunjung dalam 4 Hari

Gelaran Sail Tidore 2022 skala internasional ini akan digelar pada 24-29 November 2022.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Periwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menargetkan ada sekitar 50 ribu pengunjung ke gelaran Sail Tidore 2022. Dengan begitu, bisa memberikan dampak yang cukup besar ke sektor pariwisata Tidore.
 
Untuk diketahui, gelaran kapal layar skala internasional ini akan digelar pada 24-29 November 2022. Ajang ini mengambil tema Sail Tidore: Kota Warisan Dunia Perekat Bangsa-Bangsa.
 
"Target kunjungan sedang kita finalisasi tapi ini bisa menarik kunjungan antara 30-50 ribu kunjungan ke Sail Tidore ini dalam empat hari," katanya saat ditemui usai Peluncuran Sail Tidore 2022, di Kementerian Perdagangan, Selasa (11/10/2022).
 
Sandiaga menyatakan dukungannya trrhadap gelaran ini. Apalagi, hal ini bisa berdampak positif terhadap pariwisata di sektor bahari. 
 
Dia mengaku, kedepannya, target kunjungan pariwisata Indonesia bisa ikut meningkat. Apalagi pemerintah telah mencatat ada pergerakan wisatawan baik domestik dan mancanegara mencapai 700 juta pergerakan orang.
 
"Oleh karena itu sesuai dengan apa yang disampaikan Bapak Presiden bangga berwisata di Indonesia, Sail Tidore akan menjadi salah satu event yang akan kita unggulkan sebagai ikonik event," ujarnya.
 
Ajang yang menampilkan kapal layar besar ini pun akan sedikit dimodifikasi oleh Sandiaga. Misalnya, turut menyertakan kapal-kapal nelayan yang dipercantik sesuai dengan tema acara.
 
"Dan juga produk-produk ekonomi kreatif yang akan ditampilkan seperti kuliner khas maluku tara maupun juga fashion dan kerajinan tangan," ungkapnya. 
 
 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cocok untuk Anak Muda

Sandiaga menilai gelaran ini cocok dengan anak muda. Apalagi dengan karakter anak muda yang suka 'healing' dengan berwisata.
 
"Kami juga melihat bahwa ini geliat di Maluku Utara sebagai provinsi terbahagia ini cocok buat healing, karena anak-anak muda suka mau healing. Healing ini kita ingin tawarkan ke Sail Tidore karena mau healing tapi enggak bikin kantong kering ya datang ke Tidore mengikuti Sail Tidore ini," bebernya.
 
Hingga saat ini persiapan terus dilakukan, baik dari sisi infrastruktur dan persiapan lainnya. Di sisi lain, pihaknya juga memberikan berbagai pelatihan bagi masyarakat di Tidore.
 
"Masyarakat lokal terus kita berikan pelatihan pendampingan kebetulan wakil walikota Tidore ini adalah pengurus Gekraf gerakan ekonomi kreatif nasional yang kita angkat sebagai bagian dari pada komunitas untuk menyambut Sail Tidore ini. Jadi kami optimis yakin, ini bagian daripada penciptaan 1,1 juta lapangan kerja baru di tahun ini di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," pungkasnya.
 
 
3 dari 4 halaman

Luncurkan Sail Tidore 2022

 
Pemerintah menggelar Sail Tidore 2022. Peluncuran gelaran ini dilakukan di Kementerian Perdagangan, Selasa (11/10/2022).
 
Acara akan diselenggarakan pada 24-29 November 2022 dengan tema Tidore: Kota Warisan Dunia, Perekat Bangsa-bangsa.
 
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengatakan, Sail Tidore 2022 merupakan rangkaian Sail Indonesia yang ke-12. Dengan sisa waktu yang sangat singkat, Zulkifli berharap Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bisa melakukan percepatan pembangunan infrastruktur penunjang gelaran Sail Tidore 2022.
 
Zulkifli menyampaikan, Sail Tidore 2022 diharapkan menjadi momentum pemulihan ekonomi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif pasca terhantam pandemi Covid-19. Selama pandemi, agenda tahunan Sail Indonesia tidak digelar.
 
"Alhamdulillah akhirnya kita dapat launching kegiatan ini setelah kegiatan ini tertunda dari tahun sebelumnya akibat pandemi Covid-19," ujar Zulkifli di kantor Kementerian Perdagangan, Selasa (11/10/2022).
 
 
4 dari 4 halaman

Minta PUPR Sukseskan Infrastruktur

 
Sebagai kota yang berada paling timur di Indonesia, infrastruktur Tidore belum cukup intensif dibandingkan dengan kota-kota besar.
 
Dia Zulkifli meminta Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk secara cepat membantu infrastruktur di Tidore jelang perhelatan Sail Tidore 2022 yang mengusung tema Tidore Kota Warisan Dunia Perekat Bangsa-Bangsa.
 
Zulkifli menuturkan, jasa Tidore bagi persatuan Indonesia sangat besar. Bukti peran Tidore dalam menyatukan bangasa Indonesia adalah tersebarnya kerajaan-kerajaan Islam di hampir seluruh wilayah Indonesia.
 
Tak hanya Islam, penyebaran agama kristen di Indonesia juga terdapat kontribusi oleh kerajaan Tidore dulu.
 
Seiring dengan masuknya masa penjajahan dari Bangsa Belanda, imbuh Zulkifli, pembangunan di Tidore menjadi tertinggal.
 
"Pak Menteri PU, tolong dibantu agar biar sukses ini pak, jasa Tidore, Ternate ini luar biasa, betul ini," ungkap dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.