Sukses

Jersey 'Last Dance' Michael Jordan Pecah Rekor, Terjual Rp 151 Miliar

Jersey yang dikenakan oleh Michael Jordan pada pertandingan pertama Final NBA 1998 telah terjual dengan harga fantastis.

Liputan6.com, Jakarta Jersey yang dikenakan legenda bola basket Michael Jordan pada pertandingan pertama Final NBA 1998 telah terjual seharga USD 10,1 juta atau setara dengan Rp 151 miliar di sebuah rumah lelang Sotheby's di New York, Amerika Serikat, Kamis, 15 September 2022.

Dilansir dari CNBC Senin (19/9/2022), Harga tersebut membuat jersey itu memecahkan rekor untuk memorabilia olahraga yang dikenakan dalam pertandingan dan merupakan barang Jordan termahal yang pernah dijual, melampaui kartu bertanda tangan yang pernah terjual seharga USD 2,7 juta atau setara Rp 40 miliar.

Sotheby's sebelumnya mengharapkan tawaran pemenang sebesar USD 5 juta, namun 20 tawaran mendorong harga menggandakan perkiraan itu.

Pada saat Final 1998 Jordan mengenakan Jersey itu dalam perjalanannya memenangkan NBA keenamnya bersama Chicago Bulls, yang dikenal dalam serial TV populer "The Last Dance."

Saat itu Final Game ini menjadi pertandingan yang paling banyak ditonton dalam sejarah, karena pemirsa di seluruh dunia menonton untuk melihat penampilan terakhir sang bintang dengan orang-orang seperti Phil Jackson, Scottie Pippen, Dennis Rodman dan Steve Kerr.

Pertandingan itu berlangsung di Utah dan Bulls mengenakan kaus tandang merah ikonik mereka. Bulls kalah dalam permainan yang menampilkan jersey senilai $ 10,1 juta ini, jatuh ke Utah Jazz meskipun Jordan mencetak 33 poin.Tim yang dipimpin Jordan akhirnya mengambil seri 4-2, dan Jordan meraih MVP NBA Finals keenamnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kalahkan Jersey Diego Maradona

Jersey Chicago Bulls ini, berhasil mengalahkan rekor harga jersey yang dipakai Pesepakbola, Diego Maradona ketika ia mencetak gol kontroversial “Hand of God” melawan Inggris di Piala Dunia 1986 terjual seharga USD 9,3 juta atau setara Rp 139 miliar.

Pada saat mengumumkan penjualan jersey Jordan pada hari Kamis lalu.Sotheby's juga melaporkan "generasi kolektor baru". Selain koleksi fisik, rumah lelang yang berbasis di New York itu juga telah mendorong untuk memodernisasi, melelang NFT dan bahkan membual lokasi metaverse-nya sendiri.

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.