Sukses

Hemat Listrik, Properti Ramah Lingkungan Kian Diburu Konsumen

Hunian ramah lingkungan kini semakin dilirik oleh konsumen.

Liputan6.com, Jakarta Hunian ramah lingkungan kini semakin dilirik oleh konsumen. Hal ini membuat para pengembang berlomba-lomba untuk membangun proyek properti berkonsep lingkungan.

Hal tersebut diungkapkan Chief Marketing Officer ASYA Irma Gunawan Tjandra. Dia menjelaskan, saat ini pihaknya tengah mengembangkan proyek properti ASYA, sebuah township premium di kawasan Jakarta Timur.

"ASYA melihat potensi besar pada hunian yang memperhatikan nilai ramah lingkungan yang kini semakin dilirik oleh konsumen di kota besar, khususnya Jakarta. Untuk itu, ASYA sebagai bagian dari Astra Land Indonesia selalu bersemangat untuk terus mewujudkan komitmen kami dalam menghadirkan inovasi hunian yang relevan pada kebutuhan masyarakat masa kini," kata dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (11/9/2022).

Mengangkat konsep eco living, ASYA berharap dapat menjawab kebutuhan hunian yang mengutamakan nilai ramah lingkungan untuk kehidupan yang lebih berkualitas.

"Sehingga setiap unit yang dihadirkan oleh ASYA selalu menghadirkan nilai lebih dalammemperkaya pengalaman hunian mereka, dan kini kami mengajak konsumen urban untuk menerapkan gaya hidup eco living pada hunian melalui Cluster Maninjau," tuturnya.

Rangkaian hunian mewah dua dan tiga lantai ini merupakan hasil joint venture antara Astra Property dan Hong Kong Land yang turut didukung oleh fasilitas dan ekosistem kelas dunia terlengkap dan merupakan satu-satunya di wilayah Jakarta Timur.

Memiliki hunian modern dengan unsur ramah lingkungan kini menjadi salah satu kriteria rumah idaman bagi masyarakat urban. Selain karena semakin sadar akan pentingnya menjaga keberlangsungan lingkungan, 48 persen dari masyarakat juga berupaya untuk hidup lebih efisien sehingga mereka semakin terbuka dengan desain rumah yang dapat mendukung hemat energi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Investasi Properti

Berdasarkan alasan tersebut, sebagian dari masyarakat juga tercatat bersedia untuk berinvestasi lebih pada hunian yang memiliki fitur eco-friendly tersebut.

“ASYA memahami bahwa saat ini konsumen semakin sadar akan pentingnya menjaga keberlanjutan lingkungan serta dampak positifnya pada kehidupan mereka sehari-hari, salah satunya adalah untuk dapat lebih hemat dalam penggunaan listrik. Untuk itu, ASYA menghadirkan solusi melalui panel solar pada setiap unit di Cluster Maninjau agar penghuni dapat lebih efisien dengan menekan penggunaan listrik hingga 60 persen serta merasakan hunian eco living secara nyata,” tambah Irma.

Untuk kemudahan akses serta menunjang mobilitas penghuninya, akses pintu tol JORR (Jakarta Outer Ring Road) yang terhubung dengan Tol Dalam Kota hanya berjarak beberapa ratus meter dari kawasan ASYA. Tol Kelapa Gading-Pulo Gebang juga membuat perjalanan Kelapa Gading ke ASYA hanya memakan waktu 10 menit.

3 dari 4 halaman

Menko Airlangga Jabarkan Peran Industri Properti, Sumbang 9,14 Persen ke PDB

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, mengatakan peran penting dari sektor properti dibuktikan melalui kontribusi terhadap PDB pada Q2-2022 yang mencapai 9,14 persen, untuk konstruksi dan 2,47 persen untuk real estate.

Selain itu, pertumbuhan juga ditunjukkan oleh sektor properti pada Q2-2022 dengan capaian yang melampaui level sebelum pandemi sebesar 2,16 persen (yoy) untuk real estate dan 1,02 persen (yoy) untuk konstruksi.

Adapun angka pertumbuhan tersebut didukung adanya peningkatan Indeks Demand Properti Komersial pada Q2-2022 yang sebesar 1,58 persen (yoy).

“Sektor real estate mengalami pertumbuhan penjualan positif sebesar 15,23 perssn (yoy) pada Q2 yang didorong oleh membaiknya seluruh penjualan tipe rumah, terutama rumah tipe besar sebesar 29,86 persen (yoy), rumah tipe kecil dan menengah sebesar 14,44 perseb (yoy) dan 12,25 persen (yoy),” kata dia di Jakarta, Kamis (8/9/2022).

Industri properti terus bertransformasi menjadi salah satu sektor tumpuan bagi perekonomian nasional dalam menyumbang multiplier effect baik dari sisi forward-linkage maupun backward-linkage bagi subsektor industri pendukung lainnya, mempengaruhi perkembangan sektor keuangan, serta menyerap tenaga kerja secara signifikan.

Menurutnya, dengan dampak signifikan tersebut, Pemerintah telah memberikan dukungan melalui berbagai kebijakan seperti pemberian Loan to Value (LTV) dan Financing to Value (FTV) hingga paling tinggi 100 persen untuk kredit properti, bagi bank yang memenuhi persyaratan rasio Non Performing Loan/Non Performing Financing.

Pemerintah juga telah memberlakukan perpanjangan insentif PPN sebesar maksimal 50 persen untuk rumah atau unit dengan harga jual paling tinggi Rp 2 miliar, dan 25 persen untuk rumah atau unit dengan harga jual di atas Rp 2 miliar sampai Rp 5 miliar hingga September 2022.

4 dari 4 halaman

Minta Dukungan

Di sisi lain, berbagai kebijakan yang telah diinisiasi Pemerintah tersebut perlu mendapatkan dukungan berbagai pihak melalui kolaborasi dan inovasi guna mengatasi berbagai tantangan mulai dari konflik geopolitik global, disrupsi rantai pasok, krisis energi, risiko stagflasi, normalisasi suku bunga negara maju, hingga perubahan iklim.

Menko Airlangga juga turut mengapresiasi penyelenggaraan Properti Indonesia Award sebagai bentuk penghargaan bagi pemikiran kreatif dan inovatif dalam upaya mendorong pertumbuhan industri properti di tengah masa pemulihan ekonomi, sehingga diharapkan dapat terus berlanjut dan melahirkan insan pengembang industri properti ke depannya.

”Dengan adanya PIA yang rutin diadakan setiap tahunnya, saya berharap dapat menjadi pemicu semangat para pengembang Indonesia untuk terus berinovasi dan kreatif menghasilkan produk properti yang berkualitas, berkelanjutan, dan bertanggungjawab terhadap lingkungan dan sosial,” pungkas Menko Airlangga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.