Sukses

Rangkaian Acara Pesta Rakyat Simpedes 2022 di Semarang, Banjir Kejutan dan Hiburan!

Acara ini akan menyediakan berbagai edukasi seputar bisnis dan UMKM yang dikemas dalam bentuk kelas UMKM, workshop dan talkshow interaktif.

Liputan6.com, Jakarta Rangkaian kegiatan pergelaran Pesta Rakyat Simpedes (PRS) 2022 telah tiba di kota ke-empat, yakni Semarang, Jawa Tengah. Mengusung tema "Pede Memimpin Perubahan", PRS 2022 mengajak seluruh pelaku UMKM di Indonesia untuk Pede dalam berinovasi dan berbisnis untuk membawa perubahan positif yang signifikan bagi perekonomian di Indonesia. 

Melalui tema tersebut, BRI juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia khususnya nasabah Tabungan BRI Simpedes untuk dapat Pede bekerja, Pede berbisnis dan Pede mengelola keuangan. Seperti diinformasikan sebelumnya, event PRS bertujuan meningkatkan literasi kepada masyarakat dan pelaku UMKM dan menargetkan percepatan transisi digital melalui instalasi layanan pembayaran digital kepada seluruh UMKM yang ikut serta dalam event tersebut.

Direktur Bisnis Mikro BRI, Supari mengatakan BRI berkomitmen untuk selalu beradaptasi melalui inovasi layanan keuangan sesuai kebutuhan masyarakat yang terus berubah.

“Perseroan senantiasa mendorong pelaku UMKM untuk “naik kelas” melalui digitalisasi bisnis. Disamping itu, literasi digital mampu mempercepat proses inklusi keuangan,” terang Supari.

Pawai Internal di 11 Titik Pasar Tradisional

Pada tanggal 14-18 Agustus 2022, rangkaian kegiatan Pesta Rakyat Simpedes dimulai dengan pawai internal yang tersebar di 11 titik pasar tradisional kota Semarang. Melalui kegiatan ini, BRI bermaksud untuk mengedukasi dan mensosialisasikan layanan keuangan berbasis digital yang dapat membantu masyarakat dan pedagang di pasar kota Semarang dalam mengelola bisnis dan keuangannya. 

Kegiatan tersebut disambut positif oleh para pedagang karena memudahkan mereka dalam menerima layanan perbankan tanpa harus meninggalkan kegiatan usahanya.

Rangkaian Acara PRS 2022 di Semarang

 

Rangkaian agenda dilanjutkan ke acara puncak Pesta Rakyat Simpedes yang akan diselenggarakan pada 19-21 Agustus 2022 di Lapangan Stadion Diponegoro, Semarang. Acara ini akan menyediakan berbagai edukasi seputar bisnis dan UMKM yang dikemas dalam bentuk kelas UMKM, workshop dan talkshow interaktif. Selain itu terdapat berbagai tenant UMKM yang menyediakan berbagai produk unggulan mulai dari kuliner, kerajinan tangan, hingga produk fashion dan oleh-oleh khas Semarang. UMKM yang turut serta di Pesta Rakyat Simpedes bukan hanya binaan BRI saja. Tetapi juga diikuti dari UMKM dan juga mahasiswa dari kota Semarang. Dalam proses sosialisasinya, BRI juga melibatkan komunitas-komunitas lokal untuk ikut berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan PRS yang dikemas dalam POJOK X’SIS. 

PRS juga menyediakan booth PEDULI yang dapat dikunjungi oleh seluruh pengunjung PRS, dengan pilihan cek kesehatan gratis, donor darah sampai dengan potong rambut gratis yang dilayani oleh Capster dari barber shop unggulan di Kota Semarang.

Live Performance dari Talenta Lokal hingga Slank

PRS juga akan dimeriahkan oleh penampilan talent dari tanah air di PANGGUNG PRS mulai dari Tasya Rosmala, Nella Kharisma, Nidji, sampai talent lokal seperti Hendra Kumbara, Serempet Gudal, dan Sanggar Srikandi by Izza. Pengunjung juga memiliki kesempatan untuk PANEN berbagai hadiah istimewa yang terdiri dari uang tunai hingga jutaan Rupiah dan doorprize utama berupa satu unit Yamaha Fazzio. 

Agenda lainnya yang juga dilaksanakan bersamaan, yakni PAWAI Budaya pada tanggal 20 Agustus 2022. Pawai Budaya akan dimulai pada jam 14.00 WIB dan akan melibatkan 150 peserta dari berbagai macam komunitas lokal. Rute Pawai dimulai dari titik Kantor Gubernur Jawa Tengah di Jalan Pahlawan sampai di titik akhir Lapangan Stadion Diponegoro. Peserta pawai diisi oleh beragam peserta, diantaranya Marching Band, Naga Barongsai, Komunitas Tari Kesenian Semarang, Warak Dugder, Fashion Carnival, Komunitas Sepeda Tua Kota Semarang, dan Parade Becak.  

Akses Masuk Pakai QRIS BRImo

Untuk hadir dan turut serta dalam event PRS, pengunjung yang telah memiliki aplikasi BRImo dapat masuk dengan melakukan scan sebesar Rp1,- pada QRIS BRImo yang disediakan pada tiket box di area PRS. Adapun pengunjung yang belum memiliki aplikasi BRImo, terdapat area registrasi BRImo di area PRS yang dapat membantu pengunjung dalam melakukan download app dan registrasi. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan literasi digital kepada seluruh pengunjung untuk dapat bertransaksi secara digital selama beraktivitas di area PRS. Seluruh pengunjung juga diwajibkan untuk melakukan scan PeduliLindungi sebelum memasuki area PRS.

Bagi masyarakat yang tidak bisa hadir secara langsung di Semarang, tetap dapat menyaksikan Pesta Rakyat Simpedes 2022 melalui Kompas TV dan kanal Youtube Bank BRI. Untuk informasi lebih lanjut mengenai penyelenggaran BRI Pesta Rakyat Simpedes 2022 dapat diakses melalui http://s.id/PRS2022.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.