Sukses

Lippo Cikarang Dapat Cuan dari Kenaikan Permintaan Pergudangan

Di Jabodetabek, total lahan existing kawasan industri pada Kuartal I 2022 mencapai 2 juta meter persegi dan 45 persen di antaranya berada di kawasan Cikarang.

Liputan6.com, Jakarta - Riset yang dilakukan oleh Jones Lang Lasalle (JLL) Indonesia menyebutkan bahwa pandemi Covid-19 yang mulai mewabah di awal 2020 berdampak besar terhadap sektor properti di Indonesia. Namun, sektor rumah tapak dan pergudangan tetap menunjukan performa yang stabil.

Head of Research JLL Indonesia Yunus Karim dalam webinar Second Quarter 2022 Jakarta Property Market Update menyebutkan bahwa tantangan yang dihadapi oleh sektor rumah tapak dan pergudangan memang tidak sebesar sektor properti lainya seperti apartemen, perkantoran dan ritel.

Oleh karena itu, ketika pandemi mereda, sektor rumah tapak dan pergudangan semakin bertumbuh.

Selain itu, JLL Indonesia menyebutkan bahwa dari seluruh wilayah Jabodetabek, total lahan existing kawasan industri pada Kuartal I 2022 mencapai 2 juta meter persegi dan 45 persen di antaranya berada di kawasan Cikarang.

Tingkat okupansinya juga terus menunjukkan tren yang membaik dengan rata-rata mencapai 93 persen.

"Sebagian besar permintaan kawasan industri pada Kuartal I/2022 terlihat di wilayah Cikarang karena kemudahan akses dan kenyamanan. Hal ini tidak terlepas dari perkembangan infrastruktur yang membuat Cikarang memiliki aksesibilitas maupun fasilitas yang terus berkembang," jelasnya.

Melihat peluang tersebut, anak usaha PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR), yaitu PT Lippo Cikarang Tbk (LPCK), terus mengembangkan dan menjalankan strategi segmentasi industri seiring dengan tingginya permintaan gudang serta pusat logistik.

Pencapaian strategi Lippo Cikarang ini tentu saja berimbas positif kepada kinerja Lippo Karwaci sebagai induk usaha yang memegang 84 persen saham Lippo Cikarang.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lebih Cerah

 

CEO Lippo Karawaci John Riady mengatakan, permintaan lahan industri bertumbuh karena bisnis-bisnis yang telah berkembang melihat peluang melampaui pandemi Covid-19 dan para pemain ekonomi digital yang tumbuh sangat cepat juga memperluas jaringan distribusi, gudang, pusat logistik, serta investasi-investasi lainnya.

"Dua sektor properti yang masih bertumbuh meski di tengah pandemi Covid-19 yaitu rumah tapak dan logistik yang justru semakin meningkat karena terdorong industri e-commerce," jelasnya.

John Riady juga menyampaikan optimismenya terkait dengan industri properti yang dipercaya semakin cerah ke depannya, setelah menunjukkan pemulihan pada tahun 2021.

Di kawasan industri Lippo Cikarang sendiri, tambah John, sekitar 20 persen-30 persen pembeli mengembangkan lahan untuk kebutuhan pergudangan. Di sisi lain, pertumbuhan properti logistik juga didorong oleh kenaikan permintaan atas warehouse atau pergudangan.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini