Sukses

Hai Gen Z dan Milenial, Ikuti 3 Tips Ini Biar Punya Uang Pensiun

Banyak faktor yang mempengaruhi iuran pensiun karyawan, termasuk pendapatan, usia dan berapa lama seorang karyawan telah bekerja.

Liputan6.com, Jakarta Beberapa karyawan paling muda dalam angkatan kerja mungkin tidak cukup hanya dengan menabung demi mengumpulkan dana pensiun yang aman. Jadi, perlu melakukan beberapa cara lainnya sebagai penyeimbang agar hasilnya maksimal.

Seperti di Amerika, karyawan Milenial dan Gen Z di bawah 35 tahun saat ini memiliki rata-rata USD 37.211 dan USD 6.264, masing-masing.

Kemudian mereka menyimpannya dalam rencana pensiun, menurut laporan baru yang dirilis oleh Vanguard, sebuah perusahaan investasi yang mewakili lebih dari 30 juta investor.

Namun, dengan tingkat tabungan total rata-rata 10,5 persen untuk pekerja berusia 25 hingga 34 tahun dan 8 persen untuk pekerja di bawah 25 tahun, karyawan ini kemungkinan tidak cukup menabung untuk memenuhi tujuan pensiun.

“Kami yakin para peserta perlu mencapai tingkat tabungan total 12 hingga 15 persen,” kata John James, Direktur Pelaksana Grup Investor Institusional Vanguard.

Menurut data saldo akun rata-rata dan median berdasarkan usia pada tahun 2021, untuk rencana pensiun Vanguard jauh lebih tinggi karena mewakili jumlah semua saldo akun Vanguard dibagi dengan jumlah total akun, sehingga beberapa outlier dapat mengubah hasil.

Median, di sisi lain, adalah titik tengah. Jadi, setengah dari saldo akun lebih tinggi dan setengahnya lebih rendah. Karena itu, median dianggap lebih mewakili berapa banyak orang yang telah menabung di akun mereka.

Sementara itu, banyak faktor yang mempengaruhi iuran pensiun karyawan, termasuk pendapatan, usia dan berapa lama seorang karyawan telah bekerja.

Karyawan yang lebih tua dengan lebih banyak pengalaman cenderung memiliki saldo akun yang lebih tinggi dibandingkan dengan karyawan yang lebih muda yang baru memulai karir.

Kabar baiknya, beberapa rencana pensiun mencapai rekor tertinggi tahun lalu, menurut Vanguard. Perusahaan investasi mengaitkan tren ini dengan meningkatnya penggunaan fitur otomatis, seperti pendaftaran otomatis dan peningkatan kontribusi tahunan otomatis.

Meskipun opsi “setel dan lupakan” telah sangat meningkatkan kontribusi pensiun karyawan, Vanguard masih percaya “ada lebih banyak yang dapat kami lakukan untuk membantu peserta mencapai kesejahteraan finansial — untuk memiliki keyakinan bahwa kebutuhan pengeluaran jangka pendek tidak akan menghentikan mereka dari mencapai tujuan pensiun jangka panjang mereka”.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara mendapatkan tabungan pensiun

Bagi yang merasa ketinggalan menabung untuk masa pensiun, belum terlambat untuk memulainya sekarang.

Berikut adalah tiga tips yang bisa dilakukan demi meningkatkan dana pensiun menurut Penasihat Kekayaan Senior di Vanguard Nilay Gandhi.

1. Jangan fokus pada saldo akun

“Meskipun mungkin tergoda untuk fokus pada saldo akun Anda, saldo akun sangat dipengaruhi oleh kinerja pasar,” kata Gandhi.

“Jika Anda terlalu fokus pada saldo akun Anda, Anda mungkin tergoda untuk bereaksi terhadap volatilitas jangka pendek dengan mengorbankan tujuan keuangan jangka panjang Anda.”

Sebaliknya, ingatlah bahwa “volatilitas pasar adalah kejadian yang normal dan diharapkan”.

Gandhi mendukung investor untuk berkonsentrasi pada apa yang dapat mereka kendalikan, seperti tingkat tabungan mereka saat ini, pilihan investasi, pengeluaran, dan tujuan jangka panjang.

2. Kontribusi apa yang bisa diberikan

Berapa banyak uang yang dapat Anda hemat, kata Gandhi, adalah salah satu faktor paling berpengaruh dalam membantu Anda mencapai tujuan keuangan jangka panjang Anda.

Namun, Gandhi mengakui bahwa mungkin tampak menakutkan bagi karyawan yang baru memulai karier untuk menabung 12 hingga 15 persen dari gaji yang disarankan.

Tidak apa-apa untuk memulai dengan apa yang Anda mampu. Tapi, “Pastikan untuk menabung setidaknya cukup untuk mendapatkan pasangan penuh dari majikan Anda,” kata Gandhi.

Dari sana, “Tingkatkan tingkat tabungan Anda sebesar 1 persen hingga 2 persen setiap tahun hingga Anda mencapai target tingkat tabungan sebesar 12 persen hingga 15 persen,” jelas dia

 

3 dari 3 halaman

Hal Lain

3. Pertimbangkan Ini

Jika Anda mencari cara tambahan untuk menabung, Gandhi menyarankan untuk membuka  rekening pensiun yang diuntungkan dari sisi pajak.

Kontribusi uang pensiun dipotong dari gaji Anda dan disetorkan sebelum penghasilan Anda dikenai pajak. Saat Anda menarik uang di masa pensiun, penarikan tersebut dikenai pajak dengan tarif pajak Anda saat ini.

Adapula pula sistem yang menginvestasikan uang yang telah dikenakan pajak. Meskipun Anda tidak dapat mengurangi kontribusi tersebut dari penghasilan kena pajak saat ini, penarikan yang dilakukan setelah Anda berusia 59 tidak dikenakan pajak.

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.