Sukses

Harga Emas Dunia Hari Ini Melemah Tersandung Dolar

Dolar melonjak ke level tertinggi dalam 20 tahun, muncul sebagai tempat berlindung yang disukai di tengah meningkatnya risiko ekonomi akhir-akhir ini. Harga emas dunia hari ini pun terdampak.

Liputan6.com, Jakarta Harga emas dunia merosot lebih dari 2 persen. Harga emas hari ini di pasar global mendekati level terendah satu tahun.

Penyebabnya, karena dolar memperpanjang reli tajam harga emas di tengah ekspektasi perihal kenaikan suku bunga tajam dari Federal Reserve terus berkembang.

Melansir laman CNBC, Jumat (15/7/2022), harga emas di pasar spot susut 1,47 persen menjadi USD 1.709,66 per ounce pada penutupan pasar. Adapun harga emas berjangka AS tutun 1,57 persen menjadi USD 1.708,2.

Dolar melonjak ke level tertinggi dalam 20 tahun, muncul sebagai tempat berlindung yang disukai di tengah meningkatnya risiko ekonomi akhir-akhir ini, dengan mengorbankan emas.

“Dolar yang lebih kuat mendorong emas lebih rendah. Setelah data inflasi konsumen, para pedagang telah meningkatkan ekspektasi mereka dari kenaikan suku bunga 75 bps menjadi kenaikan suku bunga 100 bps, “melemahkan emas," kata Philip Streible, Kepala Strategi Pasar di Blue Line Futures di Chicago.

"Emas tidak akan melihat kenaikan kecuali inflasi cukup memburuk untuk menghentikan kenaikan suku bunga atau jika bank sentral lain mulai agresif seperti Fed, dan itu dapat melemahkan dolar," tambah Streible.

Meskipun dianggap sebagai lindung nilai inflasi, namuan daya tarik emas cenderung redup di tengah kenaikan suku bunga. Penyebab hal itu karena emas batangan tidak menghasilkan bunga.

Hal yang membangun alasan untuk kenaikan suku bunga akan terjadi dan bisa menjinakkan inflasi adalah data yang menunjukkan harga konsumen tahunan AS melonjak pada rabu kemarin. Ini menghasilkan kenaikan inflasi tahunan terbesar dalam 40 tahun setengah.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Logam Lainnya

Jim Wyckoff, Analis senior di Kitco Metals memberikan pandangannya."Sebuah fitur di pasar untuk beberapa waktu telah mengapresiasi dolar ... Sejarah menunjukkan fenomena ini dapat tetap di tempat untuk beberapa waktu, hanya membuat greenback lebih kuat," kata dia.

Klaim pengangguran mingguan AS naik untuk minggu kedua berturut-turut, menunjukkan beberapa pendinginan di pasar tenaga kerja di tengah kebijakan moneter yang lebih ketat dan kondisi keuangan.

Di pasar fisik, ekspor perhiasan emas polos konsumen terbesar kedua India ke Uni Emirat Arab melonjak pada Mei.

Adapun harga logam lainnya, seperti perak turun 4 persen menjadi USD 18,4 per ounce. Kemudian harga platinum turun 1,2 persen menjadi USD 844,55 dan paladium merosot 2,65 persen menjadi USD 1.922,43.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.