Sukses

Baru Seminggu Rilis, Minions 2 The Rise of Gru Kantongi Rp 3 Triliun

Liputan6.com, Jakarta - Film animasi garapan Universal and Illumination yaitu Minions : The Rise of Gru telah meraup penghasilan tambahan sebesar USD 93,7 juta atau setara Rp. 1,4 triliun dari pasar internasional.

Penambahan itu membuat film kelima dalam franchise Despicable Me ini mengumpulkan pendapatan sebesar USD 202 juta atau setara Rp. 3 triliun secara global, di akhir pekan perilisannya.

"Dengan kesuksesan 'Minions' yang luar biasa, anggapan bahwa penonton keluarga menghindari bioskop karena kekhawatiran Covid-19 dapat disingkirkan," kata Paul Dergarabedian, analis media senior di Comscore, dikutip dari CNBC International, Senin (4/7/2022). 

Film Minions: The Rise of Gru' pun mewakili 54 persen dari semua penonton bioskop domestik di Amerika Serikat selama akhir pekan, dengan 68 persen pemegang tiket adalah sekelompok keluarga, menurut data dari perusahaan telekomunikasi yang berbasis di Los Angeles, EntTelligence.

"Apa yang diperlihatkan akhir pekan ini adalah kembalinya penonton ke bioskop dengan penuh kesenangan bersama keluarga, meletakkan semua narasi pandemi yang masih ada dan ketinggalan zaman bahwa orang tua dan anak-anak hanya ingin menonton film di rumah," ujar Shawn Robbins, kepala analis di BoxOffice.com.

"Ketika konten yang tepat ditayangkan di sana, orang-orang pasti akan berdatangan," lanjut dia.

Film Minions 2 The Rise of Gru pun diperkirakan masih akan menambah pendapatan setidaknya hingga USD 20 juta atau Rp 300 miliar dalam penjualan tiket di AS dan Kanada. 

Jika tercapai, penambahan ini akan mendukung pendapatan Minions 2 The Rise of Gru selama liburan akhir pekan di kawasan itu menjadi USD 128 juta atau Rp 1,9triliun.

2 dari 3 halaman

Sinopsis Film Minions 2 The Rise of Gru

Minions 2 The Rise of Gru adalah film kelima dalam waralaba Despicable Me – Minions. Terlihat dari judulnya, kali ini Minions dipertemukan dengan dengan Gru masa kecil (Steve Carell).

Seperti apa ceritanya? Simak sinopsis filmnya berikut ini:

Filmnya kembali ke tahun 1976 di California. Sejak kecil, Gru sudah punya ketertarikan soal dunia kaum penjahat. Idolanya, adalah Vicious Six.

Dulu, Vicious Six dipimpin oleh penjahat tua bernama Wild Knuckles (Alan Larkin). Namun ia dikhianati oleh rekannya sendiri, Belle Bottom (Taraji P Henson) yang menyimpan sebuah mustika masa lalu yang begitu kuat. 

Gru cilik tertarik untuk bergabung dengan tim para penjahat ini. Namun hasilnya jauh dari yang ia harapkan. Alih-alih jadi anggota, ia justru ditertawakan.  

Untuk membuktikan kemampuannya, Gru menggodok sebuah rencana. Ia ingin mencuri mustika sakti tersebut dengan bantuan para Minions.

Tapi yang terjadi, benda ini justru hilang. Di sisi lain, Gru masih dikejar-kejar oleh para idolanya. 

3 dari 3 halaman

Perilisan Sempat Tertunda Minions 2 The Rise of Gru

Sekadar informasi, film Minions: The Rise of Gru seharusnya tayang di bioskop pada 3 Juli 2020 lalu. 

Namun seperti banyak film yang senasib saat pandemi mulai melanda, perilisannya akhirnya ditunda hingga kini. 

Selain Steve Carell, Alan Larkin, dan Taraji P Henson, film ini juga diisi suaranya oleh Michelle Yeoh, Julie Andrews, Russel Brand, hingga Jean-Claude Van Damme.