Sukses

Menhub Lantik Dirjen Perhubungan Darat dan Dirjen Perhubungan Laut Baru

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melantik Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat dan Dirjen Perhubungan Laut baru. Selain itu, Menhub juga melantik Staf Ahli Menteri Perhubungan Bidang Keselamatan dan Konektivitas Perhubungan.

Menduduki posisi Dirjen Perhubungan Darat adalah Irjen Pol Hendro Sugiatno. Sebelumnya ia menjabat sebagai Kapolda Lampung. Sedangkan menduduki posisi Dirjen Perhubungan Laut adalah Arif Toha Tjahjagama. Sebelumnya ia menjabat sebagai Sekretaris Direktorat Jenderal (Sesditjen) Perhubungan Laut.

Menhub Budi Karya juga melantik Maria Kristi Endah Murni sebagai Staf Ahli Menteri Perhubungan Bidang Keselamatan dan Konektivitas Perhubungan, yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Angkutan Udara, Ditjen Perhubungan Udara.

Menhub mengatakan, pelantikan dan rotasi jabatan dilakukan dalam rangka memenuhi dinamika kebutuhan organisasi agar dapat mencapai tujuan organisasi yang efektif dan efisien.

“Saya yakin bahwa Bapak dan Ibu yang dilantik pada hari ini adalah insan perhubungan yang memiliki komitmen yang melakukan pekerjaan dengan all out, sungguh-sungguh dan memberikan arti bagi dirinya dan bagi bangsa,” ujar Budi Karya dalam keterangan tertulis, Kamis (30/6/2022).

Menhub berharap, pejabat yang baru dilantik bisa memenuhi target organisasi, serta mengawal keberhasilan program kerja, tidak saja di lingkup Kemenhub tetapi juga mendukung Indonesia Maju sebagai visi misi Presiden.

“Oleh karenanya, kemampuan penyesuaian diri dan kolaborasi harus ditingkatkan. kita memang dari kalangan birokrat, tetapi kita harus cair untuk melaksanakan tugas dengan masyarakat yang kita layani, baik itu stakeholder, pihak swasta dalam dan luar negeri. Selain itu, kita harus melakukan terobosan-terobosan inovatif agar apa yang diamanahkan kepada kita dapat dilaksanakan dengan baik,” tutur Budi Karya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Kemenhub Apresiasi Polri Sukseskan Mudik 2022

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah mendukung kelancaran Mudik Lebaran 2022. Hal tersebut disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi lewat akun Instagram-nya @budikaryas.

Menindaklanjuti hal tersebut, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) pun memberikan penghargaan sebagai bentuk apresiasi atas dukungan penyelenggaraan Mudik Lebaran tahun ini, salah satunya kepada Kepolisian Republik Indonesia (Polri).

"Siang ini (27/6), saya memberikan penghargaan kepada Kementerian/Lembaga (K/L), operator transportasi dan pendukung (BUMN/Swasta), asosiasi, media serta masyarakat, atas dukungan semua pihak yang mendukung kelancaran penyelenggaraan mudik tahun ini," tutur Menhub, dikutip Kamis (30/6/2022).

Menurut Menhub, tanpa kolaborasi dan koordinasi antar pemangku kepentingan dan peran serta masyarakat, maka akan sulit bagi pemerintah untuk menyelenggarakan angkutan Mudik Lebaran yang berjalan dengan baik.

"Tugas ini tidaklah mudah, tanpa kolaborasi yang apik penyelenggaraan angkutan Mudik Lebaran tidak mungkin berjalan dengan baik," lanjut dia.

Menhub memaparkan, hasil survei litbang sebuah media nasional mengindikasikan keberhasilan penyelenggaraan Mudik Lebaran tahun ini dengan tingkat kepuasan publik yang cukup tinggi terhadap kinerja pemerintah dibanding sebelum masa pandemi.

"Selanjutnya capaian ini akan terus kita evaluasi agar penyelenggaraan mudik tahun berikutnya dapat lebih baik lagi," tutup Menhub.

 

3 dari 4 halaman

Menhub Budi Karya Beri Penghargaan ke Para Pendukung Mudik Lebaran 2022

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi memberikan penghargaan kepada sejumlah pihak yang mendukung penyelenggaraan Angkutan Lebaran tahun 2022. Banyak pihak mengakui bahwa penanganan arus mudik dan balik pada Lebaran 2022 berjalan dengan aman dan sehat.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melihat bahwa suksesnya arus mudik dan balik di Lebaran 2022 merupakan hasil kerja kolaborasi semua pihak.

Budi Karya Sumadi menganugerahkan penghargaan kepada sejumlah pihak, baik dari unsur Kementerian/Lembaga (K/L), operator transportasi dan pendukung (BUMN/Swasta), asosiasi, media, dan masyarakat.

“Saya atas nama pribadi dan lembaga, menyampaikan terima kasih atas dukungan yang baik dan kolaborasi yang cair dengan semua pihak yang mendukung kelancaran penyelenggaraan mudik tahun ini,” ujar Budi Karya seperti ditulis Selasa (28/6/2022).

Arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang membolehkan masyarakat untuk mudik pada tahun ini harus dijalankan dengan baik.

“Tugas ini tidak mudah, tanpa kolaborasi yang baik tidak mungkin dapat berjalan. Memang ada satu catatan yang harus kita evaluasi agar penyelenggaraan mudik tahun depan bisa lebih baik lagi,” tuturnya.

Menhub menginginkan, kolaborasi dan kebersamaan dalam penanganan mudik yang baik pada tahun ini, dapat kembali diterapkan dipenyelenggaraan mudik tahun depan.

“Alhamdulillah hasilnya tingkat kecelakaan mudik pada tahun ini menurun. Ini menunjukkan kesadaran masyarakat untuk melakukan mudik dengan aman dan sehat sudah cukup baik. Ini berkat kerja sama kita semua dalam mengkomunikasikan dan mensosialisasikan kebijakan-kebijakan mudik,” ucapnya.  

4 dari 4 halaman

Penerima Penghargaan

Sejumlah pemangku kepentingan yang mendapatkan penghargaan diantaranya: dari unsur K/L yakni: Kemenko PMK, KemenPUPR, Korlantas Polri, Kemenkes, Kominfo, Basarnas, BMKG, dan KNKT.

Kemudian, dari unsur operator BUMN dan Swasta yakni: Jasa Marga, Pertamina, ASDP Indonesia Ferry, AP I, AP II, Pelindo, Pelni, Garuda Indonesia, KAI, Airnav Indonesia, Rapi, Astra, PT Sinar Jaya Megah Langgeng, PT Lion Mentari Airlines, PT Dharma Lautan Utama, dan Hutama Karya.

Selanjutnya diberikan pula penghargaan kepada sejumlah media nasional baik cetak, online maupun televisi, seperti: Kompas, Media Group, MNC Group, Trans Group, Emtek Group termasuk di dalamnya Liputan6.com, Antara, TVOne, Republika, Bisnis Indonesia, SWA, dan sejumlah media lainnya.

Kinerja penanganan mudik pada tahun ini mendapat penilaian positif dari sejumlah pihak baik dari Presiden, DPR, dan masyarakat.