Sukses

Hati-Hati, Ada Penipuan Atas Nama Program Promo KAI

Liputan6.com, Jakarta - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI meminta masyarakat waspada terhadap kejahatan scam atau phishing yang beredar di media sosial dan grup chat, yang mengatasnamakan program promo KAI.

VP Public Relations KAI Joni Martinus menyampaikan, link penipuan yang beredar tersebut memiliki alamat seperti biscuitfabrication.top, conceptualcnfide.top, flamestaple.top, dan cleansecredential.top.

Joni juga meminta masyarakat untuk waspada pada tautan secretaryhardy.top, cleansecredential.top, flamestaple.topm conceptualcnfide.top, dan beberapa lainnya.

"Masyarakat jangan klik link tersebut dan jangan mengikuti langkah yang disampaikan. Bahkan hingga memberikan data ke website tersebut," tegas Joni dalam keterangan resmi yang dikeluarkan PT KAI (Persero), Minggu (5/6/2022).

Selain itu, ia pun meminta masyarakat untuk tidak menyebarluaskan link atau tautan mencurigakan yang mengatasnamakan KAI tersebut.

Sebab dikhawatirkan, dalam link tersebut terdapat malware atau virus dalam arti tindakan terencana yang bertujuan mencuri uang dengan cara mengakali, membohongi, menipu pihak lain, serta mengambil data pribadi melalui virus.

"Diharapkan berhati-hati terhadap info dan promosi yang mengatasnamakan KAI. Informasi resmi terkait promo dapat dipantau melalui website kai.id atau media sosial KAI121," tutup Joni Martinus.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 4 halaman

Cek Fakta: Tidak Benar KAI Bagikan Rp 20 Juta dengan Syarat Isi Kuesioner

Cek Fakta Liputan6.com mendapati informasi PT Kereta Api Indonesia atau KAI (Persero) membagikan uang Rp 20 juta dengan mengisi kuesioner.

Informasi PT KAI bagikan uang Rp 20 juta dengan mengisi kuesioner beredar lewat aplikasi percakapan WhatsApp, berupa tautan sebagai berikut "merchandisecompress.top/Indonesianlways/tb.php?nzalyoim1654405026585"

Jika di klik tautan tersebut mengarah pada halaman situs yang berisi tulisan sebagai berikut.

"🎉Indonesian Railways Company Transport Allowance!🎊                                                                  5 June, 2022

Congratulations!

Indonesian Railways Company Transport Allowance!

Through the questionnaire, you will have a chance to get 20000000 Rupiah ."

Dalam halaman situs tersebut mengarahkan mengisi pertanyaan yang telah ditentukan.

Benarkah informasi PT KAI bagikan uang Rp 20 juta dengan mengisi kuesioner? Simak hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

3 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim PT KAI bagikan uang Rp 20 juta dengan mengisi kuesioner, dalam keterangan tertulis berjudul "Hati-Hati Penipuan Mengatasnamakan Program Promo KAI" yang dimuat dalam situs resmi PT KAI kai.id.

Dalam keterangan tertulisnya KAI mengingatkan kepada masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap kejahatan scam/Phishing yang beredar di media sosial dan grup chat.

Link penipuan yang beredar tersebut memiliki alamat seperti http://biscuitfabrication.top, http://conceptualcnfide.top, http://flamestaple.top, http://cleansecredential.top, dan lainnya

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, agar masyarakat jangan klik link tersebut dan jangan mengikuti langkah yang disampaikan, bahkan hingga memberikan data ke website tersebut. Kemudian juga jangan menyebarluaskan link/ tautan mencurigakan tersebut.

Dikhawatirkan dalam link tersebut terdapat malware/virus/scam dalam arti tindakan terencana yang bertujuan mencuri uang dengan cara mengakali, membohongi, menipu pihak lain, serta mengambil data pribadi melalui virus.

"Diharapkan berhati-hati terhadap info dan promosi yang mengatasnamakan KAI. Informasi resmi terkait promo dapat dipantau melalui website kai.id atau media sosial KAI121," tutup Joni Martinus. 

 

Sumber:

https://www.kai.id/information/full_news/5345-hati-hati-penipuan-mengatasnamakan-program-promo-kai

 
4 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com klaim PT KAI bagikan uang Rp 20 juta tidak benar.

Dikhawatirkan dalam link tersebut terdapat malware/virus/scam dalam arti tindakan terencana yang bertujuan mencuri uang dengan cara mengakali, membohongi, menipu pihak lain, serta mengambil data pribadi melalui virus.