Sukses

Mega Eltra Selesaikan Proyek Terowongan Tol Cisumdawu

Liputan6.com, Jakarta Melalui anak perusahaannya, PT Sigma Utama, PT Mega Eltra telah menyelesaikan pekerjaan Proyek Pengecatan Twin Tunnel tol Cisumdawu sepanjang 2x500 meter atau seluas 24.000 meter². Proyek ini merupakan hasil dari dari Joint Operation MCC-WIKA-NINDYA-WASKITA dengan nilai proyek Rp 4,2 miliar.

Lokasi Terowongan Kembar (Twin Tunnel) Cisumdawu ini berada di Jalan Tol Cileunyi - Sumedang - Dawuan (Cisumdawu) di Jawa Barat.

Dundi Insan Perlambang, Direktur Keuangan & SDM PT Mega Eltra selaku Pembina anak perusahaan PT Sigma Utama menjelaskan bahwa PT Sigma Utama melakukan pengecatan di section II yaitu area Rancakalong - Sumedang, Desa Rancakalong, Kabupaten Sumedang, Propinsi Jawa Barat.

"Pengecatan sendiri dilakukan sepanjang 17,05 km yang diselesaikan pada bulan Desember 2021 dengan menggunakan cat jenis Protective, produk unggulan Sigma Utama," katanya, Rabu (18/5/2022)

Sebagai satu-satunya Ex BUMN yang bergerak dalam bidang industri cat, PT Sigma Utama memproduksi jenis cat heavy duty protective coating and painting untuk keperluan kelautan, perkapalan dan bangunan lepas pantai atau dikenal dengan MOPC (Marine, Off shore and Protective Coating).

Dimana pabriknya dilengkapi dengan peralatan dan mesin berstandar modern, gudang, laboratoium QC, Riset dan Pengembangan (R&D), instalasi pengolahan limbah, dan lahan terbuka hijau.

 

2 dari 4 halaman

Sertifikat ISO

PT Sigma Utama telah mendapat sertifikat ISO 9001 dan 14001 dan mendapatkan penghargaan sebagai industri hijau dari Kementerian BUMN dan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia.

Disamping menjalankan bisnis utamanya, PT Sigma Utama melaksanakan pengembangan usahanya di bidang Pengaplikasian Cat yang didukung tenaga Teknis dan Teknisi Cat & Inspektur Pengecatan yang bersertifikat serta melaksanakan Pewarnaan Pupuk untuk pelapisan dan pewarnaan pada butiran pupuk.

Sementara itu keberadaan Terowongan Cisumdawu tersebut selesai pada akhir tahun 2021 dan akan memberikan akses yang optimal di Propinsi Jawa Barat khususnya di area Sumedang.

Tol Cisumdawu merupakan jalan tol terpanjang dan pertama di Indonesia yang jalurnya menembus bukit, jalan tol tersebut apabila dilihat secara visual dari berbagai sisi, menjadikannya salah satu jalan tol terindah yang berada di Indonesia.

3 dari 4 halaman

Lewat Tol Cisumdawu Seksi 1 Sudah Harus Bayar, Simak Rincian Tarifnya

Setelah diresmikan pada 24 Januari 2022 dan masih beroperasi gratis, Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan atau Tol Cisumdawu Seksi 1 Cileunyi-Pamulihan kini telah resmi dikenakan tarif.

Ketentuan ini sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Nomor 60/KPTS/M/2022 tentang Penetapan Golongan Jenis Kendaraan Bermotor dan Besaran Tarif Tol Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan Seksi I (Cileunyi-Pamulihan).

Mengutip informasi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Sabtu (12/2/2022), Jalan Tol Cisumdawu Seksi 1 mulai bertarif sejak 11 Februari 2022 pukul 00.00 WIB.

Tol Cisumdawu Seksi 1 sendiri terdiri dari dua bagian, yakni ruas Cileunyi-Jatinangor dan Cileunyi-Pamulihan. Keduanya punya besaran tarif yang berbeda-beda tergantung golongan kendaraan.

Berikut rincian tarif Tol Cisumdawu Seksi 1 sesuai ruas dan golongan kendaraan:

1. Ruas Cileunyi-Jatinangor

- Golongan 1, Rp 6 ribu

- Golongan 2, Rp 9 ribu

- Golongan 3, Rp 9 ribu

- Golongan 4, Rp 12 ribu

- Golongan 5, Rp 12 ribu

2. Ruas Cileunyi-Pamulihan

- Golongan 1, Rp 11 ribu

- Golongan 2, Rp 17 ribu

- Golongan 3, Rp 17 ribu

- Golongan 4, Rp 22 ribu

- Golongan 5, Rp 22 ribu.

4 dari 4 halaman

Total Ruas Jalan Tol

Secara total, Jalan Tol Cisumdawu memiliki enam seksi, dimana Seksi 1 ruas Cileunyi-Pamulihan punya panjang 11,45 km.

Disusul Seksi 2 Pamulihan-Sumedang (17,05 km), Seksi 3 Sumedang-Cimalaka (4,05 km), Seksi 4 Cimalaka-Legok (8,20 km), Seksi 5 A&B Legok-Ujung Jaya (14,9 km), dan Seksi 6 A&B Ujung Jaya-Dawuan (6,06 km).

Seluruh seksi Tol Cisumdawu ini target selesai konstruksi dan siap beroperasi pada pertengahan 2022 mendatang.