Sukses

Peserta Kartu Prakerja Gelombang 26 Segera Beli Pelatihan, Besok Saldo Hangus!

Liputan6.com, Jakarta - Para peserta Kartu Prakerja Gelombang 26 diminta untuk segera membeli pelatihan pertama mereka. Hal ini harus dilakukan karena batas waktu penggunaan saldo pelatihan Kartu Prakerja adalah Selasa 17 Mei 2022 pukul 23.59 WIB.

Soal batas akhir pembelian pelatihan Kartu Prakerja untuk gelombang 26 ini diunggah dalam akun resmi instagram @prakerja.go.id.

Berikut isi lengkapnya:

"REMINDER peserta gelombang 26

Hari ini adalah batas terakhir untuk menggunakan saldo pelatihan hingga pukul 23:59 WIB.

Jika hingga batas waktu sobat belum melakukan pembelian pelatihan, maka kepesertaan akan dicabut dan tidak bisa digunakan lagi.

Banyak yang mengeluh karena tidak sadar akan info ini, maka bantu sesama dengan membagikan info ini ke sobi-sobi lainnya ya!#SiapDariSekarang"

Perhatikan apa saja yang harus dilakukan setelah resmi jadi penerima Kartu Prakerja:

1. Cek dashboard Prakerja

- Catat 16 angka Nomor Kartu Prakerja

- Pastikan saldo pelatihan sudah tersedia

2. Gunakan fitur "Cari Pelatihan" untuk mencari pelatihan Kartu Prakerja Gelombang 23 yang tersedia di Kemnaker, Bukalapak, Tokopedia, Pijar, Pintaria, Karier.mu

3. Cek deskripsi mencakup info mengenai harga pelatihan, rating, durasi pelatihan, tingkat materi, dan juga cara mengajar sebagai pertimbangan sebelum membeli

4. Beli pelatihan dan bayar pelatihan dengan Nomor Kartu Prakerja.

5. 30 hari adalah batas pembelian pelatihan sejak menerima pengumuman yang ada di dashboard. Jangan sampai kelewatan karena setelah itu peserta Kartu Prakerja gelombang 23 tidak akan bisa membeli pelatihan lagi.

 

2 dari 3 halaman

Harus Diperhatikan

 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk bisa mengikuti pelatihan Kartu Prakerja:

1. Kartu Prakerja tidak diberikan dalam bentuk fisik. Gunakan 16 angka Nomor Kartu Prakerja untuk proses pembelian pelatihan.

2. Jaga kerahasiaan Nomor Kartu Prakerja agar dapat terus mmembeli pelatihan untuk meningkatkan kompetensi.

3. Pastikan memilih pelatihan secara seksama karena kesempatan untuk mengikuti program ini hanya satu kali saja.

4. Gunakan saldomu untuk membeli pelatihan sebanyak mungkin. Pelatihan kedua hanya bisa diambil jika pelatihan pertama sudah selesai diikuti.

5. kalau masih ada kendala, silahkan menghubungi tim contact center mitra Platform Digital yang dipilih.

 

3 dari 3 halaman

Penyebab Tidak Bisa Akses Pelatihan

Terkadang, peserta juga bisa mengalami kendala untuk mengakses pelatihan yang dibeli. Adapun beberapa penyebabnya adalah sebagai berikut.

1. Tidak Mengingat Kode Voucher: Peserta bisa memeriksa e-mail yang didaftarkan saat membeli pelatihan. Konfirmasi langsung ke platform digital yang menjadi tempat peserta membeli pelatihan.

2. Tidak Mengingat Akun atau Password di Platform Digital dan Lembaga Pelatihan: Peserta bisa mereset password di laman platform digital dan lembaga pelatihan yang digunakan.

3. Belum Menyelesaikan Pelatihan Sebelumnya: Peserta harus menyelesaikan pelatihan sebelumnya terlebih dahulu agar bisa melakukan akses ke pelatihan berikutnya.

Sebagai tambahan informasi, pengembalian saldo pelatihan yang tidak bisa diakses ditentukan berdasarkan kebijakan tiap-tiap platform digital. Peserta bisa menghubungi customer service untuk menyelesaikan kendala tersebut.