Sukses

Jejak Karir Bilqis Prasista yang Mampu Tekuk Pemain Nomor 1 Dunia di Piala Uber 2022

Liputan6.com, Jakarta - Nama Bilqis Prasista tengah menjadi perbincangan hangat di media sosial, setelah berhasil mengalahkan tunggal putri Jepang, Akane Yamaguchi di Piala Uber 2022.

Keberhasilannya mengalahkan pemain nomor satu dunia menarik hati para pecinta olahraga bulu tangkis Tanah Air.

Bilqis dan Akane bertemu pada laga perdana babak penyisihan grup A yang mempertemukan Indonesia dan Jepang, pada laga pembuka di Impact Arena, Bangkok, pada Rabu pagi (11/5.

Tidak disangka, meski menempati peringkat 333 dunia, Bilqis berhasil menang 21-19, 21-19 atas Akane.

"Saya tidak menyangka bisa menang atas Akane. Karena dia itu pemain nomor satu dunia dan memiliki prestasi banyak. Tadi strategi saya hanya bagaimana membuat dia lari terus. Juga saya harus siap tahan dan semangat," ungkap Bilqis dalam kutipan wawancara yang dikirimkan PBSI ke Liputan6.com, dikutip Rabu (11/5/2022).

Lantas, bagaimana sosok Bilqis Prasista dikenal? 

Tunggal putri Indonesia itu lahir di Magelang, pada 24 Mei 2003.

Ternyata, bakatnya dalam olahraga bulu tangkis diturunkan dari ayahnya, yang juga merupakan legenda bulutangkis Indonesia, Joko Suprianto. 

Joko Suprianto, pernah jadi juara dunia tahun 1993. Sementara ibunya, Zelin Resiana adalah bagian dari tim Indonesia saat menjuarai Uber Cup 1994 dan 1996.

Bilqis juga punya saudara kembar bernama Bilqis Pratista. Keduanya bahkan sama-sama memiliki passion dalam olah raga bulu tangkis dan masuk klub PB Djarum, pada tahun 2018.

Namun baru Bilqis Prasista yang sukses menembus pelantas PBSI pada tahun 2020.

2 dari 3 halaman

Jejak Bilqis Prasista di Bulu Tangkis Tanah Air

Bilqis Prasista mulai menyita perhatian perhatian setelah berhasil memenangkan sejumlah kejuaraan, termasuk Jakarta Junior International Series 2019.

Sebelum tampil di Piala Uber 2022, Bilqis ikut mengantar tim Indonesia menjuarai BATC Malaysia 2022. 

Dia kemudian terpilih menjadi bagian dari tim Thomas dan Uber Indonesia tahun ini.

Selain menjadi tunggal putri, Bilqis selalu memenangkan pertandingan sejak partai pertama Indonesia di grup A.

Pada Uber Cup 2022, saat laga perdana melawan Prancis, Bilqis Prasista sukses menumbangkan Yaelle Hoyaux. Saat itu, Bilqis menang 17-21, 21-14, 21-18.

Kemudian di laga kedua, melawan Jerman, Bilqis juga meraih kemenangan atas Florentine Schoffski.

Dalam laga ini, Bilqis meraih kemenangan dengan skor akhir 21-12, 12-21, 21-7.

Tetapi sayangnya, kemenangan Bilqis atas Akane di Piala Uber 2022 tidak diikuti wakil-wakil Indonesia lainnya. Pada partai ketiga grup A, Indonesia harus menyerah 1-4 dari Jepang. 

3 dari 3 halaman

Bilqis Prasista Ungkap Rahasia Rontokkan Pemain Nomor 1 Dunia di Piala Uber 2022

Tunggal putri Indonesia, Bilqis Prasista tampil mengejutkan di ajang Piala Uber 2022. Pada pertandingan pembuka melawan Jepang di penyisihan grup A, Bilqis menang atas wakil Jepang, Akane Yamaguchi.

Akane dipaksa menyerah oleh Bilqis dengan skor 21-19, 21-19. Kemenangan ini sekaligus jadi poin pertama bagi Indonesia saat bertemu Jepang di Piala Uber 2022.

Bilqis mengaku tidak menyangka bisa menang atas Akane. Selain merupakan tunggal putri nomor satu dunia, Akane juga sudah kenyang pengalaman dan bergelimang prestasi di ajang tepok bulu.

"Saya tidak menyangka bisa menang atas Akane. Karena dia itu pemain nomor satu dunia dan memiliki prestasi banyak," kata Bilqis dalam rilis PBSI yang diterima Liputan6.com, usai pertandingan.

"Tadi strategi saya hanya bagaimana membuat dia lari terus. Juga saya harus siap tahan dan semangat," beber putri pasangan Joko Suprianto dan Zelin Resiana itu menambahkan.

Bilqis memang hanya menyumbang satu poin bagi tim Uber Indonesia. Namun kemenangan atas Akane terasa spesial bagi Bilqis. Apalagi, di rangking BWF Bilqis Prasista terpaut jauh dari Akane.