Sukses

TMII Dibuka Terbatas hingga 8 Mei 2022, Ada 11 Wahana yang Bisa Dinikmati

Taman Mini Indonesia Indah (TMII) merupakan destinasi wisata favorit dan memiliki track record yang cukup eksis dengan kunjungan yang sangat tinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Taman Mini Indonesia Indah (TMII) khusus dibuka selama Hari Raya Idul Fitri 2022. TMII dibuka hanya selama  Sabtu 30 April 2022 sampai dengan 8 Mei 2022.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno pun mengajak masyarakat Jabodetabek yang tidak mudik untuk berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

"Bagi masyarakat Jakarta yang tidak mudik atau mereka yang memang tinggal di sekitar Jabodetabek, salah satu destinasi yang bisa dikunjungi adalah TMII," kata Sandiaga, Senin (2/5/2022).

Dia menyampaikan, saat ini destinasi wisata yang berada di Jakarta Timur itu masih dalam tahap revitalisasi. Namun dalam menyambut momentum libur lebaran, pengelola memutuskan untuk membuka secara terbatas TMII.

"Taman Mini ini merupakan destinasi wisata favorit dan memiliki track record yang cukup eksis dengan kunjungan yang sangat tinggi. Dan hari ini kita melihat langsung proses revitalisasi Taman Mini Indonesia Indah yang memang sudah menjadi ikonis," ucapnya.

Menparekraf menilai meski kawasan TMII masih dalam proses revitalisasi, namun kesiapan pengelola untuk membuka secara terbatas TMII selama libur lebaran sudah cukup baik.

"Saya sudah memantau protokol untuk e-ticket, juga scan QR code, protokol kesehatan dengan menjaga jarak, memakai masker, dan semuanya," bebernya.

Selain TMII dan dua destinasi lain yang sudah menjadi favorit wisatawan seperti Taman Impian Jaya Ancol serta Taman Margasatwa Ragunan, Menparekraf juga merekomendasikan sejumlah destinasi lain yang bisa jadi pilihan masyarakat di Jakarta. Seperti Setu Babakan, Kampung Wisata Pulau Kelapa, Pulau Untung Jawa, Pecinan Glodok, serta beberapa destinasi unggulan lain termasuk wisata belanja.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kuota Pengunjung

 

Direktur Eksekutif TMII I Gusti Putu Ngurah Sedana menjelaskan dalam operasional terbatas ini TMII menetapkan pembatasan kuota pengunjung sebanyak 25 persen atau sekitar 15 ribu orang per hari. Jam operasional dimulai pukul 06.00 – 17.00 WIB.

Sedangkan wahana yang beroperasi juga tidak seluruhnya. Hanya ada 11 wahana yang akan beroperasi selama periode libur lebaran kali ini.

"Dalam menyambut libur lebaran kali ini akan ada 11 wahana yang dibuka, seperti Taman Burung, Museum Komodo, Dunia Air Tawar, Kereta Gantung, Taman Legenda Keong Emas, Skyworld, PP IPTEK, SS Waterpark, Istana Anak-Anak Indonesia, Museum, dan Anjungan Daerah," ujarnya.

Untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung, pengelola TMII, akan menyiapkan kantong-kantong parkir kendaraan.

"Karena sebagian besar pedestrian masih belum selesai. Mudah-mudahan ini bisa memberikan kemudahan dan rasa berlibur yang aman dan lancar bagi wisatawan," tandasnya.

Reporter: Sulaeman

Sumber: Merdeka.com

3 dari 3 halaman

Liburan di Jakarta

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata DKI Jakarta, Andhika Permata mengatakan apa yang disampaikan Menparekraf Sandiaga Uno sejalan dengan program DKI Jakarta menyambut libur Lebaran dengan kampanye Lebaran di Jakarta.

Ia menyebut alternatif wisata di Jakarta. Beberapa di antaranya wisata kuliner, belanja, wisata taman kota, wisata taman atraksi, dan wisata bahari dan Kepulauan Seribu.

"Berkaitan dengan taman wisata, Taman Mini Indonesia Indaah adalah salah satu unggulan kawasan wisata yang berada di Jakarta. Jika mas Menteri punya histori dengan Taman Mini Inddonesia Indah, kami pun begitu, Mas Menteri. Kami sempat lomba tata upacara bendera di Tugu Api Pancasila sehingga kami punya histori sendiri," ucap Andhika. "Saya mengajak masyarakat untuk liburan di Jakarta," imbuhnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.