Sukses

Intip Ketenaran Kopiko, Bikin Saham Mayora Naik Usai Mejeng Bareng Elon Musk

Saham Mayora Indah (MYOR) mencatat kenaikan signifikan setelah beredarnya foto Menko Luhut dan Elon Musk memegang permen Kopiko.

Liputan6.com, Jakarta - Produk permen Kopiko, menjadi sorotan warganet setelah beredarnya foto pertemuan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dengan bos Tesla, Elon Musk, di mana keduanya memegang sebungkus permen tersebut.

Seiring beredarnya foto Menko Luhut dan Elon Musk memegang permen Kopiko, saham PT Mayora Indah Tbk (MYOR) mencatat kenaikan signifikan.

Diketahui bahwa permen Kopiko merupakan salah satu brand makanan yang diproduksi oleh PT Mayora Indah Tbk (MYOR).

Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Jodi Mahardi membenarkan adanya kopiko dalam sela-sela pertemuan Menko Luhut dan Elon Musk di Gigafactory Tesla di Austin, Texas, Amerika Serikat.

"Betul. Itu bagian dari upaya Pak Luhut promosikan produk Indonesia saja. Kopiko sekarang sudah masuk ke International Space Station (ISS),” ungkap Joni kepada Liputan6.com, dikutip Rabu (27/4/2022).

Mengutip data RTI, saham Mayora menguat 7,36 persen ke posisi Rp 1.750 per saham pada Selasa (27/4).

Saham MYOR dibuka naik 20 poin ke posisi Rp 1.650 per saham.

Saham MYOR berada di level tertinggi Rp 1.755 dan terendah Rp 1.630 per saham. Total frekuensi perdagangan 8.645 kali dengan volume perdagangan 262.624 saham. Nilai transaksi Rp 44,9 miliar.

Bahkan sebelum disorot karena muncul di pabrik Tesla, Kopiko sudah menjadi salah satu produk lokal yang cukup dikenal di luar negeri.

Produk permen Kopiko yang ikonik di Indonesia ini pun sempat mejeng di luar angkasa hingga berbagai drama Korea atau K-drama.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Melihat Kembali Viralnya Kehadiran Kopiko di Stasiun Luar Angkasa Internasional

Pada November 2017, permen Kopiko menjadi viral setelah beredarnya foto yanng menunjukkan astronaut di ISS membawa permen tersebut ke luar angkasa. 

Foto tersebut kemudian menjadi ramai dibicarakan di media sosial.

Dalam foto yang viral itu, kemasan permen kopiko terlihat dalam sebuah foto yang diunggah di akun Twitter @space_station pada hari thanksgiving tanggal 23 November 2017, dimana para astronot ISS terlihat sedang menikmati makan malam mereka.

Foto ini pada saat itu menarik perhatian pengguna media sosial di seluruh negeri, menghasilkan tagar #kopikoinspace.

"Para kru menikmati makan malam Thanksgiving saat mereka mengorbit Bumi pada ketinggian 250 mil. Makan malam dengan kalkun datang setelah seharian penuh melakukan penelitian dan pekerjaan pemeliharaan, memungkinkan mereka untuk berlibur pada hari Jumat, 24 November untuk menikmati pemandangan planet dari laboratorium orbit mereka," demikian tertulis dalam postingan @space_station.

3 dari 3 halaman

Usai Vincenzo, Permen Kopiko Kembali Muncul di Drama Korea Baru

Pada Mei 2021, muncul kabar permen kopi buatan Indonesia, Kopiko kembali muncul di drama Korea.

Sebelumnya, permen Kopiko juga sempat bikin heboh lantaran muncul di drama Korea populer, Vincenzo, yang diperankan oleh Song Joong-ki.

Merek permen kopi lokal yang ikonik itu kembali muncul di drama Korea terbaru bertajuk Mine.

Drama tersebut menampilkan permen Kopiko di episode terbarunya.

Kopiko dihadirkan dalam scene pemeran utama Seo Hee Soo yang diperankan aktris Lee Bo Young yang sedang dirias. Dalam adegan itu, Seo Hee Soo diberikan permen Kopiko oleh salah satu rekannya.

Ia pun mengucapkan terima kasih setelah menerima permen kopi instan itu. Saat menikmati permen Kopiko, ia pun sempat bergumam.

"Aku tidak mengantuk lagi," katanya dalam cuplikan adegan tersebut.

Drama Korea Mine menjadi salah satu dengan rating tertinggi sepanjang penayangan di TvN, berdasarkan data dari Nielsen Korea. Drama yang disutradarai oleh Lee Na Jeong ini rencananya bakal tayang sebanyak 16 episode hingga akhir Juni mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.