Sukses

Permintaan HIPMI ke Mahendra Siregar dan Jajaran Dewan Komisioner OJK 2022-2027

Liputan6.com, Jakarta Komisi XI DPR telah menyelesaikan uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test pada calon Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan  atau DK OJK 2022-20227.

Total sebanyak 14 calon DK OJK telah mengikuti fit and proper test secara tatap muka di Ruang Rapat Komisi XI DPR.

DPR pun langsung menentukan 7 calon Anggota DK OJK 2022-2027. Hal ini berdasarkan rapat internal yang dilakukan Komisi XI secara musyawarah mufakat. Mahendra Siregar terpilih sebagai Bos OJK yang baru.

Ketua Bidang Ekonomi dan Perbankan Badan Pengurus Pusat (BPP) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI), Anggawira memberikan selamat untuk semua calon DK OJK periode 2022-2027 yang terpilih.

"Semoga nama-nama yang terpilih bisa memberikan kinerja yang terbaik dalam bidang keuangan yang berdampak untuk perekonomian Indonesia. Dan mampu memberikan kebijakan-kebijakan yang sesuai dengan kebutuhan situasi perekonomian Indonesia," ungkap Anggawira pada Kamis (7/4/2022).

Terakhir Anggawira mengatakan besar harapannya semua calon DK OJK periode 2022-2027 bisa berkolaborasi dan bersinergi dengan pengusaha Indonesia melalu HIPMI untuk menghasilkan kebijakan yang tepat untuk memberikan solusi dari tantangan kedepan.

 

 

2 dari 3 halaman

Jajaran DK OJK 2022 - 20227

Untuk lebih jelasnya, berikut tujuh nama calon anggota DK OJK periode 2022-2027:

1. Ketua Dewan Komisioner: Mahendra Siregar

2. Wakil Ketua Dewan Komisioner: Mirza Adityswara

3. Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan merangkap Anggota: Dian Edina Rae

4. Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal merangkap Anggota: Inarno Djajadi

5. Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Dana Pensiun, Lembaga Pembiayaan, dan Lembaga Jasa Keuangan Lainnya (IKNB) dan merangkap anggota: Ogi Prastomiyono

6. Ketua Dewan Audit merangkap Anggota: Sophia Isabella Watimena

7. Anggota Dewan Komisioner yang Membidangi Edukasi dan Perlindungan Konsumen: Friderica Widyasari Dewi.

3 dari 3 halaman

Profil Mahendra Siregar, Ketua Dewan Komisioner OJK 2022-2027

Komisi XI DPR menetapkan jajaran ketua dan anggota Dewan Komisioner atau DK OJK periode 2022 -2027. Mahendra Siregar terpilih menjadi Ketua DK OJK.

Anggota Komisi XI DPR Misbakhun menyatakan DPR sudah menetapkan tujuh calon anggota DK OJK periode 2022-2027. ”Sudah ditetapkan,” ujar dia saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (7/6/2022).

Siapa Mahendra Siregar yang akan memimpin OJK dalam 5 tahun ke depan?

Mahendra Siregar saat ini merupakan Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu). Dia lahir di Jakarta, 17 Oktober 1962.

Dia menyelesaikan pendidikan sarjana di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, dan setelah lulus langsung berkarier di Departemen Luar Negeri.

Selama bertugas di Deplu, dia menjabat sebagai Economic Third Secretary Kedutaan Besar Indonesia di London dan duta informasi Kedutaan Besar Indonesia di Washington D.C selama 3 tahun.

Pada 2001, Mahendra menjadi Asisten Khusus Menteri Koordinator Perekonomian Dorodjatun Kuntjoro Jakti.

Dia kemudian melanjutkan pendidikan S2 Ekonomi di Universitas Monash, Australia. Mahendra kemudian dipercaya menjadi Deputi Menko Perekonomian Bidang Kerjasama Ekonomi dan Pembiayaan Internasional dari tahun 2005 sampai 2009.