Sukses

Prediksi Harga Emas Pekan Ini, Tembus USD 2.000 per Ons

Harga emas diprediksi siap untuk naik ke level USD 2.000 per ons pekan ini.

Liputan6.com, Jakarta Harga emas diprediksi siap untuk naik ke level USD 2.000 per ons pekan ini usai melewati kenaikan yang solid pekan lalu. Tetapi ada beberapa elemen teknis yang perlu diperhatikan agar kenaikan itu terjadi.

DIkutip dari Kitco.com, Senin (28/3/2022), harga emas mampu naik lebih dari 1,3 persen pada minggu lalu meskipun ada lonjakan besar dalam hasil Treasury AS, dipicu oleh pasar bertaruh pada Federal Reserve yang lebih agresif. Ini terjadi setelah Ketua Fed Jerome Powell mengisyaratkan kemungkinan kenaikan 50 basis poin pada pertemuan mendatang di bulan Mei dan Juni.

Pada perdagangan Jumat pekan lalu, kurs 10-tahun melonjak, mencapai 2,503 persen level tertinggi sejak Mei 2019, dan emas berjangka Comex April terakhir berada di kisaran USD 1.957 per ons.

“Hasil yang lebih tinggi biasanya negatif untuk emas tanpa bunga, tetapi untuk saat ini, perbedaan yang sedang berlangsung antara dua kelas aset menyoroti sensitivitas pasar yang baru ditemukan terhadap inflasi dan kebutuhan untuk membeli setiap/semua aset nyata (termasuk emas) sebagai lindung nilai, " kata Kepala Strategi Logam MKS PAMP Nicky Shiels.

Ada juga kekhawatiran yang berkembang bahwa kurva imbal hasil akan terbalik. Analis hubungan yang sangat diperhatikan adalah imbal hasil Treasury 2-tahun dan 10-tahun.

"Biasanya, ketika Anda melihat inversi kurva imbal hasil, itu memproyeksikan kemungkinan kuat semacam resesi lebih jauh. Pasar memperkirakan akan melihat pelemahan dalam dua kuartal berikutnya. Kami telah mengalami salah satu Januari terburuk dalam catatan untuk tahun ini. ekuitas. Dan emas telah membuat posisi terendah lebih tinggi dan tertinggi lebih tinggi. Dan itu bisa mendorong kembali hingga USD 2.000," jelas kepala strategi pasar Blue Line Futures Phillip Streible.

Inversi kurva imbal hasil terjadi ketika instrumen utang jangka panjang, memiliki imbal hasil yang lebih rendah daripada instrumen utang jangka pendek. Dan pasar menggunakan ukuran ini untuk terkadang menandakan resesi.

"Kami tahu bahwa kurva imbal hasil mulai mendatar. Suku bunga terus bergerak lebih tinggi. Sejauh ini, tidak ada indikasi bahwa The Fed akan menurunkan suku bunga. Pasar berbicara tentang pergerakan setengah poin di waktu mendatang. dua pertemuan," kata ahli strategi pasar senior RJO Futures Frank Cholly.

Ada banyak perdebatan tentang apakah inversi kurva imbal hasil merupakan pendahulu resesi atau tidak. Namun, topik ini pasti ada di benak semua orang karena pertumbuhan yang lebih lambat tampaknya tak terhindarkan karena pengetatan kebijakan moneter agresif Federal Reserve.

"Sekali-sekali, kita akan melihat kurva mulai mendatar. Saya yakin itu mengarah ke resesi. Tapi saya khawatir The Fed mungkin akan sedikit mengerem pertumbuhan jika kita melihat kelanjutannya. kenaikan suku bunga," kata Cholly kepada Kitco News.

Namun, pasar mungkin menilai terlalu banyak kenaikan suku bunga untuk tahun ini, Streible menunjukkan. "Satu-satunya hal yang dapat dilakukan The Fed adalah bentuk kekecewaan di sini. Itu tidak akan mampu menaikkan suku bunga di lingkungan ekonomi yang melemah," katanya.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kenaikan Suku Bunga The Fed

Streible menambahkan, The Fed memproyeksikan tujuh kenaikan suku bunga pada 2022, tetapi jumlah itu kemungkinan akan turun menjadi lima,

Untuk emas, ini adalah lingkungan yang sangat konstruktif. Menurut Streible, emas akan naik lebih tinggi minggu depan. Emas berkinerja baik terhadap hasil, lantaran jumlah kenaikan suku bunganya terbatas.

“Di atas permintaan safe-haven baru sehubungan dengan perang di Ukraina, ada narasi inflasi yang akan terus mendorong emas lebih tinggi musim semi ini,” kata Streible.

Demikian Cholly memproyeksikan, level kunci emas untuk mencapai dan mempertahankan adalah USD 1.957 per ounce.

“Saya merasa lebih bullish. Emas melambung setelah mencapai USD 1.900. Kita harus bertahan di atas USD 1.950. Setelah berada di atas USD 1.975, saya mulai merasa terdorong lagi bahwa kita akan berada di atas USD 2.000. Kami menghabiskan seminggu berdagang antara USD 1.925 - USD 1.950. Level berikutnya adalah USD 1.950-75 dan kemudian USD 2.000,” pungkas Cholly.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.