Sukses

BERANI BERUBAH: Cuan Pengawet Alami dari Limbah Sekam Padi

Budi Santoso memanfaatkan limbah sekam padi untuk diolah menjadi pengawet alami dan pupuk alami.

Liputan6.com, Jakarta- Budi Santoso hanyalah seorang warga biasa, namun melihat kondisi lingkungan, dia menjadi prihatin dan ingin Berani Berubah. Mulai dari banyaknya limbah hingga pangan yang sering menggunakan pengawet kimia, Budi ingin menemukan solusi untuk kedua masalah tersebut.

Tak lama, muncul ide untuk menggabungkan keduanya menjadi satu solusi yang luar biasa. Yakni dengan menyulap limbah sekam padi menjadi pengawet alami.

“Bahan baku adalah limbah pertanian khususnya adalah sekam padi. Yang kemudian kami bakar menggunakan alat,” tutur dia kepada Tim Berani Berubah.

“Sehingga mengeluarkan smoke liquid yang bisa kami gunakan untuk bahan industri, bahan pangan, dan bahan untuk pertanian,” sambungnya.

Menggunakan sebuah alat khusus yang dibuatnya sendiri, Budi berhasil menciptakan liquid smoke dari limbah sekam padi untuk kemudian digunakan sebagai pengawet alami. Pengawet ini bisa diaplikasikan pada bahan industri, pangan, maupun kebutuhan pertanian.

Meski begitu, semuanya bukan tanpa permasalahan. Saat awal mencoba, Budi menemui banyak kegagalan. Namun, dia pantang menyerah dan terus berusaha. Tak hanya pengawet alami, namun Budi juga mampu memproduksi pupuk alami penstabil pH tanah dari sekam padi yang diolahnya.

“Dari kesalahan-kesalahan yang ada itu kami perbaiki akhirnya bisa menemukan ini. Nah, salah satu kesulitannya adalah membuat alat,” ungkap dia.

“Ini saya harus membuat bagaimana alat itu kami buat sesederhana mungkin, kemudian seminimal mungkin, semurah mungkin, sehingga apa yang kami perbuat itu punya nilai yang maksimal,” lanjut Budi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masa Depan Pengawet Alami

Budi bermimpi bahwa nantinya pengawet alami akan lebih banyak digunakan. Dia ingin agar produk pangan yang ada di Indonesia bisa menjadi lebih aman. 

“Saya bermimpi sebenarnya usaha ini kan untuk ke depan produk-produk yang ada di Indonesia ini aman untuk pangan,” ujar Budi.

“Untuk memulai usaha memang kadang-kadang orang pada bingung tapi salah satu usaha yang menjanjikan adalah memulai. Ada suatu keyakinan, kalau kita sudah yakin kita berani, saya yakin bisa,” dia mengakhiri.

Pastinya cerita ini menjadi kisah inspiratif untuk pantang menyerah di saat kondisi terpuruk. Yuk, ikuti kisah ini maupun yang lainnya dalam Program Berani Berubah, hasil kolaborasi antara SCTV, Indosiar bersama media digital Liputan6.com dan Merdeka.com.

Program ini tayang di Stasiun Televisi SCTV setiap Senin di Program Liputan6 Pagi pukul 04.30 WIB, dan akan tayang di Liputan6.com serta Merdeka.com pada pukul 06.00 WIB di hari yang sama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.