Sukses

Harga Emas Diprediksi Makin Kinclong Pekan Ini, Berapa?

Setelah mencapai rekor tertinggi, harga emas jatuh di bawah USD 1.900 per ounce.

Liputan6.com, Jakarta Harga emas dapat dengan mudah membuat pergerakan lagi di USD 2.000 per ounce minggu ini, karena situasi geopolitik tidak mereda, tetapi aksi harga yang bergejolak akan tetap ada.

Dikutip dari laman Kitco.com, Senin (21/3/2022), setelah mencapai rekor tertinggi pada pekan sebelumnya, emas jatuh di bawah USD 1.900 per ounce dan berhasil stabil di bawah USD 1.930 per ounce pada hari Jumat lalu. Emas berjangka Comex April terakhir di USD 1.927,70, turun 0,80 persen hari ini.

Kepala strategi global TD Securities Bart Melek, memprediksi kedepan pasar masih menghadapi akhir pekan yang tidak pasti di bidang geopolitik, dengan perang di Ukraina tetap menjadi pendorong utama komoditas.

"Kami mengamati apa yang terjadi di Ukraina. Terus terang, tidak ada yang lebih penting bagi pasar. Ini bisa mengubah kalkulus risiko,” kata Melek.

Namun Melek mengatakan, banyak orang di sektor emas tetap tidak yakin bahwa Federal Reserve dapat menaikkan suku bunga enam kali lagi tanpa memperlambat ekonomi secara signifikan.

"Harga emas terus diperdagangkan di atas USD 1.900/oz, meskipun kenaikan suku bunga Fed pertama sejak 2018. Pertemuan Maret adalah hawkish tetapi tidak menggagalkan sentimen positif terhadap emas.Risiko geopolitik saat ini telah menyebabkan kekhawatiran bahwa inflasi dapat melonjak lebih tinggi lebih lama lagi, menyalakan kembali minat jangka panjang pada emas,” kata kata analis logam mulia Standard Chartered Suki Cooper.

Adapun beberapa minggu terakhir ini, minat investor pada emas melonjak, khususnya mendorong besar untuk harga, kata Cooper, memperingatkan lebih banyak volatilitas. Sementara pasar fisik berada di bawah tekanan, pertumbuhan minat investor lebih dari mengimbangi kelemahan ini, menunjukkan bahwa pergerakan harga yang bergejolak akan tetap ada.

Selain ketidakpastian geopolitik, investor masih mencerna sikap hawkish baru The Fed. Pakar logam mulia Gainesville Coins Everett Millman, menambahkan, emas bereaksi negatif terhadap The Fed, tetapi ia melihat logam menghapus sebagian besar kerugiannya setelah pengumuman bank sentral.

“Meskipun The Fed hawkish, pasar masih skeptis bahwa akan ada enam kenaikan suku bunga lagi. Itu perkiraan yang sangat agresif. itu tidak sejalan dengan ekspektasi inflasi Fed sebesar 4,3 persen tahun ini,” ujar Millman.

Setiap kemunduran dalam ekspektasi tersebut akan positif untuk emas ke depan, tambah Millman. "Saya bullish sekarang. Sangat sehat bahwa emas ditarik kembali minggu ini. Pada saat yang sama, kita harus mewaspadai lebih banyak volatilitas," katanya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ekspektasi Inflasi

Ditambah lagi, ekspektasi inflasi masih akan memburuk setelah data CPI AS bulan Februari menunjukkan inflasi pada 7,9 persen tertinggi baru dalam 40 tahun.

"Kami masih belum melihat lonjakan besar-besaran harga pangan diterjemahkan. Masalahnya adalah 60% komponen CPI naik 5 persen year-on-year. Ini bukan lagi inflasi sementara. Ini adalah agregat. Ekspektasi inflasi bisa tidak berlabuh. Sejauh menyangkut emas, janji Fed tidak menjadi cukup membatasi untuk melawan inflasi. Ini adalah lingkungan yang positif untuk emas,” kata Melek.

Kenaikan ke level USD 2.000 per ons tidak dikesampingkan, tetapi pertanyaannya adalah apakah emas dapat bertahan di sana, tambah Melek. Analis juga berhenti berbicara tentang emas turun menjadi USD 1.400.

"Jika The Fed menjadi terlalu membatasi, emas akan melakukan aksi jual. Tapi itu akan lebih kuat dari yang kami duga bulan lalu pada sisi negatifnya,” kata Melek.

Melek menegaskan, level harga emas yang harus diperhatikan minggu ini adalah USD 1.920 sebagai support, diikuti oleh USD 1.875. Resistensi utama pertama muncul di sekitar USD 1.980.

Sementara, Millman melihat USD 1.900 per ounce sebagai support dan USD 2.000 sebagai resistance. "Setelah USD 1.950, saya tidak akan terkejut melihat emas menembus USD 2.000," katanya.

Ini akan menjadi minggu yang ringan, dengan pasar mengawasi penjualan rumah baru hari Rabu dan pesanan barang tahan lama hari Kamis, klaim pengangguran, dan PMI manufaktur.

“Data termasuk pesanan barang tahan lama, yang akan terseret lebih rendah oleh penurunan pesanan pesawat Boeing. Hapus ini, dan laporannya harus solid mengingat bukti yang terlihat dalam survei bisnis, seperti laporan ISM. Ada juga banyak data perumahan, yang seharusnya baik-baik saja," kata kepala ekonom internasional ING James Knightley.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.