Sukses

Perdana, Trigana Air Operasikan Penerbangan Kargo dari Bandara Kertajati

Maskapai Trigana Air bersama Avia Cargo lakukan pengangkutan barang dan pengiriman perdana dari Bandara Kertajati.

Liputan6.com, Jakarta Maskapai Trigana Air bersama Avia Cargo lakukan pengangkutan barang dan pengiriman perdana dari Bandara Kertajati, Majalengka Selasa (8/3/2022). Ini menandai aktivitas pengiriman cargo yang semakin sering dilakukan di bandara Kertajati.

Penerbangan perdana ini turut disaksikan langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Menhub Budi mengapresiasi Trigana Air dan Avia Cargo yang memilih menggunakan Bandara Internasional Kertajati untuk melakukan kegiatan pengiriman dan bongkar muat kargo.

“Ini suatu gebrakan yang baik. Meski masih di tengah pandemi, sekarang setiap hari ada penerbangan di Kertajati. Bahkan pada hari tertentu ada dua kali penerbangan kargo yang terisi penuh,” kata dia mengutip keterangan resmi, Selasa (8/3/2022).

Ia menjelaskan, pemerintah mendukung upaya yang dilakukan stakeholder penerbangan dalam rangka menggerakan kembali industri penerbangan yang sempat terdampak pandemi.

“Adanya kegiatan di Bandara Kertajati diharapkan berdampak pada pertumbuhan perekonomian di Jawa Barat maupun secara nasional semakin baik,” tuturnya.

Menhub Budi mengungkapkan, di Jawa Barat ada daerah Cirebon, Patimban, dan Majalengka yang merupakan segitiga strategis yang memiliki potensi untuk dikembangkan untuk menciptakan titik-titik ekonomi baru.

Pelabuhan Patimban sudah kita bangun, dan ditargetkan ada lebih dari 160 ribu ekspor kendaraan tahun ini. Jadi jangan ragu untuk melakukan kegiatan kargo di sini. Ini akan membuka lapangan pekerjaan yang banyak di sini,” tutur Menhub.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pusat Logistik dan Pemeliharaan Pesawat

Bandara Kertajati tengah disiapkan menjadi pusat kegiatan logistik dan pemeliharaan pesawat, selain menjadi tempat embarkasi dan debarkasi haji dan umroh.

Untuk mendukung Bandara Kertajati menjadi pusat kegiatan logistik, di bandara ini tengah dilakukan beberapa pengembangan e-commerce hub (cargo village) dan optimalisasi penerbangan kargo.

Turut hadir dalam peninjauan, Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Sidarto Danusubroto, Dirjen Perhubungan Udara Novie Riyanto, Dirut Angkasa Pura II M. Awaluddin, Direktur Utama BIJB Kertajati Muhammad Singgih, dan Kadishub Jawa Barat A. Koswara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.