Sukses

Jokowi: Lewat Tol Manado-Bitung Cuma 35 Menit, Enggak Ngebut

Peresmian seksi Danowudu – Bitung ini melengkapi keseluruhan ruas jalan tol Manado - Bitung. Sehingga total panjang jalan tol ini adalah 39,8 kilometer.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan jalan tol Manado – Bitung seksi Danowudu – Bitung sepanjang 13,5 kilometer. Ia menyebut waktu tempuh dari Manado ke Bitung akan terpangkas signifikan hingga cuma 35 menit.

Sebelumnya, dengan jarak yang cukup jauh, Manado – Bitung membutuhkan waktu selama 1,5 sampai 2 jam. Namun, waktu bisa dipangkas dengan telah beroperasinya jalan tol ini.

“Tadi Pak Gubernur sampaikan jalan tol ini memangkas waktu tempuh dari Manado ke Bitung yang sebelumnya 1,5 – 2 jam, tadi saya meniti 35 menit tapi enggak ngebut, kalau ngebut bisa 30 menit sampai,” katanya dalam peresmian jalan tol tersebut, Jumat (25/2/2022).

Peresmian seksi Danowudu – Bitung ini melengkapi keseluruhan ruas jalan tol Manado-Bitung. Sehingga total panjang jalan tol ini adalah 39,8 kilometer.

“Jalan tol Manado-Bitung seksi Danowudu- Bitung sepanjang 13,5 km telah rampung dan telah selesai dengan demikian seluruh jalan tol manado bitung sepanjang 39,8 kilometer tuntas dan siap dimanfaatkan untuk mendukung seluruh aktivitas masyarakat di Sulawesi Utara,” tutur dia.

Jokowi menyebut dengan demikian, kegiatan pengiriman logistik maupun mobilitas masyarakat dengan adanya jalan tol ini akan semakin dipermudah. Bahkan, ia menyebut ini kemudian akan diarahkan menuju Likupang.

“Dan jalan tol ini akan mempermudah pengiriman logistik mobilitas barang orang dari Manado-Bitung dari manado ke pelabuhan internasional bitung, dan juga nantinya kita arahkan untuk menuju ke Likupang apabila Likupang betul-betul sudah selesai semuanya,” kata dia.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Titik Pertumbuhan Ekonomi Baru

Lebih lanjut, Jokowi berharap dengan beroperasinya jalan tol Manado-Bitung ini, akan muncul titik-titik pertumbuhan ekonomi baru di sekitar Sulawesi Utara.

Ia juga memproyeksikan, dengan mudahnya mobilitas masyarakat dan logistik, pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara akan melampaui pertumbuhan ekonomi nasional.

“Kita berharap dari pembangunan ini akan muncul titik-titik pertumbuhan ekonomi baru dan kita harapkan pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Utara melebihi dari nasional karena di 2021 di Sulut itu diatas pertumbuhan ekonomi nasional kita,” tutupnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.