Sukses

Eks Istri Orang Terkaya Dunia Ogah Beri Lagi Sebagian Besar Harta ke Organisasi Amal Miliknya

Melinda French Gates mengatakan tidak akan lagi mengeluarkan sebagian besar kekayaannya di Bill and Melinda Gates Foundation.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan istri pendiri Microsoft Bill Gates, Melinda French Gates mengatakan tidak akan lagi mengeluarkan sebagian besar kekayaannya kepada organisasi filantropi yang ia dirikan.

Diketahui bahwa sebelum resmi berpisah, Bill dan Melinda secara luas dikenal dengan organisasi filantropi yang mereka dirikan, Gates Foundation.

Menurut laporan Wall Street Journal, Melinda masih berencana untuk mendistribusikan sebagian besar kekayaannya di seluruh jaringan filantropi, tetapi sebagian besar di luar Gates Foundation, yang merupakan salah satu yang terbesar di dunia.

"Saya menyadari absurditas dengan begitu banyaknya kekayaan yang terkonsentrasi di tangan satu orang, dan saya percaya satu-satunya hal yang bertanggung jawab untuk dilakukan dengan kekayaan sebesar ini adalah untuk memberikannya - dengan pertimbangan dan dampak yang mungkinkan," tulis Melinda dalam sebuah keterangan tertulis, dikutip dari The Guardian, Kamis (3/2/2022).

"Tujuan akhir dari setiap filantropis adalah membuat kebutuhan akan filantropi menjadi usang," tulis miliarder itu.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Komitmen Melinda French Gates Perjuangkan Hak Kelompok Rentan

Melinda melanjutkan, "Penting untuk diakui bahwa memberikan uang yang tidak akan dibutuhkan keluarga Anda bukanlah tindakan yang sangat mulia. Tidak ada dalam pikiran saya bahwa standar nyata untuk kemurahan hati ditetapkan oleh orang-orang yang memberi bahkan ketika itu berarti tidak memberi".

"Itulah sebabnya, sebagai bagian dari janji ini, saya berkomitmen untuk melakukan lebih dari sekadar menulis cek. Saya juga mencurahkan waktu, energi, dan upaya saya untuk memerangi kemiskinan dan memajukan kesetaraan – untuk perempuan dan anak perempuan serta kelompok rentan lainnya – di Amerika Serikat dan di seluruh dunia," tambahnya.

Pada tahun 2010 silam, Melinda French Gates dan mantan suaminya Bill Gates, meluncurkan inisiatif The Giving Pledge, bersama investor sekaligus miliarder Warren Buffett.

Giving Pledge, mendorong orang-orang terkaya di dunia untuk mendedikasikan sebagian besar kekayaan mereka untuk tujuan amal.

Pada saat itu, keduanya mengungkapkan dalam sebuah surat bersama bahwa mereka telah mengorbankan sebagian besar aset yang dimiliki ke Gates Foundation dalam upaya untuk mengatasi berbagai penyakit dan "meruntuhkan hambatan lain untuk sektor kesehatan dan pendidikan".

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.