Sukses

Bocoran Pakar Karier: 3 Keterampilan Paling Dicari Perusahaan di 2022

Liputan6.com, Jakarta Tantangan terbesar mencari pekerjaan adalah ketika berupaya hingga berhasil melewati persaingan. Untuk bisa lolos dari tahap tersebut, para pencari kerja tentu tidak hanya butuh pengalaman. Akan tetapi, juga harus memiliki keterampilan kerja yang menonjol dibanding kandidat lainnya.

“Tim perekrutan memprioritaskan soft skill yang belum pernah mereka temukan. Mereka menyadari bahwa dunia baru dengan pekerjaan jarak jauh dan hibrida ini membutuhkan orang-orang yang dapat beradaptasi dan bersemangat untuk belajar,” tegas pakar karier LinkedIn Andrew McCaskill, seperti melansir CNBC Make It, Rabu (26/01/2022).

Sementara itu, menurut laporan global “Future of Work” Monster yang telah menerima tanggapan dari 3.000 pemimpin bisnis pada bulan September, sebanyak 58 persen pengusaha menemukan kandidat dengan keterampilan yang tepat.

Keterampilan tersebut pun akhirnya telah menjadi tantangan para pelamar dalam perekrutan terbesar mereka selama pandemi virus corona.

Namun, sekitar 63 persen pengusaha lainnya mengatakan bahwa mereka akan mempekerjakan seseorang dengan beberapa keterampilan.

Itu seperti keterampilan dalam kerja tim, manajemen waktu, atau kepemimpinan. Secara tidak langsung keterampilan tersebut dapat melatih mereka tentang aspek teknis pekerjaan.

Seiring hal itu, kemudian McCaskill dan Vicki Salemi kemudian membocorkan apa saja tiga keterampilan teratas yang dicari pengusaha dalam proses perekrutan karyawan di tahun 2022.

1. Dapat Diandalkan

Karyawan yang dapat diandalkan adalah aset yang luar biasa bagi perusahaan. McCaskill mencatat bahwa keteguhan dan dapat diandalkan adalah hal yang diharapkan oleh banyak perusahaan. Jadi, tampilkanlah keterampilan ini dalam resume Anda ketika melamar pekerjaan.

“Ada banyak cara untuk menonjolkan keterampilan ini pada aplikasi Anda, mulai dari menunjukkan bahwa Anda mampu mandiri dan mencapai tujuan atau target perusahaan hingga mampu memimpin pada proyek penting,” jelasnya.

Anda dapat menunjukkan kepada perekrut bahwa Anda adalah karyawan yang andal. Hal itu perlu diiringi dengan penjelasan contoh tanggung jawab yang pernah Anda lakukan berdasarkan pengalaman.

Misalnya mungkin Anda bisa menjelaskan bahwa mampu memenuhi tenggat waktu hingga menanggapi permintaan secara tepat waktu.

 

 

2 dari 2 halaman

2. Komunikasi

Keterampilan ini penting dan pasti dicari pada perekrut. Terlebih saat ini sistem kerja kebanyakan jarak jauh, perekrut menginginkan karyawannya mampu berkomunikasi dengan baik

Selain menambahkan keterampilan ini ke resume dan profil LinkedIn, Anda harus menunjukkan keterampilan komunikasi secara nyata. Mungkin Anda bisa sebutkan dalam surat lamaran atau membuktikannya selama proses wawancara wawancara.

3. Kemampuan Menyelesaikan Masalah

Pandemi mengharuskan seluruh individu beradaptasi dan tangguh dalam menghadapi perubahan yang konstan. Seiring hal tersebut, keterampilan untuk menyelesaikan sebuah masalah menjadi yang hal diperlukan dalam lingkungan kerja.

Sebab, komunikasi dan kolaborasi dapat terasa terfragmentasi. Karena itulah, para perekrut pasti mencari kandidat yang memiliki kemampuan menyelesaikan masalah dengan baik.

“Pengusaha menginginkan orang-orang yang mampu menyelesaikan konflik,” kata McCaskill. Sebelum wawancara, Salemi menyarankan untuk memikirkan setidaknya satu situasi di mana Anda memimpin dan memecahkan masalah menggunakan kreativitas dan pemikiran kritis.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati