Sukses

Tips Atur Duit Buat Kalian yang Baru Dapat Gaji Pertama

Liputan6.com, Jakarta Menabung dan merencanakan keuangan harus mulai dilakukan apalagi ketika sudah bisa mendapatkan penghasilan atas usaha sendiri.

Berapa pun penghasilan yang diperoleh, jangan lupa menyisihkan uang untuk dana darurat atau bahkan investasi. Itu semua dilakukan demi kebaikan diri sendiri untuk masa depan.

Akan tetapi, merencanakan semua itu terkadang terasa sulit dan membingungkan. Hal itu mungkin dirasakan terlebih bagi seorang karyawan yang baru mendapatkan gaji pertamanya di perusahaan baru.

Saking senangnya mendapatkan penghasilan pertama, tak sedikit orang yang akhirnya membelanjakan uang tersebut untuk menghibur diri sendiri.

Meskipun itu memang hal baik, pola pikir tersebut perlu ditinjau kembali. Apalagi bila sampai tak terkontrol, itu akan memicu sikap boros. Padahal ada banyak hal yang harus dilakukan untuk masa depan dengan uang tersebut.

“Orang dewasa yang masih muda harus memahami perencanaan keuangan dan disiplin sejak dini. Ini untuk memastikan bahwa menabung menjadi praktik rutin seumur hidup dan selalu ada korpus siap pakai yang tersedia untuk beberapa tonggak penting di kemudian hari dalam hidup mereka. Penting untuk memahami tingkat pendapatan dan pola pengeluaran saat ini, dan mencapai keseimbangan,” jelas salah satu CEO CRIF High Mark Navin Chandani seperti melansir Financial Express, Sabtu (15/1/2022).

Lebih lanjut, berikut ini tips dari Chandani terkait cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengelola keuangan khususnya dalam menabung dan berinvestasi bagi karyawan yang baru memiliki gaji pertama.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tipsnya

Buat anggaran – Membuat anggaran pendapatan dan pengeluaran bulanan adalah langkah pertama untuk mengetahui uang yang akan digunakan.

Menaati anggaran yang telah dibuat – Anda mungkin akan menyisihkan 25 persen dari penghasilan untuk menabung. Selain itu, juga telah merencanakan pengeluaran lainnya. Bila sudah membuat aturan tersebut, Anda harus memegang teguh aturan dan fokus menjalankannya.

Bayar tepat waktu – Pastikan semua pembayaran dilakukan tepat waktu.

Mulai berinvestasi – Dari tabungan setiap bulan, Anda mungkin bisa coba sisihkan dana untuk berinvestasi.

Ikut asuransi – Selain berinvestasi dan menabung, jangan lupa pula untuk memikirkan asuransi yang dapat membantu Anda sewaktu-waktu. Itu misalnya asuransi jiwa atau kesehatan.

Kumpulkan dana darurat – Jangan lupa juga untuk mengumpulkan dana darurat yang tak kalah penting. Dana ini digunakan ketika sewaktu-waktu ada kerjadian tak terduga. Jadi, Anda dapat menggunakan dana darurat ini sehingga tidak perlu menggunakan tabungan.

Membangun skor kredit yang baik – Hal ini dilakukan untuk membantu Anda ketika ingin mendapatkan peluang kredit.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.