Sukses

7 Kiat Mumpuni Membangun Bisnis agar Sukses

Ada kiat-kiat yang harus dilakukan supaya bisnis dapat berjalan lancar.

Liputan6.com, Jakarta Untuk memulai sebuah bisnis setiap orang harus bekerja keras. Sebab, bisnis tersebut tidak akan langsung sukses dalam waktu singkat. Perlu fokus menjalaninya agar bisnis bisa berkembang.

Terjadinya pengunduran diri hebat selama pandemi lalu membuat banyak orang akhirnya memutuskan untuk memiliki bisnis pribadi.

Bahkan orang-orang yang masih bekerja di perusahaan pun mulai ada yang memikirkan bagaimana cara membangun sebuah bisnis yang sukses.

Pada akhirnya tak sedikit yang kemudian memutuskan untuk keluar dari pekerjaan dan memilih fokus menjalankan bisnis yang dimiliki.

Namun, Anda perlu sadar bahwa membangun bisnis itu perlu kerja keras. Ada kiat-kiat yang harus dilakukan supaya bisnis dapat berjalan lancar.

Melansir laman Forbes, Kamis (13/1/2022), berikut ini 7 cara teratas yang sebaiknya Anda lakukan dalam membangun bisnis.

1. Siapkan produk penawaran

Sebelum memulai bisnis, ketahui dulu apa produk yang akan Anda tawarkan kepada klien. Akan lebih baik bila produk tersebut dapat memberikan solusi atas sebuah permasalahan yang ada.

Hal itu dilakukan agar pelanggan pun tertarik untuk membeli produk dari bisnis yang Anda jalankan.

2. Buat anggaran bisnis

Selanjutnya, Anda perlu membuat anggaran untuk bisnis. Mengetahui berapa banyak pengeluaran yang diperlukan untuk berbisnis itu sangat penting. Apalagi ketika Anda ingin mengembangkan bisnis.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Lakukan penjualan

Lalu hal yang harus dikerjakan selanjutnya adalah lakukan penjualan. Hasilkan banyak penjualan bersama klien demi kelangsungan bisnis Anda.

Dalam menjalankan bisnis tersebut, fokuslah untuk menciptakan hubungan yang baik dengan klien supaya mereka menyukai produk yang Anda jual.

4. Berinvestasi dalam literasi keuangan bisnis

5. Mengelola keuntungan

Pemasukan dari hasil penjualan perlu Anda kelola dengan baik agar terlihat keuntungannya. Bisa Anda tidak mampu mengelolanya dengan baik, keuntungan tersebut mungkin akan digunakan untuk hal-hal yang tidak diperlukan.

6. Investasikan keuntungan untuk mengembangkan bisnis

Ketika Anda telah mencapai keuntungan, adalah hal yang bijaksana bila menginvestasikan kembali keuntungan tersebut untuk mengembangkan bisnis Anda. Mungkin Anda dapat berinvestasi dalam produk atau layanan yang akan membantu mengembangkan bisnis.

7. Jangan berutang dalam berbisnis

Terlalu banyak utang dalam bisnis itu terlalu berisiko. Nantinya mungkin akan banyak tekanan pada arus kas sehingga tidak menutup kemungkinan bisnis akan gulung tikar.

Pada intinya, ada banyak cara untuk memulai bisnis. Akan tetapi, untuk memiliki bisnis yang layak secara finansial dan sukses, Anda perlu memiliki keterampilan literasi keuangan bisnis yang baik.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.