Sukses

PIDI 4.0 Jadi Bukti Nyata Indonesia Bertansformasi Menuju Industri 4.0

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa pembangunan PIDI 4.0 merupakan solusi satu atap dalam percepatan transformasi industri 4.0 di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah telah menginisiasi pembangunan Pusat Industri Digital Indonesia 4.0 (PIDI 4.0). Pembangunan PIDI 4.0 ini sebagai implementasi salah satu prioritas nasional Making Indonesia 4.0.

Pembangunan PIDI 4.0 merupakan bukti nyata upaya Indonesia dalam bertansformasi menuju Industri 4.0 dengan memperhatikan peningkatan nilai tambah dan kapasitas dalam global value chain.

Pembangunan PIDI 4.0 juga diharapkan turut berperan penting dalam mendukung tema besar Presidensi G20 Indonesia dengan 3 pilar utama yakni arsitektur kesehatan global, transformasi digital, dan transisi energi menuju keberlanjutan.

Dalam kesempatan peluncuran PIDI 4.0 pada 2 Desember 2021, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa pembangunan PIDI 4.0 merupakan solusi satu atap dalam percepatan transformasi industri 4.0 di Indonesia, sekaligus menjadi showcasing Making Indonesia 4.0 untuk dunia terutama dalam hal digitalisasi.

Memanfaatkan momentum dalam rangkaian First Sherpa Meeting G20, Rabu (8/12/2021), Indonesia mengajak para Sherpa dan Sous Sherpa G20 mengunjungi PIDI 4.0.

Disambut oleh Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri Kementerian Perindustrian Arus Gunawan, para delegasi kemudian menandatangani Digital Sign Board G20 serta melakukan tour booth Digital Industry dan Green Industry.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5 Layanan Utama

Sebagai informasi, PIDI 4.0 merupakan sebuah lembaga Pemerintah, khususnya bagian dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri dan diharapkan dapat mendukung industri di Indonesia dalam bertransformasi menuju industri 4.0. Dengan ditampilkannya inovasi-inovasi digital pada kunjungan tersebut, diharapkan juga dapat menarik negara lain untuk berinvestasi ke Indonesia.

PIDI 4.0 menawarkan 5 layanan utama yaitu Showcase Center, Delivery Center, Capability Center, Ecosystem for Industry 4.0, dan Engineering and AI Center. Dalam kesempatan yang tersebut, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita yang hadir secara daring menyampaikan bahwa ke lima layanan ini diharapkan dapat mengakselerasi transformasi industri yang ada di Indonesia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.