Sukses

5 Tips Menyeimbangkan Pekerjaan dan Kehidupan Pribadi saat WFH

Beberapa orang merasakan waktu yang ada tidak terbagi dengan baik. Misalnya untuk makan bersama keluarga, waktu senggang pribadi, atau menyelesaikan pekerjaan.

Liputan6.com, Jakarta Sejak terjadinya lockdown semasa pandemi Covid-19, segalanya mulai berubah. Termasuk aktivitas bekerja, belajar, dan belanja. Seluruhnya dilakukan dari rumah.

Pada awalnya, mungkin perubahan tersebut terasa menarik. Namun, itu hanya di permulaan. Pada bulan-bulan berikutnya, bekerja dari rumah atau work from home (WFH) berhasil membuat kehidupan mulai terganggu. Sebab, pada saat itu seseorang harus mampu mengatur pekerjaan, keluarga, dan kehidupan pribadi dengan baik secara bersamaan.

Hal itu pun kemudian berlanjut hingga tahun 2021. Bekerja dari rumah menjadi tantangan nyata. Sebab, ketika harus fokus terhadap pekerjaan, pasti ada saja sesuatu yang akhirnya membuat gagal fokus. Terutama notifikasi yang muncul dari berbagai platform media sosial. Itu sangat merusak produktivitas.

Di samping itu, bahkan ada pula yang merasakan kehidupan pribadinya mulai kacau. Beberapa orang merasakan waktu yang ada tidak terbagi dengan baik. Misalnya untuk makan bersama keluarga, waktu senggang pribadi, atau menyelesaikan pekerjaan.

Ketika menghadapi hal tersebut, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan kembali menyeimbangkan antara kehidupan pribadi dan pekerjaan. Namun di sisi lain, tetap harus menjaga kesehatan mental untuk diri sendiri.

Melansir laman Times of India, Selasa (7/12/2021), berikut ini tips bagaimana cara menyeimbangkan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.

1. Luangkan waktu untuk beristirahat

Istirahat sebentar saja setidaknya bisa membuat produktivitas menjadi lebih baik lagi. Sebab, jam kerja yang panjang dapat mengakibatkan kelelahan. Itulah salah satu yang menjadi penyebab produktivitas menurun.

Oleh karena itu, Anda juga tetap harus menyempatkan waktu untuk beristirahat di sela kesibukan. Selain beristirahat, meluangkan waktu sejenak di tengah padatnya pekerjaan juta ternyata bermanfaat untuk kesehatan. Nantinya Anda bisa kembali fokus pada pekerjaan.

2. Manfaatkan teknologi

Untuk menyeimbangkan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi, Anda bisa memanfaatkan teknologi. Dengan teknologi, segalanya akan terasa lebih mudah.

Adanya teknologi seharusnya tidak disalahgunakan. Justru dari kemudahannya itu, Anda bisa lebih memanfaatkannya lagi. Mungkin untuk belanja secara online, bayar tagihan, dan masih banyak lagi.

3. Tetapkan Prioritas

Demi menjaga keseimbangan antara kehidupan pribadi dan bekerja, Anda juga harus menetapkan prioritas. Mengingat ada banyak tugas yang harus dilakukan seseorang sepanjang hari, menetapkan mana yang lebih dulu harus dikerjakan itu sangat penting.

Salah satu cara efektif untuk melakukannya adalah dengan membuat daftar tugas. Kemudian Anda prioritaskan sesuai dengan kepentingannya. Selain memanajemen waktu dan kegiatan, teknik ini pun bisa menjaga Anda dari rasa stres sehingga tetap terkendali dengan baik.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Batasi kegiatan yang tidak perlu

Ketika bekerja dari rumah, Anda mungkin akan banyak tergoda oleh notifikasi handphone. Entah itu dari akun online shop, Tik Tok, atau Instagram. Semua itu mungkin akan membuat Anda gagal fokus bekerja.

Untuk mengatasinya, Anda mungkin bisa menonaktifkan terlebih dahulu seluruh notifikasi yang aktif. Hal ini dilakukan supaya Anda bisa fokus dan perhatian tidak teralihkan.

5. Buat daftar tugas untuk akhir pekan

Pada hari kerja Anda mungkin memiliki beberapa urusan terkait masalah rumah, keluarga, atau pekerjaan lain. Untuk menyelesaikannya, tentu Anda tidak memiliki waktu karena terlalu sibuk. Namun, Anda bisa memanfaatkan waktu hari libur, Sabtu atau Minggu, untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Supaya tidak lupa apa saja yang harus dilakukan, Anda bisa membuat daftar tugas untuk akhir pekan. Kemudian jika sudah masuk akhir pekan, Anda bisa melihat daftar tugas tersebut dan merealisasikannya.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini