Sukses

Jembatan Putus Kena Erupsi Semeru, Ini Upaya Pertamina Jamin BBM dan LPG Aman

Liputan6.com, Jakarta Pasokan Bahan Bakar Minyak (BBM) dan LPG dari Pertamina dipastikan aman pasca erupsi Gunung Semeru pada Sabtu kemarin, 4 Desember 2021.

Khusus untuk wilayah kabupaten Lumajang atau yang terdampak terdapat sekitar 17 SPBU dan 12 Agen LPG PSO masih tetap beroperasi. Pada pasokan LPG, akan dilakukan pengalihan pasokan.

"Kami pastikan ketahanan BBM dan LPG penyalurannya lancar, khususnya di kabupaten Lumajang ada 17 SPBU masih beroperasi," kata VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fajriyah Usman, dalam konferensi pers, Minggu (5/12/2021).

Sementara di wilayah terdampak ada satu SPBU penyalur di kecamatan Pronojiwo. Ia menyebutkan penyaluran yang masuk wilayah Jawa Timur-Bali-Nusa Tenggara (Jatimbalinus) ini memiliki satu SPBU di wilayah terdampak berjarak 14 km dari puncak gunung Semeru.

"Terkait pasokan ke SPBU ini kami lakukan alih supply karena terdapat putus jembatan (akses jalan) melalui integrated terminal surabaya, tapi sebelumnya fuel malang," jelas dia.

Sementara itu, untuk Pertashop di wilayah Lumajang masih tetap beroperasi dengan mengikuti arah dari BPBD dan lembaga terkait mengenai keamanannya.

 

2 dari 2 halaman

Bantuan Sembako

Selain memastikan BBM dan LPG aman, Fajriah menyebutkan Pertamina juga telah menyalurkan sejumlah bantuan bagi korban terdampak.

Diantaranya ada bantuan sembako, makanan siap saji, hingga Alat Kesehatan.

"Masker, perlengkapan selimut dan sarung juga disalurkan. Melalui Pertamina Peduli bantuan ini terus disalurkan serta kami juga melakukan maping tim Pertamina," tukasnya.