Sukses

Cara Cek Lolos atau Tidak Seleksi Kartu Prakerja Gelombang 22

Status penerimaan bisa dilihat dengan mudah melalui dashboard, SMS, atau e-mail masing-masing.

Liputan6.com, Jakarta Informasi yang dinantikan terkait status penerimaan para peserta Kartu Prakerja gelombang 22 akhirnya diumumkan pada Senin kemarin, 1 November 2021. Status penerimaan bisa dilihat dengan mudah melalui dashboard, SMS, atau e-mail masing-masing.

Head of Communication Manajemen Kartu Prakerja Louisa Tuhatu memaparkan kuota yang disediakan untuk gelombang ke-22 adalah 46 ribu formasi. Kuota tersebut berasal dari pencabutan status kepesertaan di gelombang 18 sampai 21.  

Melansir dari laman prakerja.go.id, Selasa (2/11/2021), bantuan pelatihan senilai Rp 1 juta diberikan kepada peserta yang berhasil lolos seleksi Kartu Prakerja. Adapun bantuan tersebut tidak berbentuk uang tunai, tetapi 16 angka Nomor Kartu Prakerja yang digunakan untuk membayar pelatihan.

Nantinya, peserta bisa memilih jenis pelatihan yang diinginkan melalui tujuh platform digital, yaitu Bukalapak, MauBelajarApa, Pijarmahir, Pintaria, Karier.mu by Sekolah.mu, Tokopedia, dan Kemnaker (SISNAKER).  

Berdasarkan Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 11 Tahun 2020, pelatihan pertama harus dibeli dalam waktu 30 hari sejak dinyatakan lolos seleksi. Jika batas waktu yang ditentukan terlewat, program Kartu Prakerja dan status kepesertaan akan dicabut.

Jadi, penting untuk segera memeriksa status penerimaan dan membeli pelatihan Kartu Prakerja.

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Periksa Status Penerimaan di Prakerja.go.id

Untuk memeriksa status penerimaan Kartu Prakerja gelombang ke-22, kunjungi laman prakerja.go.id dan login ke akun masing-masing. Setelah itu, periksa dashboard.

Peserta yang lolos akan mendapatkan notifikasi untuk menonton tiga video terkait pengenalan Kartu Prakerja, seperti mengenali tantangan di dunia kerja dan penjelasan manfaat Kartu Prakerja.

Lebih lanjut, jangan menutup video jika belum selesai menonton atau mempercepat laju video. Tujuannya agar peserta bisa melihat Nomor Kartu Prakerja.

Bagi peserta yang mengalami kendala saat menonton video bisa mengunjungi tautan prakerja.go.id/pengaduan untuk melaporkan kendalanya.

Sementara itu, peserta yang dinyatakan tidak lolos akan menerima notifikasi “Kamu Belum Berhasil” pada dashboard akun. Peserta juga bisa melihat alasan ketidaklolosan melalui Riwayat Gelombang pada dashboard.

Reporter: Shania

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.