Sukses

Ketemu Bos IMF dan Bank Dunia di AS, Luhut Bicara Apa Saja?

Strategi Indonesia mencapai target pengurangan emisinya dan dukungan internasional juga menjadi topik utama yang dilakukan Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Pandjaitan mengunjungi Washington DC, Amerika Serikat (AS). Di negara ini, dia bertemu dengan sejumlah pejabat dengan pembahasan mulai dari  isu lingkungan hingga investasi.

Pejabat yang ditemui Luhut Binsar Pandjaitan seperti John Kerry, Presiden World Bank, David Malpass, Penasehat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan, dan Managing Director International Monetary Fund (IMF), Kristalina Georgieva.

Luhut juga bertemu dengan sejumlah pengusa AS, antara lain Apple, Tesla, Starlink, dan Chevron.

Hasil diskusi dan kerja sama yang terjalin, salah satunya bertujuan untuk mempercepat transisi energi menggunakan energi baru dan terbarukan.

Luhur menyatakan bahwa target kondisional (penggunaan energi terbarukan) tercatat 41 persen menjadi 50 persen karena diberikan dukungan juga dari AS.

Strategi Indonesia mencapai target pengurangan emisinya dan dukungan internasional juga menjadi topik utama yang dilakukan Indonesia bersama Presiden World Bank David Malpass. Pembahasan lainnya juga terkait vaksin, transisi energi, dan konservasi.

Sementara itu, Penasehat Keamanan Nasional (NSA) Jack Sullivan menyatakan hasil diskusi dengan berupaya meningkatkan kerjasama dalam mengatasi krisis iklim, kesehatan global, investasi AS pada sektor strategis Indonesia, dan aspek komunikasi serta politik di Asia.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Apresiasi AS Terhadap Indonesia

“Saya sangat mengapresiasi penanganan COVID-19 oleh Indonesia dan berbagai langkah strategis yang diambil demi memulihkan ekonomi yang ada,” jelas Managing Director IMF Kristalina Georgieva.

Kristalina menghimbau agar penguatan Usaha Kecil Menengah Mikro (UMKM) yang dijadikan sebagai tulang punggung pemulihan ekonomi dapat terus didorong oleh pemerintah Indonesia dan pihak-pihak yang terkait

Beberapa perusahaan AS yang menemui Luhut turut menyampaikan apresiasi mereka terhadap berbagai reformasi yang diambil oleh Pemerintah Indonesia untuk meningkatkan iklim berinvestasi dan berusaha di Indonesia. 

Salah satunya perusahaan teknologi multinasional Apple yang juga menyampaikan komitmen rencana pembukaan Apple Developer Academy di berbagai daerah di Indonesia, perluasan dari yang saat ini sudah ada di Batam dan BSD. 

Sementara itu, dengan pihak Tesla dan Starlink dibahas mengenai kelanjutan rencana investasi di Indonesia.

Reporter: Caroline Saskia

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.