Sukses

Debut, Kingdom of the Planet of the Apes Berhasil Melejit di Box Office

Kingdom of the Planet of the Apes dikabarkan sukses dalam penayangan perdananya di bioskop secara global.

Liputan6.com, Jakarta Tahun ini telah menjadi tahun yang tidak konsisten di bioskop, di mana film-film besar seperti Dune: Part Two dan Godzilla x Kong: The New Empire telah sukses mengimbangi film-film yang kurang berhasil seperti The Fall Guy dan Abigail.

Namun semuanya berjalan sesuai rencana pada akhir pekan ini, saat 20th Century Studios merilis Kingdom of the Planet of the Apes secara global.

Film keempat dari seri reboot franchise yang disutradarai oleh Wes Ball ini berlatar belakang beberapa ratus tahun setelah kejadian dalam film trilogi yang berakhir pada tahun 2017 tersebut.

Mendapatkan penghasilan US$56 juta dalam pasar domestik (Amerika Serikat) dan US$72 juta lainnya dari pasar luar negeri, jadinya untuk pendapatan kumulatif global Kingdom of the Planet of the Apes mencapai US$129 juta setelah penayangan seminggu perilisannya.

Ini merupakan pencapaian yang mengesankan untuk sebuah film yang dilaporkan menghabiskan biaya produksi sekitar US$160 juta, di mana film ini juga tidak menampilkan bintang-bintang besar, baik dalam peran para kera maupun peran manusianya.

Kingdom of the Planet of the Apes dibintangi oleh Owen Teague, Freya Allan, Anya Taylor-joy, Kevin Durand, Peter Macon, dan William H. Macy.

Di sisi lain, industri film telah mengalami transformasi besar selama pandemi, yang berarti bahwa kesuksesan box office suatu film tidaklah pasti. Franchise Planet of the Apes juga telah mengalami masa sulit, namun meskipun demikian, film reboot ini sepertinya berhasil menarik perhatian para penonton.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perbandingan penghasilan franchise Planet of the Apes

Dalam pasar domestiknya (Amerika Serikat) Kingdom of the Planet of the Apes memberikan hasil pembukaan di kisaran yang sama dengan film Rise of the Planet of the Apes pada 2011 lalu, yang disutradarai Rupert Wyatt dan War of the Planet of the Apes pada tahun 2017 yang disutradarai Matt Reeves.

Kedua film ini mengakhiri penayangan teaternya dengan pendapatan yang sama di mana Rise menghasilkan US$481 juta, sementara War menghasilkan US$490 juta di seluruh dunia.

Film dengan pendapatan tertinggi dari seri ini masih dipegang oleh Dawn of the Planet of the Apes karya Matt Reeves, yang menghasilkan lebih dari US$200 juta dalam pasar domestiknya dan lebih dari US$700 juta di seluruh dunia pada tahun 2014.

3 dari 3 halaman

Pada tayangan perdananya para kritikus memberikan ulasan positif untuk film Kingdom of the Planet of the Apes

Film ini memiliki skor "segar" 80% di situs web Rotten Tomatoes, hanya sedikit di belakang skor 82% milik Rise.

Dua film Reeves sangat disukai, dengan Dawn yang memiliki nilai 91% di RT, dan War yang mempertahankan skor 94%.

Yang juga layak disebut adalah film reboot Tim Burton tahun 2000, yang sebenarnya menghasilkan debut domestik yang lebih besar daripada Kingdom of the Planet of the Apes, tapi gagal memulai kembali franchise tersebut dengan pendapatan global sebesar US$362 juta total dan skor RT 43%.

Berdasarkan novel Pierre Boulle tahun 1963, franchise Planet of the Apes dimulai dengan film Franklin J. Schaffner pada tahun 1968 yang dibintangi oleh Charlton Heston dan film ini meraup keuntungan sebesar US$33 juta di seluruh dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.