Sukses

Sudah Ikut Pelatihan Tapi Insentif Kartu Prakerja Tak Cair? Coba Langkah Ini Ya

Simak langkah-langkah berikut ini tentang cara memberikan rating dan ulasan di akun dashboard Kartu Prakerja.

Liputan6.com, Jakarta Program Kartu Prakerja sudah sampai pada gelombang 21. Pendaftar yang berhasil lolos bisa mendapat insentif pasca pelatihan jika sudah mengikuti pelatihan pertama. Jika tak kunjung cair, itu artinya ada hal yang belum dilakukan oleh penerima Prakerja.

Mungkin beberapa penerima mengeluhkan insentif pasca pelatihan Kartu Prakerja tak segera cair ke e-wallet atau akun rekening bank. Hal itu bisa saja terjadi disebabkan penerima Prakerja tidak memberikan rating dan ulasan di dashboard.

Seperti penjelasan dari website resmi Kartu Prakerja 2021, Kamis (14/10/2021), “Untuk mendapatkan insentif, kamu harus segera menyelesaikan pelatihan pertama dan memberikan rating dan review pelatihan paling lambat di bulan Desember.”

Karena itu, untuk bisa menerima insentif, Manajemen Pelaksana harus menerima laporan penyelesaian pelatihan pertama dari Platform Digital paling lambat tanggal 15 Desember.

Jadi, “Pastikan kamu menyelesaikan pelatihan pertama dan berikan rating dan review secepatnya agar insentif kamu tidak hangus, ya!” demikian penjelasan dari website prakerja.go.id.

Sementara itu, insentif pasca pelatihan yang akan diterima terdiri dari dua jenis, yaitu:

- Insentif biaya mencari kerja dengan total Rp 2.400.000. Dana ini diberikan selama empat kali setiap bulannya sebesar Rp600.000.

- Insentif pengisian survei evaluasi sebesar Rp50.000 yang akan diberikan selama tiga kali survei. Jadi, total yang diterima adalah Rp150.000.

Lantas bagaimana cara memberikan rating dan ulasan di dashboard Kartu Prakerja?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara Beri Rating dan Ulasan

Simak langkah-langkah berikut ini tentang cara memberikan rating dan ulasan di akun dashboard Kartu Prakerja supaya segera mendapat insentif pasca pelatihan, seperti dikutip dari akun Instagram prakerja.go.id.

1. Login ke dashboard Kartu Prakerja

2. Pilih pelatihan yang akan diberi rating dan ulasan

3. Kemudian beri rating pelatihan dengan memilih jumlah bintang yang ingin diberikan. Jumlah bintang tersebut sesuai dengan kualitas pelatihan. Arti dari jumlah bintang tersebut antara lain:

- Bintang 1 : sangat buruk

- Bintang 2 : cukup baik

- Bintang 3 : baik

- Bintang 4 : sangat baik

4. Setelah itu, beri ulasan pelatihan. Pada saat ini berikan komentar tentang pelatihan yang sudah diikuti.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.